});

Cara Membuat Tape Ketan HitamTerlengkap Berikut Tips dan Triknya

Cara Membuat Tape Ketan – Tape identik dengan singkong. Namun di daerah Sunda ada tape yang terbuat dari ketan. Tape ketan hitam dan ketan putih merupakan salah satu makanan khas Sunda. Makanan hasil fermentasi ini memiliki tekstur dan rasa yang khas. Biasanya dihidangkan pada acara tertentu seperti pernikahan, khitanan, bahkan pengajian.

cara membuat tape ketan
ciiegapiie.blogspot.com

Kalian yang berasal dari suku Sunda mungkin sudah tidak asing dengan tape ketan. Bahkan mungkin kalian bisa membuatnya sendiri. Namun, bagaimana dengan mereka yang baru mencicipi tape ketan dan ingin menikmatinya dirumah? Kalian pasti kesulitan.

Makanan yang satu ini memang jarang dipasarkan. Meskipun ada, mungkin tidak mudah mendapatkannya. Hal itu dikarenakan cemilan ini seolah hanya menjadi makanan khas di acara penting. Lalu bagaimana solusinya? Kali ini saya akan share cara membuat tape ketan. Sangat mudah dan simpel lho. Silahkan dibaca sampai habis.

 

Cara Membuat Tape Ketan Hitam

cara membuat tape ketan
herbalogi.com

Tape ketan hitam bersifat kesat karena mengandung banyak serat. Selain itu, kandungan airnya juga sedikit. Meskipun begitu, tape ketan hitam mengandung banyak Vitamin B1 yang bermanfaat bagi sisitem pencernaan, sel otot, dan saraf.

baca juga : Cara Menghilangkan Bau Sepatu

 

Bahan-Bahan

cara pembuatan tape ketan
blogitarossi.blogspot.com

Dalam pemilihan bahan, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelumnya. Seperti sifat ketan hitam dan dan ketan putih, rasa tape jika dicampur gula atau tidak, dan lain-lain. Tape ketan hitam tanpa gula akan mempunyai rasa asam sedikit manis (seperti tape singkong). Namun banyak orang yang menambah gula pasir untuk menghasilkan rasa yang lebih manis.

Berikut ini bahan-bahannya :

1. Setengah kilo (1/2 kg) ketan hitam.

2. Ragi 1 butir (berlaku kelipatan takaran ketan).

3. Daun pisang sebagai pembungkus.

4. Gula pasir (jika ingin rasa yang lebih manis) dua sendok makan per setengah kilo ketan.

 

Cara Membuat Tape Ketan

cara membuat tape ketan
iis-resep.blogspot.com

1. Ketan hitam dicuci hingga benar-benar bersih (minimal lima kali ganti air).

2. Rendam ketan hitam selama semalam supaya teksturnya empuk.

3. Iriskan pada pagi hari hingga tekstur ketan kesat.

4. Masak ketan dengan sedikit air, setelah agak matang lalu diangkat dan dikukus.

5. Setelah itu, siapkan dua gelas air panas sambil menunggu ketan matang (simpan didalam termos agar panasnya          terjaga).

6. Jika air kukusan sudah mendidih, siramkan air panas diatas ketan hitam secara merata. Lanjutkan mengukus              sampai ketan matang.

7. Setelah ketan matang, angkat dan iriskan. Lalu ratakan di nampan dan tunggu sampai benar-benar dingin.

8.  Sambil menunggu ketan dingin, haluskan ragi. Supaya tape tidak asam, usahakan agar tidak terkena                               tangan. Untuk itu, lebih baik menggunakan plastik atau sejenisnya.

9.  Jika ketan sudah dingin, siapkan wadah yang terbuat dari kaca atau kayu. Hal ini agar hasilnya lebih maksimal              dari pada menggunakan wadah plastik atau stainless. Alasi wadah dengan daun pisang.

10. Masukkan setengah bagian ketan kedalam wadah. Taburkan sebagian ragi dan aduk-aduk ketan hingga merata.          Lalu masukkan ketan dan ragi yang tersisa. Lalu aduk kembali hingga merata (adukan yang digunakan                          disarankan berbahan kayu agar kualitas ketan bagus).

11. Tutup wadah (toples) sampai benar-benar rapat dan tidak ada udara masuk. Diamkan di tempat hangat selama           3 hari.

12.  Setelah 3 hari, silahkan buka wadah tape dan nikmatilah tape buatan anda sendiri.

Tape ketan hitam buatan sendiri dapat menghasilkan kuaitas tape yang baik, manis, enak, dan terjamin. Karena kalian sendiri yang memilih bahannya. Sebagai tambahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan kualitas tape.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada cara membuat tape ketan

tokopedia.com

1.  Tape ketan hitam memiliki rasa asam dengan sedikit rasa manis yang khas.

2.  Jika ingin ada tambahan rasa manis, tambahkan gula pasir yang sudah dilarutkan. Campurkan air gula ssaat ketan      matang dan masih panas.

3.  Proses perendaman ketan harus dilakukan semalaman, jangan hanya beberapa jam saja.

4.  Ragi yang dihaluskan jangan sampai terkena tangan.

5.  Wadah atau toples yang digunakan lebih baik jika menggunakan toples kaca.

6.  Daun pisang dapat membantu proses fermentasi. Jadi, jangan sampai toples atau wadahnya tidak dilapisi daun            pisang.

7.  Saat mengaduk ragi, gunakanlah adukan berbahan kayu agar kualitas ketan lebih baik.

8.  Tempat untuk menyimpan ketan disarankan di dekat rice cooker atau di belakang kulkas. Tujuannya agar proses         fermentasi lebih sempurna.

9.  Dalam proses pengadukan ragi, bisa menggunakan nampan kayu lebar agar space untuk mengaduk lebih lega dan       mudah. Kemudian pindahkan pada toples setelah ragi tercampur merata.

***

Itulah beberapa rangkaian kata tentang cara membuat tape ketan hitam. Saya harap dapat menjadi tambahan pengetahuan untuk melestarikan kuliner khas Sunda. Selain itu juga dapat menjadi inspirasi bagi kalian yang ingin membuat tape ketan hitam. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.