Tempat Wisata Di Cianjur Yang Wajib Kalian Ketahui

Cianjur adalah sebuah kabupaten yang sering hanya dilewati para pengendara dari arah Sukabumi-Bandung. Banyak orang belum mengetahui potensi pariwisata di Cianjur. Padahal, pesona keindahan yang ada di Cianjur tidak kalah dengan tempat rekreasi lainnya. Berikut ini beberapa tempat wisata di Cianjur yang wajib kalian ketahui. Ini bisa dijadikan referensi tempat liburan kalian. Jadi, beberapa tempat ini bisa kalian jadikan alasan untuk tidak sekedar “numpang lewat” saja.

 

1. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango

gunungbackpacker.blogspot.com

Gunung Gede Pangrango merupakan gunung dengan puncak kembar. Yaitu puncak Gede dengan ketinggian 2.958 mdpl, dan puncak pangrango dengan ketinggian 3.019 mdpl. Salah satu lokasi yang bisa dijadikan titik pendakian adalah dari Cibodas, Cianjur. Jalur pendakian gunung Gede Pangrango sangat bersahabat untuk pemula. Pendakian gunung Gede lebih mudah karena jalurnya seperti meniti banyak anak tangga saja.

Untuk melakukan pendakian melalui jalur Cibodas, cukup membayar tiket seharga Rp 22.500. kalian bisa juga berkunjung ke curug Cibeureum yang lokasinya masih berada di Taman Nasional Gunung Gede. Tempat ini bisa dijadikan referensi untuk pendaki pemula. Jalurnya yang bersahabat membuat banyak orang tertarik mencoba menaklukkan puncak Gede.

Baca juga : Tempat Terindah Di Gunung Pangrango

2. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

ahsanfile.com

Taman Bunga Nusantara beralamat di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cipanas, Kabupaten Cianjur. Taman ini memiliki luas 35 hektar, terdiri dari 5 hektar villa saung nini beserta gedung serba guna saung aki, 7 hektar permainan alam imaji, dan 23 hektar taman.

 

Di taman ini terdapat taman air, rumah kaca, display karpet bunga, air mancur musikal, taman pancis, taman mediterania, taman labirin, danau,  taman mawar, jam taman raksassa, taman jepang, serta area bermain yang tidak kalah menarik.

Tiket masuk ke taman ini Rp 25.000/orang. Taman Bunga Nusantara bukan pada jam 08.00-17.00 pada hari Senin sampai Jumát. Untuk Sabtu, Minggu, dan libur nasional buka jam 08.00-17.30.

 

Baca juga: Wahana Unik di Taman Bunga Nusantara.

 

3. The Jhon’s Aquatic Resort

D'Jhons Aquatic Resort

thejhons-cianjur.blogspot.com

The Jhon’s Aquatic Resort berada di Kp Tangkil Desa Babakan Karet, Cianjur. Dari arah puncak, lurus terus sampai daerah tapal kuda, lanjut sampai GOR Cianjur  yang berada di kanan jalan. Di seberang GOR itu ada Rumah Makan Mang Nana, di sebelahnya ada jalan. Ikuti jalan itu sampai ke lokasi.

Pemandangan yang alami akan memanjakan kalian yang mengunjungi tempat ini. Lokasinya yang berada di perkampungan, serta jauh dari jalan raya cocok untuk menenangkan fikiran bersama anggota keluarga.

The Jhons menyediakan resort, berbagai macam permainan, water boom, kebun binatang mini, restoran, serta wisata out bond. Harga tiket masuk untuk menikmati fasilitas kolam renangnya hanya 20.00 untuk week end dan 15.00 untuk week day. Sementara resortnya sendiri bervariasi dengan harga mulai Rp 500.000.

 

4. Situs Megalitikum Gunung Padang

Situs Megalitikum Gunung Padang

adhipewe.com

Tempat wisata di Cianjur selanjutnya adalah Situs Megalitikum Gunung Padang. Situs punden berundak ini menurut perkiraan jauh lebih tua dari piramida mesir. Luas area tempat ini sekitar 3 hektar. Lokasinya berada di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karya Mukti kecamatan Campaka, Cianjur.

Situs Megalitikum ini terdiri dari lima teras yang ukurannya berbeda. Disana terdapat batu-batu dengan ukuran besar yang belum disusun dan dibiarkan tergeletak. Jumlah batunya sangat banyak dan hampir menutupi puncak gunungnya sendiri.

 

Situs ini dapat diakses sari jalan warung kondang (dari Jakarta,Bandung,dll), cibeber Tamak Baya (alternatif), atau dari Warung Bitung (Cianjur Selatan). Bahkan, kita bisa menempuhnya dengan kereta dari Bogor. Rutenya adalah dari Stasiun Paledang menuju Sukabumi, kemudian transit dan pindah kereta tujuan Cianjur, dan turun di Stasiun Lampegan. Setelah itu naik ojeg dengan tarif Rp 80.000 pp.

