});

50+ Jenis Tanaman Hias, Gambar, Contoh dan Penjelasannya

Jenis  tanaman hias yang unik memiliki corak warna dan bentuk yang menarik. Tanaman hias tidak hanya berupa bunga saja. Beberapa ada yang merupakan jenis tanaman hias buah, akar, batang, bahkan obat. Tanaman hias yang memiliki berbagai manfaat selain keindahannya sering ditanam dan dijadikan hiasan hingga sumber penghasilan. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias yang perlu kalian ketahui.

Tanaman Hias Berkhasiat Obat

tanaman hias unik
physelis alkhekengi – pixabay.com

Ciri khas dari tanaman hias adalah warnanya yang beraneka ragam serta bentuk bunga dan ukuran yang bermacam-macam. Ada beberapa jenis tanaman hias yang memiliki keistimewaan sebagai obat. Beberapa diantaranya bahkan mampu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker dan stroke.

Beberapa tanaman hias obat dibawah ini dapat dijadikan tanaman yang cocok untuk mempercantik rumah dan menjaga kesehatan. Selain mempunyai rumah dengan dekorasi yang indah, kalian juga mempunyai tingkat kesehatan yang lebih baik dengan mengkonsumsi herbal alami. Berikut ini beberapa tanaman hias obat yang cantik dan bermanfaat untuk ditanam.

1. Bunga Mawar

manfaat bunga mawar untuk kesehatan
bunga mawar – benat23.com

Teh bunga mawar dapat menjadi solusi menyembuhkan tenggorokan. Selain bunganya yang dijadikan lambang cinta dan kasih sayang, kelopak bunga mawar kering dapat dikonsumsi sebagai jeli, selai, dan sirup. Caranya dengan membekukan kelopak bunga mawar kedalam freezer.

Sebelumnya, pastikan kalian kalian membuang kelopak bunga mawar yang berwarna putih. Kelopak bunga mawar yang berwarna putih memiliki rasa yang cukup pahit. Selain dijadikan jeli, kelopak bunga mawar juga bisa dijadikan garnish salada sebagai makanan pencuci mulut.

2. Bunga Anyelir

cara membuat obat dari bunga anyelir
bunga anyelir – geliurojus.it

Bunga anyelir mempunyai nama lain bunga teluki. Nama ilmiahnya adalah dianthus caryophyllus. Tanaman hias ini berasal dari kawasan mediterania. Bunga anyelir bisa mencapai panjang 2 meter dengan usia yang bisa mencapai 20 bulan. Bunga ini merupakan salah satu jenis tanaman hias pot yang populer.

Bagian bunga anyelir yang dapat dimakan adalah kelopak bunga. Biasanya digunakan sebagai bahan campuran membuat kue dan bahan tambahan untuk membuat permen. Manfaat anyelir adalah  untuk menghilangkan tidak enak badan. Caranya dengan merebus daun yang baru dipetik, kemudian rebus dengan air. Saring air rebusan dan minum tiga kali sehari.

3. Bunga Melati

manfaat bunga melati untuk kesehatan
bunga melati – pixabay.com

Bunga melati sangat erat dengan kebudayaan Indonesia. Melati sering digunakan untuk hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan. Bahkan jenis melati putih dijadikan simbol nasional atau puspa bangsa di Indonesia. jenis melati yang biasa ditanam di Indonesia adalah melati gambir, melati pot, dan melati putih.

Bunga melati biasa diramu menjadi teh. Caranya dengan merebus 10 kuncup bunga melati yang sudah mekar dengan 500 ml air. Setelah mendidih, saring bunga melati dan jadikan air rebusan untuk menyeduh teh. Manfaat teh bunga melati adalah untuk mengurangi berat badan, mengeluarkan racun dari tubuh, bahkan untuk mencegah kanker.

4. Bunga Marigold

tanaman hias bermanfaat obat
bunga marigold – pixabay.com

Bunga marigold adalah jenis bunga yang bisa tumbuh dengan baik pada media pot bahkan polybag. Bunga ini biasanya tumbuh dan mekar di awak bulan. Dari kejauhan, bunga ini terlihat seperti bunga kenikir. Bunga ini mempunyai ciri fisik berwarna kuning atau orange dengan bentuk bunga yang gemuk. dan kelopak yang bertumpukan. Daun dan batangnya dapat tumbuh hinga mencapai 90 meter.

