});

Cara Membuat Kaligrafi Arab Untuk Pemula

Cara Membuat Kaligrafi Arab – Kaligrafi adalah ilmu yang mempelajari bermacam bentuk huruf tunggal, pisah dan tata letaknya serta metode cara merangkainya menjadi susunan kata atau cara penulisannya di atas kertas atau sebagainya.

Kaligrafi Arab adalah sebuah seni yang unik dan indah. Skill membuat kaligrafi tidak bisa dimiliki dengan mudah. Orang yang mempunyai tulisan bagus belum tentu bisa membuat kaligrafi. Kaligrafi bukan hanya tentang keindahan tulisan, tapi juga bagaimana seorang seniman bisa membentuk kata seunik mungkin. Tujuannya agar memiliki bentuk yang lebih unik dan memiliki kesan lux.

cara membuat kaligrafi arab
clipartfest.com

Ada beberapa tahapan agar kalian bisa membuat kaligrafi Arab. Salah satu caranya adalah ketekunan. jangan pernah berfikir ada cara cepat membuat kaligrafi. Semuanya butuh proses menuju kesempurnaan. Jadi, jalani prosesnya dan dapatkan hasilnya.

Berikut ini beberapa tips cara membuat kaligrafi Arab yang bisa jadi referensi. Jangan mudah putus asa dalam mengejar asa. Praktekkan dan paksakan. Jika kalian memang ingin mempunyai skill membuat kaligrafi Arab yang bagus.

 

Tahap Awal Latihan Cara Membuat Kaligrafi Arab

Tahap ini bertujuan untuk melatih tangan agar terbiasa dengan huruf-huruf Arab. Hal ini bertujuan agar hasil karyanya menjadi rapi dan indah dilihat. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Biasakan Menulis Huruf Arab

arabiccalligraphysupplies.com

Jangan jadi montir kalau tidak mau mandi oli. Jangan jadi petani kalau tidak mau turun ke sawah. Istilah yang sering digunakan untuk sebuah profesi dan risikonya. Hal ini juga berlaku jika kalian ingin mempelajari kaligrafi Arab. Kalian harus membiasakan menulis huruf Arab. Hal ini mungkin sulit bagi kalian yang tidak punya basic Bahasa Arab.

Bisa karena terbiasa atau bisa karena dipaksa. Intinya kalian harus melakukannya sampai benar-benar bisa menulis huruf Arab dengan baik. Untuk lebih memudahkan proses ini, kalian bisa membiasakan menulis hadits atau potongan ayat Al-Qur’an.

2. Temukan Media Tulis yang Nyaman Dipakai

egyptianstreets.com

Media tulis yang saya maksud seperti pena dan kertas. Pemilihan dua unsur ini berpengaruh pada hasil tulisan. Media yang bagus bagi seseorang mungkin tidak cocok digunakan orang lain. Usahakan mencoba beberapa jenis pena dan kertas. Setelah itu bandingkan hasil tulisan dan rasakan kenyamanan saat menggenggam pena dan menggerakkan nya diatas kertas.

3. Pelajari Cara Penulisan Huruf

apk-dl.com

Penulisan huruf Arab dimulai dari kanan ke kiri. Selain itu, ada beberapa cara lain yang harus dipelajari seperti urutan cara penulisan dan cara menggerakkan pena. Usahakan untuk mencontoh video tutorial di youtube agar proses latihannya efektif.

Baca juga: kata kata sunda motivasi

4. Biasakan Menggerakkan Seluruh Tangan

cara membuat kaligrafi arab
123rf.com

Kesalahan fatal ketika membuat sebuah kaligrafi adalah jika hanya menggerakkan jari saat menulis. Hal ini akan membatasi ruang gerak tangan dan membuat hasil kaligrafi tidak halus. Usahakan supaya tangan menempel pada media tulis. Biarkan sebagian telapak tangan menempel dan mulai gerakkan tangan sesuai irama huruf yang dibuat.

 

Tahap Pematangan Tulisan Cara Membuat Kaligrafi Arab

vimeo.com

Pada tahap ini, kalian akan melatih kemampuan memperindah tulisan kalian. Ada beberapa hal yang perlu dilatih. Salah satunya adalah membuat sketsa sebelum membuat kaligrafi. Lebih lengkapnya silahkan baca subjudul dibawah.