Untuk memasuki situs ini, kalian cukup membayar tiket seharga 4.000 rupiah. Dari puncak Gunung Padang kalian bisa menikmati keindahan alam yang serba hijau. Bahkan, kalian dapat melihat Gunung Gede dari puncak Gunung Padang.

 

5. Waduk Jangari, Tempat Wisata Di Cianjur Yang Terlupakan

Waduk Jangari

auraartphotowork.blogspot.com

Tempat wisata di Cianjur selanjutnya adalah waduk Jangari. Waduk Jangari berada di Desa Bobojong, Kecamatan Mande, dengan luas sekitar 15 hektar. Air Waduk Jangari satu jalur dengan waduk Cirata, dan merupakan waduk buatan yang airnya berasal dari waduk Cirata. Waduk ini juga terkenal sebagai pusat pembudidayaan ikan nila dan ikan mas di daerah Cianjur.

Untuk menuju waduk Jangari dari arah Bandung, belok kanan setelah Kedai Surabi Sukaluyu (pertigaan Pertani). Dari arah Terminal Pasir Hayam, lanjut ke arah Bandung, belok kiri di tugu pramuka (ke jl Pramuka), lanjut ke arah Jangari.

Waduk Jangari

ninotannio.wordpress.com

Biasanya para pengunjung menyempatkan diri mengelilingi waduk menggunakan perahu. Tarifnya Rp 30.000/orang untuk satu kali memutari waduk. Tarif ini bisa lebih murah jika kalian menaiki perahu bersama-sama. Saat menaiki perahu, kalian akan diajak mengitari waduk yang dipenuhi dengan jaring apung, tempat para pembudidaya memelihara ikan mereka.

Disekitar waduk, banyak warung makan yang menyediakan hasil perikanan. Ikan bakar dan Ikan goreng merupakan menu utama disini. Harganya relatif murah karena pemilik warung biasanya merupakan pembudidaya Ikan.

 

6. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti

indonesiaexplorer.net

Pantai Jayanti terletak di Desa Cidamar, kecamatan Cidaun, Cianjur. Pantai Jayanti mungkin kalah pamor dibandingkan pantai-pantai Jawa Barat lainnya. namun dari segi keindahan, pantai ini bisa dijadikan referensi. Karena pada umumnya pemandangan di semua pantai sama.

Pantai Jayanti

travellover16.wordpress.com

Rute ke pantai Jayanti bisa diakses melalui tiga rute. Pertama,dari arah Jakarta melalui Cianjur-Cibeber-Sukanagara-Tanggeung-Sindang Barang-Cidaun_Pantai Jayanti. Kedua, dari Gartut dan sekitarnya dapat diakses melalui Garut-Pameungpeuk-_santolo-Ranca Buaya-Cidaun-pantai Jayanti. Dari Bandung melalui Ciwidey-Rancabali-Naringgul-Cidaun-Jayanti.

Pantai Jayanti memang kurang terkenal. Namun, itu justru menjadi poin plus bagi kalian yang ingin berlibur di waktu luang. Karena, pengunjungnya pasti lebih sedikit dibanding pantai lain. Jadi, anda bisa lebih leluasa berlibur bersama keluarga. Karena wisatawannya masih jarang, harga sewa perahu dan penginapan juga jauh lebih murah. Anda bisa menyewa penginapan dengan harga mulai Rp 200.000 per malam.

 

7. Curug Cibeureum

curug cibeureum

wisatacibodas.com

Curug dalam bahasa Indonesia berarti air terjun. Curug Cibeureum merupakan air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Lokasinya bisa di akses jika anda akan mendaki Gunung Gede Pangrango melalui jalur Cibodas.

Curug Cibeureum merupakan tempat wisata favorit di daerah Cianjur. Air terjunnya yang tidak terlalu tinggi dengan curahan air yang tidak terlalu deras menjadi daya tarik tersendiri. Selain pemandangan yang indah, dan juga satwa liar yang dapat ditemui disekitar Curug Cibeureum.

tempat wisata di cianjur

tamanberlibur.blogspot.com

Jaraknya hanya sekitar 2,7 km dari pos pengamanan pendakian Gunung Gede. Ada jembatan buatan yang bisa dijadikan objek foto di perjalanan menuju Curug. Tiket masuk resmi ke tempat ini seharga Rp 18.500. harga itu akan terbayar dengan keindahan alam yang akan memanjakan mata anda.

***

Sekian dulu postingan tentang tempat wisata di Cianjur yang wajib kalian ketahui ini. Semoga dapat dijadikan referensi dalam mengisi liburan atau waktu luang. Sempatkan diri kalian untuk mampir ke tempat wisata yang ada di Cianjur, ya.

Leave a Reply