Bunga marigold yang mengandung banyak anti oksida bermanfaat untuk mengobati demam, menangkal radikal bebas, dan mengobati masalah menstruasi atau menopause. Penggunaanya adalah dengan menkonsumsinya dalam bentuk teh . Rasa dan warna bunga marigold yang unik juga biasa digunakan sebagai pengganti kunyit seperti di daerah Tiongkok.

5. Bunga Tulip

tanaman hias yang bisa dimakan
bunga tulip – bbb.org

Belanda terkenal dengan negeri bunga tulip. Meskipun sebenarnya bunga ini berasal dari stepa dan pegunungan Hindu Kush di Kazakhstan, Asia Tengah. Tulip adalah tumbuhan tahunan yang berbunga pada musim dingin antara bulan Maret sampai April. Tingginya dapat mencapai panjang 10-70 cm. Bunganya berwarna besar yang terdiri dari 6 mahkota dengan bentuk sempit memanjang.

Manfaat bunga tulip adalah untuk mengurangi gejala anemia, memar, kanker darah, serta gangguan sirkulasi darah. Jenis bunga tulip merah bahkan dapat menghilangkan parasit di dalam darah. Namun saya tidak menemukan artikel tentang bagaimana cara pengolahannya. Saya sarankan tidak mencoba-coba untuk membuat olahan obat dari bunga tulip tanpa adanya ilmu yang cukup.

6. Bunga Oregano

jenis tanaman hias
bunga oregano – powo.science.kew.org

Bunga oregano mempunyai nama ilmiah origanum vulgare. Bunga ini biasa ditanam di daerah Asia dan Eropa. di Eropa sendriri tanaman yang mempunya bentuk mini ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan Eropa. Beberapa masakan seperti spaghetti dan pizza sering menggunakan bumbu dari bunga oregano sebanyak penyedap dan pemberi aroma tambahan.

Di Indonesia tanaman ini biasa digunakan sebagai tanaman obat. Salah satu khasiatnya adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Bunga oregano mudah dipelihara di dalam pot dan cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Untuk pertumbuhan yang baik, bunga oregano harus tersinari matahari setiap hari dan disiram minimal 1x sehari.

7. Bunga Teratai

jenis tanaman hias
bunga teratai – pixabay.com

Bunga teratai adalah jenis bunga yang unik karena tumbuh di atas permukaan air yang tenang (hidrofit). Bunganya berwarna putih hingga kuning, berbentuk lingkaran penuh dengan kelopak berwarna merah. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin, sehingga jika ada air yang jatuh ke lapisan daun tidak membentuk butiran air. Diameter bunga teratai biasanya antar 5-10 cm dan diameter daun bisa mencapai 1 sampai 2 meter.

Bunga teratai menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan seperti mengobati batuk berdahak, menyembuhkan diare disertai muntah, mengobati mimisan, menghilangkan insomnia dan mengobati panas dalam. Untuk menghilangkan insomnia, caranya adalah dengan merendam 12 gram biji bunga teratai selama 30 menit. Kemudian angkat dan rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas air. Minum air rebusan dan makan bijinya.

8. Bunga Pansy

pengertian bunga pansy
bunga pansy – pixabay.com

Bunga pansy awalnya merupakan bunga liar di daerah Eropa dan Asia Barat. Bunga ini kemudian melalui proses hibridisasi dari beberapa jenis pansy dari genus viola. Bunga pansy sekarang biasa dibudidayakan sebagai bunga taman karena mempunyai warna tricolor yang unik. Diameter bunga pansy antara 6 sampai 9 senti dengan panjang keseluruhan bisa mencapai 24 cm.

Manfaat bunga pansy adalah untuk mencegah penyakit jantung, ginjal, dan tekanan darah. Keren juga khasiatnya, ya. hal itu disebabkan karena bunga pansy memiliki kandungan kalium dan mineral yang sangat tinggi. Namun, saya tidak menemukan artikel bagaiman penggunaan atau cara mengkonsumsinya, hehe. Jadi, biarlah mereka yang ahli di bidangnya untuk meracik obat dari tanaman hias yang satu ini.

