});

Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu Mudah Terlengkap

Cara Menghilangkan Bau Sepatu– Sepatu merupakan benda yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Benda ini dapat membantu menjaga kaki dari cedera. Selain itu, sepatu juga menjadi fashion tersendiri untuk kalangan tertentu. Namun terkadang bau sepatu dapat mengganggu kenyamanan pengguna dan orang lain.

Maka perlu tips khusus untuk menghilangkan bau pada sepatu. Tetapi banyak orang yang belum mengetahuinya. Hal ini perlu dilakukan agar kita nyaman memakai sepatu, dan percaya diri ketika bertemu orang lain. Karena bau dari sepatu yang menyengat dapat menurunkan rasa percaya diri.

Berikut ini saya bagikan cara menghilangkan bau sepatu. Semoga dapat membantu kalian yang sedang kebingungan karena bau sepatu.

 

1. Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Daun Pandan

cara menghilangkan bau pada sepatu
nasionalisme.co

Tips yang pertama adalah dengan menggunakan daun pandan. Daun pandan adalah daun yang memiliki aroma yang khas. Biasanya daun ini digunakan untuk tambahan beberapa jenis masakan. Ternyata, daun ini juga mampu menetralisir bau yang dihasilkan keringat.

Caranya adalah dengan memotong bagian tengah daun agar baunya keluar. Setelah itu, oleskan daun pandan pada bagian dalam sepatu. Cara ini dilakukan agar bakteri pada sepatu mati. Namun ini tidak cocok bagi kalian yang tidak suka bau pandan. Solusinya, kalian bisa menggunakan tips selanjutnya.

 

2. Daun Jeruk

cara menghilangkan bau pada sepatu
agwingallery.blogspot.com

Daun jeruk mempunyai bau yang khas. Salah satu fungsinya untuk menghilangkan bau. Pertama, siapkan beberapa daun jeruk. Kemudian iris beberapa bagian agar baunya dapat keluar. Oleskan pada bagian dalam sepatu yang biasa digunakan. Diamkan selama 15-30 menit supaya bau sepatu hilang.

baca juga : Cara Membuat Kaligrafi Arab

Setelah itu, bersihkan daun jeruk menggunakan sikat bersih. Insya Alloh bau sepatu bisa berkurang bahkan hilang. Sekarang baunya tergantikan harum khas daun jeruk.

 

3. Alkohol

alkohol
amazon.com

Cara menghilangkan bau pada sepatu selanjutnya menggunakan alkohol. Alkohol yang digunakan adalah alkohol untuk pengobatan (antiseptik). Alkohol jenis ini mudah didapatkan di apotek. Fungsi utamanya adalah untuk membunuh bakteri.

Oleh karena itu, alkohol bisa digunakan untuk membunuh bakteri penyebab bau. Pertama, tuangkan alkohol secukupnya pada kain atau tisu. Kemudian oleskan pada sepatu bagian dalam. Simpan ditempat terbuka selama 15 menit. Insya Alloh baunya segera hilang.

Sebagai catatan, jangan gunakan tips ini pada sepatu kulit. Karena alkohol bisa merusak sepatu kulit kesayangan kalian. Bukan cuma menghilangkan baunya. Kalian nanti kehilangan bau plus sepatu kalian.

 

4. Baking Soda atau Soda Kue

baking soda
paleoplan.com

Lanjut pada tips ke-4. Baking soda biasa digunakan untuk campuran kue. Fungsinya agar kue dapat mengembang dengan sempurna. Sepatunya mau dibikin kue? Ya nggak lah. Baking soda memiliki fungsi lain untuk menghilangkan bau.

Caranya cukup mudah. Pastikan sepatu kalian kering. Kemudian taburkan baking soda pada sepatu yang kita gunakan. Biarkan semalaman dan bersihkan dengan sikat di pagi hari. Untuk hasil maksimal, dawamkan tips ini setiap hari.

 

5. Teh Hitam

teh hitam
ourshorelinecommunity.org

Teh hitam bisa jadi alternatif menghilangkan bau pada sepatu. Bener gak,sih? Ya, insya Alloh bisa kalau ikhtiarnya dilaksanakan. Pertama, celupkan teh di kantong mendidih. Biarkan selama lima menit hingga sari teh keluar. Angkat teh celup dan oleskan pada bagian dalam sepatu. Biarkan selama 45 menit agar teh bereaksi maksimal.