1. Membiasakan Menulis Dengan Ukuran Huruf Baku

cara membuat kaligrafi arab
anime-master-96.deviantart.com

Seni memang dapat di kreasikan sesuai keinginan seseorang. Namun pada tahap awal diperlukan latihan dengan aturan baku. Tujuannya adalah supaya kita bisa memahami sebuah ilmu secara utuh. Bukan hanya mengembangkan seni tanpa tahu dasar ilmunya.

Pada tahap ini, silahkan pelajari cara menulis huruf Arab dengan ukuran baku. Biasanya ukurannya menggunakan patokan titik. Latihlah hingga kalian terbiasa dan tidak memerlukan titik-titik bantuan untuk menghasilkan ukuran huruf yang seimbang.

2. Gunakan Garis Bantu

youtube.com

Media penulisan kaligrafi pada tahap belajar bisa menggunakan buku bergaris atau kertas polos yang diberi garis. Tujuannya untuk melatih kerapian tulisan. Pada tahap ini garis merupakan media bantu yang penting. Lakukan tahapan yang berurutan. Mulai dengan bantuan garis full sepanjang sisi. Setelah itu, garis mulai diputus beberapa senti hingga akhirnya hilangkan garis bantu. Lakukan bertahap sesuai prospek yang kalian rasakan.

3. Sketsa Kaligrafi Sebagai Media Bantu

youtube.com

Salah satu tahap untuk mematangkan tulisan kaligrafi adalah dengan meniru sketsa yang sudah ada. Saya menyarankan untuk mencetak (print) kaligrafi dari internet. Kemudian ikuti pola penulisannya. Lakukan tahap ini sampai hasil kaligrafi kalian hampir sama dengan sketsa yang kalian print.

baca juga : Tempat Terindah di Gunung Gede Pangrango

Tahap Melatih Kreatifitas

youtube.com

Setelah tahap awal dan pematangan tulisan kaligrafi, tahap terakhir adalah melatih kreatifitas. Pada tahap ini kalian akan mempelajari langsung bentuk-bentuk kaligrafi. Mencontoh karya orang lain, hingga membuat kaligrafi dengan hasil kreatifitas sendiri. Berikut ini beberapa tahapannya.

1. Tiru Karya Orang Lain Tanpa Sketsa

depositphotos.com

Pada tahap inilah skill alami kalian diasah. Pada tahap awal melatih kreatifitas ini, kalian dianjurkan untuk mencontoh beberapa desain kaligrafi tanpa bantuan apapun lagi. Gabungkan semua hal yang sudah kalian pelajari di tahap awal dan pematangan skill.

2. Tahap Menyalurkan Kreatifitas

wallresolution.com

Pada tahap final ini kalian harus mulai mengasah kreatifitas kalian. Supaya mudah berkembang, mulailah dengan menggabungkan beberapa desain kaligrafi kedalam satu hasil karya kalian. Baru setelah itu mulailah untuk membuat bentuk-bentuk yang mempunyai keunikan tersendiri.

Baca juga: luar biasanya katabolisme

3. Cobalah Membuat Kaligrafi Pada Media Lain

id.aliexpress.com

Cara yang satu ini merupakan pengembangan yang lebih jauh dari seni kaligrafi. Teknik dan alat yang digunakan berbeda dari biasanya. Kalian harus mulai berusaha lebih keras dan terus belajar. Salah satunya dengan melukis kaligrafi pada media dinding. Semakin banyak jam terbang kalian dalam membuat kaligrafi akan membuat kalian semakin mudah menguasai skill melukis.

jika kalian mempunyai bakat menggambar, kalian pasti akan melakukan proses pembelajarannya dengan baik. Jangan pernah gusar dengan kata belajar dan jangan lelah untuk terus melangkah. Salurkan bakat kalian dan wujudkan impian kalian.

Untuk memudahkan kalian dalam mencari referensi gambar kaligrafi yang unik, silahkan buka situs ini. Untuk tutorial videonya bisa dilihat di situs berikut.

***

Itulah beberapa hal yang dapat saya bagikan tentang cara membuat kaligrafi arab. Intinya harus dipersiapkan sematang mungkin. Karena tidak ada karya seni yang dibuat dari proses yang sederhana.

Sampai disini dulu postingan kali ini, jangan lupa baca artikel saya yang lain untuk menambah wawasan kalian.

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Kaligrafi Arab Untuk Pemula

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.