9. Bunga Kamomil

tanaman hias yang bisa dimakan
bunga kamomil – pixabay.com

Bunga kamomil (chamomile) adalah tumbuhan semusim yang tumbuh di wilayah Asia yang memiliki 4 musim dan seluruh wilayah Eropa.  Bunga kamomil merupakan salah satu anggota keluarga bunga matahari. Entah itu kakek, nenek, atau anaknya, bercanda bos. Bunga ini disebar luaskan oleh manusia ke Australia dan Amerika Utara.

Daun bunga kamomil berbentuk kecil dan panjang berkelompok 2 atau 3 daun dalam satu tangkai. Kamomil tumbuh di lahan terbuka dan dapat tumbuh hingga 15 sampai 60 cm. Manfaat bunga kamomil salah satunya untuk teh herbal, yaitu dengan mencampur 2 sendok makan bunga kamomil kering per cangkir teh yang bermanfaat sebagai obat tidur (penenang).

Jenis Tanaman Hias Akar

tanaman hias akar
bunga dahlia – pixabay.com

Hanya ada dua jenis tanaman hias akar yang dikenal oleh masyarakat luas. Tanaman hias jenis ini mempunyai ciri khas dengan bentuk akar yang unik dan menonjol keluar. Jika dirawat dengan baik dan mempunyai bentuk yang unik, tanaman hias akar bisa dijual dengan harga yang menggiurkan.

Selain untuk hiasan, tanaman hias akar juga dapat dijadikan investasi jangka panjang. Banyak penghobi tanaman yang sengaja memelihara dan mengatur-atur bentuk tanaman hias akar supaya lebih indah. Selain juga untuk mendapatkan income dari hobi yang dijalani. berikut ini beberapa jenis tanaman hias akar.

1. Adenium atau Kamboja

tanaman hias kamboja
bunga kamboja – pixabay.com

Bunga adenium atau kamboja memiliki nama latin plumeria. Nama itu digunakan untuk menghargai botanis penemu bunga kamboja berkebangsaan Perancis yang bernama Charles Plumier. Nama bunga kamboja tidak ada hubungannya dengan nama negara Kamboja. Bunga kamboja berasal dari Amerika Tengah dan sampai di Indonesia karena dibawa oleh bangsa Portugis dan Belanda.

Secara umum, bunga kamboja dapat tumbuh subur di semua tempat. Hanya saja, pertumbuhannya akan lebih maksimal di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Kamboja asli Indonesia berwarna putih dengan bagian dalam dalam yang berwarna kuning. Ciri khasnya adalah bagian kuntumnya berukuran kecil dan tidak terbuka secara penuh.

2. Beringin

jenis tanaman hias akar
beringin bonsai – greenahmedabad.blogspot.com

Beringin mempunyai nama latin ficus benjamina dan merupakan pohon simbol Kota Bangkok. Ciri khas yang paling mencolok adalah akar gantungnya yang dapat membelit pohon lain yang terlihat seperti batang. Jenis beringin yang sering dibudidayakan sebagai tanaman hias adalah beringin bonsai. Bukan pohon beringin yang menjadi ciri khas alun-alun selatan di Jogjakarta, ya.

Tanaman hias beringin yang biasa dibudidaya untuk tanaman hias mempunyai banyak keunikan. Daun yang bergerombol dan lebat dengan tekstur seperti kulit. Permukaan daunnya berbentuk oval dengan ujung daun yang runcing. Daunnya bersifat sensitif dan akan rontok kemudian segera muncul daun baru apabila terjadi perubahan intensitas cahaya matahari secara tiba-tiba. Tanaman hias beringin dengan berat 3oo gram biasa dijual dengan harga Rp 55.000.

Jenis Tanaman Hias Batang

jenis tanaman hias
poppies hias – pixabay.com

Sesuai namanya, tanaman hias batang mempunyai keunikan yang menonjol pada batangnya. Beberapa jenis tanaman hias batang didominasi oleh bambu dan saudara-saudaranya. Tanaman hias batang memiliki manfaat utama sebagai peredam suara jika ditanam diluar rumah.

Tanaman hias jenis ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki rumah di pinggir jalan dan sering terganggu dengan bisingnya suara knalpot kendaraan. Dengan menanam tanaman hias batang dapat mengurangi polusi suara. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias batang yang bisa dijadikan referensi.