Sebelum itu, kalian bisa menambahkan gula pada air teh. Dari pada mubazir lebih baik diminum, kan? Minum teh sambil menunggu hasil ikhtiar menghilangkan bau sepatu. Cocok untuk kalian yang sudah punya pasangan halal, nih.

 

6. Bedak Bayi

ecouterre.com

Bedak bayi biasanya memiliki tekstur halus dan wangi yang khas. Maka hal ini cocok untuk menghilangkan bau sepatu kalian. Cara penggunaannya hampir sama dengan menggunakan baking soda. Pastikan sepatu kalian kering. lalu taburkan bedak bayi pada bagian dalam sepatu. Kemudian biarkan selama semalaman.

Setelah itu bersihkan pada pagi hari. Pastikan kalian membersihkannya dengan sikat khusus sepatu, ya. Jangan sikat multi fungsi (tafsirkan sendiri).

 

7. Sering Dijemur

dreamstime.com

Tips ke-7 ini hanya bisa dilakukan di musim panas. Sebagai salah satu cara menghilangkan bau sepatu, seringlah menjemur nya. Cara ini cocok untuk anak sekolahan yang pulang siang. Setelah dipakai, jemur sepatu dan kaos kaki matahari sampai menjelang sore. Lakukan setiap hari, ya.

 

8. Koran Sebagai Alas

Alasi koran
wonderhowto.com

Koran bukan sekedar untuk dibaca. Jika ada koran bekas yang tidak terpakai, bisa untuk mengurangi bau sepatu. Gunakan koran sebagai alas tambahan yang menutupi bagian dalam sepatu. Lakukan tips ini setiap hari. Pastikan kalian tidak membuat korannya terlihat, ya. Nanti bisa jadi blunder. Sepatu tidak bau, tapi orang lain menertawakan kalian gara-gara koran yang terlihat di sepatu kalian. Pasti malu, kan?

 

9. Ampas Kopi

ampas kopi
topleswrite.com

Tips selanjutnya, gunakan ampas kopi. Tips ini cocok untuk kalian para pecinta kopi. Setelah minum kopi, jangan buang ampasnya. Tuangkan ampas pada tisu. Oleskan ampas tadi pada bagian dalam sepatu. Lakukan setiap hari. Jadi, kalian ngopinya harus yang ada ampasnya, ya.

 

10. Pisahkan Sepatu dan Kaos Kaki

pisahkan sepatu dan kaos kaki
dickssportinggoods.com

Tips ini dilakukan untuk mencegah bau sepatu yang berlebih. Penyebab utamanya adalah karena kalian biasa menyimpan kaos kaki di dalam sepatu. Itulah penyebab bakteri berkembang biak hingga tujuh turunan. Usahakan untuk memisahkan kaos kaki dan sepatu. Biarkan mereka bercerai pada sore hari setelah kalian beraktifitas. Kemudian satukan lagi mereka pada pagi hari, cieeee.

 

11. Sering Menggunting Kuku Kaki

cara menghilangkan bau sepatu
dreamstime.com

Tips yang terakhir juga cara untuk mengurangi bau sepatu. namun, hal ini lebih pada bagaimana meminimalisir bau sepatu. Salah satu penyebab bau sepatu adalah kotoran pada kuku kaki. Kotoran kaki biasanya berwarna hitam atau coklat.

Bagian kuku paling samping rentan terhadap kotoran. Kotoran itu akan menggandakan bau keringat kalian saat memakai sepatu. Usahakan memotong kaki dua sampai tiga hari sekali. Agar sepatu tidak mudah bau. Serta menjaga kebersihan bagian tubuh kalian juga. Hal ini dilakukan untuk kebaikan bersama.

***

Demikian beberapa tips yang saya sarankan tentang cara menghilangkan bau sepatu. Semoga dapat menjadi jalan keluar untuk kalian yang risih dengan bau sepatu. Jangan lupa baca artikel saya yang lain, ya. Terimakasih atas kunjungannya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.