1. Tanaman Hias Bambu Air

cara menanam tanaman hias bambu air
bambu air – pixabay.com

Tanaman hias bambu air dikenal juga dengan nama paku ekor kuda. Hal itu karena warnanya yang hijau seperti tanaman paku dan tekstur yang ramping meruncing seperti ekor kuda. Tanaman bambu air dapat tumbuh hingga tinggi 3 meter dengan diameter batang yang relatif kecil. Untuk memaksimalkan pertumbuhannya, tanamlah menggunakan media tanah lumpur yang basah.

Ada 2 jenis tanaman hias bambu air yang biasa dibudidayakan di Indonesia. Pertama bambu air hijau putih atau yang biasa disebut zebra rush. Kedua adalah tanaman hias bambu air hijau biasa yang disebut scouring rush. Tanaman ini membutuhkan perawatan khusus dengan mengganti air seminggu sekali. Bambu air zebra rush dengan berat 1 kg biasa dijual dengan harga Rp 40.000.

2. Palem Merah

tanaman hias palem merah
palem merah – bibittanamanpohon.wordpress.com

Palem merah sering digunakan untuk memperindah halaman rumah atau taman karena memiliki warna batang merah menyala yang unik. Tanaman endemik Indonesia ini berasal dari Sumatera dan merupakan salah satu jenis tanaman yang dilindungi. Nama lain tanaman hias ini adalah lipstick palm, pinang merah, dan maharajah palm.

Tanaman hias palem merah akan tumbuh dengan baik di daerah datran rendah, pesisir pantai, dan daerah rawa yang subur. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 16 meter dengan diameter batang mencapai 14 senti. Warna tangkai daun yang berwarna merah menyala dan bentuk daun yang mirip dengan daun kelapa membuat tanaman ini cocok menjadi peneduh halaman rumah.

3. Bambu Kuning

tanaman hias bambu kuning
bambu kuning – bamboogeek.blogspot.com

Bambu kuning adalah salah satu jenis tanaman hias batang yang sangat digemari di Indonesia. Nama lain tanaman ini adalah moso bamboo dan yellow running bamboo. Biasanaya bambu kuning ditanam diantara beberapa tanaman hijau lain untuk menambahkan kesan menarik dan menghasilkan perpaduan warna tanaman yang enak dilihat.

Tanaman bambu kuning merupakan tanaman yang berasal dari Jepang dan Cina. Ciri fisiknya adalah memiliki bentuk lurus menjulang dengan tekstur yang lembut dan ramping. Ketinggian maksimalnya bisa mencapai 9 meter. Tanaman ini cocok ditanam disekitar pagar atau ditanam berjejer di pekarangan rumah. Fungsi lain tanaman ini adalah untuk meredam polusi suara dari luar rumah. So, buat kalian yang rumahnya ada di pinggir jalan tanaman ini bisa jadi solusi untuk mengurangi kebisingan.

Jenis Tanaman Hias Buah

jenis tanaman hias
jerami bunga – pixabay.com

Tanaman hias yang termasuk kategori jenis tanaman hias buah adalah tanaman yang memiliki buah yang bisa ditanam di tempat yang tidak terlalu besar. Selain itu, tanamannya juga memiliki warna yang menarik sehingga masuk kategori tanaman hias. Berikut ini beberapa diantaranya.

Sambil menyelam minum air. Itulah salah satu peribahasa yang cocok untuk jenis tanaman hias ini. Selain memiliki keindahan dan keunikan, tanaman hias buah juga menghasilkan buah yang enak untuk dikonsumsi. Langsung saja saya bahas apa saja tanaman hias buah yang mudah untuk ditanam di halaman rumah bahkan hanya dalam media pot.

1. Cabai Pelangi atau Cabai Bolivian Rainbow

jenis tanaman hias buah
cabai pelangi – chuansong.me

Bolivian rainbow atau atau cabai pelangi merupakan tanaman hias buah yang berasal dari Amerika Selatan. Karena kata cabai terlalu terdengar anaeh, saya akan menggunakan kata cabe. Nggak masalah, kan ya. Saya yang nulis, saya yang punya blog, haha.

Kata rainbow atau pelangi digunakan untuk menggambarkan warna cabe yang beraneka ragam layaknya pelangi. Warna cabenya di dominasi warna kuning, merah, dan ungu. beberapa jenis cabe pelangi juga memiliki warna orange dan hijau. Menarik dan unik untuk ditanam, bukan? Tanaman hias jenis ini cocok untuk menjadi hiasan di depan rumah kalian.

2. Nanas Medusa

tanaman hias buah
nanas medusa – tokopedia.com

Nanas medusa memiliki nama lain nanas mahkota dan nama latin Annas Comosus. Keunikan jenis tanaman hias buah yang satu ini adalah tumbuhnya nanas ukuran mini pada buah nanas utamanya. Selain itu, pada bagian nanas mini tumbuh daun yang lebih besar sehingga terlihat seperti buah yang memiliki mahkota.

Jika pada umumnya nanas hanya memiliki satu atau dua buah pada satu pohon, nanas yang satu ini dapat berbuah hingga puluhan. Uniknya lagi, dari puluhan buah utama masih ada buah ukuran mini yang tumbuh di bagian atas buah utama. Warna buah yang orange terang ketika hampir matang membuat tanaman ini menjadi daya tarik dan akan mudah dilirik.

3. Tanaman Hias Buah Srikaya

tanaman hias buah srikaya
srikaya – jagakesehatan.com

Srikaya memiliki nama latin Anona Squamosa. Buah srikaya cenderung cepat untuk tumbuh dan berbuah. Hanya membutuhkan waktu 1,5 tahun dari biji yang ditanam, tanaman ini sudah bisa menghasilkan buah. Syaratnya tentu saja dengan perawatan yang maksimal. Penempatan di dalam pot dengan pemberian pupuk dan tanah yang sesuai menjadi faktor utama percepatan pertumbuhan srikaya.

Jika ditempatkan didalam pot dengan diameter sekitar 30 senti, srikaya dapat tumbuh hingga ukuran 70 cm. Pertumbuhannya akan lebih cepat dibandingkan jika menanamnya secara tradisional. Buah srikaya  berwarna hijau terang hampir sama dengan daunnya akan menyejukkan mata ketika melihatnya.

4. Lemon

tanaman hias buah
tanaman hias lemon – jennifermclagan.com

Tanaman hias buah yang dapat ditanam pada pot selanjutnya adalah buah lemon. Salah satu jenis buah lemon yang cocok ditanam adalah lemon Australia. bentuk sedikit lonjong dengan warna kuning yang cenderung orange sangat mencolok dengan warna daun yang hijau pekat.

Cara perawatan yang mudah dan tidak menyita banyak tempat menjadi kelebihan tanaman buah lemon. Tanaman ini bahkan dapat ditanam di dalam ruangan dengan syarat mendapat cukup sinar matahari. Bentuk buah yang unik dan warna yang mencolok sangat cocok untuk menghiasi halaman atau bagian dalam rumah anda.

5. Mulberry

jenis tanaman hias buah
mulberry – food.you-like.org

Salah satu alasan pentingnya menanam buah adalah bagaiman prospek pendapatannya. tanaman hias buah mulberry yang berbuah sepanjang tahun bisa dijadikan referensi untuk menambah pundi-pundi rupiah. Tekstur buah yang jika dikunyah seperti stawberry ini mudah tumbuh di daerah Indonesia.

Ketika sudah matang, buahnya akan berwarna merah. Kemudian setelah beberapa saat dipetik, warnanya akan berubah menjadi hitam pekat. Rasa buahnya manis dengan sedikit asam sangat cocok dimakan ketika panas di siang hari. Selain itu, mulberry juga berfungsi sebagai anti oksidan alami

6. Tanaman Hias Buah Yellow Pitomba

jenis tanaman hias
yellow pitomba -plant.daleysfruit.com.au

Yellow pitomba berasal dari daerah Brazil dan dikenal dengan nama uvalha do campo. Keunikan tanaman hias buah yang satu ini adalah memiliki tangkai yang menahan buah yang menjuntai hingga 4 cm. Tanaman ini memang bisa ditanam di dalam pot. namun perlu perawatan khusus supaya pertumbuhan dan produktifitasnya maksimal.

Buah tanaman hias yellow pitomba ini mempunyai rasa manis segar. Karena bukan merupakan tanaman asli Indonesia, beberapa perlakuan khusus diperlukan untuk merawatnya. Salah satunya adalah dengan memanhgkas tangkai supaya berbentuk tajuk.

7. Buah Naga Mini

tanaman hias buah
buah naga mini – keywordsking.com

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan buah naga. Buah dengan rasa yang khas dan kulit buah yang dilapisi bagian luar buah yang mirip lidah yang menjulur. Umumnya buah naga digunakan sebagai pelangkap sop buah atau untuk membuat jus penghilang dahaga.

Selain buah naga dengan ukuran besar yang biasa ada dipasaran, ternyata ada buah naga mini dengan ukuran buah sebesar bola pingpong. Rasanya agak sedikit pahit dengan tekstur yang sama dengan biah naga.  Tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik pada media pot. Dalam satu pohon, buah naga mini dapat berbuah hingga belasan buah.

8. Tomat Ceri

tanaman hias tomat ceri
tomat ceri – blog.glamy.in

Sesuai namanya, tomat ceri adalah jenis tomat yang sebesar buah ceri. Diperkirakan mulai terkenal di Chili dan Peru pada abad ke-18. Sangat sulit mendapatkan tomat ceri dipasaran karena jarang dibudidayakan pada ladang konvensional.

Tomat ceri sangat cocok dijadikan tanaman hias untuk ibu-ibu yang hobi memasak. Sesekali memetik tomat di kebun sendiri dan bisa dijadikan solusi dompet ketika harga tomat mulai meroket. Tomat ceri ini memiliki rasa yang sedikit kecut dari tomat pada umumnya.

Jenis Tanaman Hias Bunga

jenis tanaman hias bunga
bunga bangla – i.ytimg.com

Tanaman hias bunga yang mempunyai warna yang indah banyak ditanam untuk memperindah rumah, halaman, dan taman. Proses pemeliharaan dan penanaman yang mudah membuat tanaman hias bunga semakin banyak diminati.

Tanaman hias bunga juga biasa dijadikan untuk mempercantik sebuah dekorasi bangunan hingga pesta pernikahan. Banyak orang yang menjadikan tanaman hias bunga sebagai hobi hingga salah satu cara mendapatkan penghasilan.

1. Alamanda

tanaman hias bunga
alamanda – oxfordpoetryelection.com

Bunga alamanda merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Teangah dan Selatan. Tanaman hias alamanda lebih dikenal dengan nama bunga terompet emas, bunga buttercup, atau bunga lonceng kuning. Bunga dengan ciri khas warna kuning ini mampu tumbuh hingga diameter 5-7 cm. Panjang maksimalnya bisa mencapai 16 cm.

Alamanda sangat cocok ditanam di daerah tropis seperti indonesia pada ketinggian dibawah 700 mdpl. Pertumbuhan alamanda dipengaruhi oleh banyaknya intensitas sinar matahari yang masuk. Semakin banyak maka semakin baik. Untuk mempercepat pertumbuhannya, alamanda lebih baik ditanam dengan media tanah berpasir yang kaya kan bahan organik.

2. Amarilis

tanaman hias bunga
amarilis – pinterest.com

 

 

Bunga amarilis memiliki nama latin hippeastrum. Bunga amarilis sangat mudah ditanam dan mampu bertahan hidup dari cuaca yang tidak menentu. Tanaman hias ini bahkan bisa ditanam pada negara yang mengalami 4 musim. Meskipun sebenarnya amarilis termasuk bunga tropis karena berasal dari Afrika Selatan.

Pada negara yang memiliki 4 musim, bunga amarilis akan mengalami satu kali masa tidak aktif. Masa tersebut terjadi ketika musim dingin. Bunga amarilis sangat mudah ditanam, bahkan di dalam pot sekalipun. Umumnya bunga amarilis berwarna merah, merah muda, orange, putih, hingga kombinasi warna.

3. Bunga Bougenville

jenis tanaman hias bunga
bougenville – thingpic.com

 

Tanaman hias bunga bougenville merupakan salah satu tanaman hias populer di daerah tropis. Tanaman hias ini sering kita jumpai ditanam di halaman bagian dalam di stasiun kereta Indonesia. Bougenville merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan dengan nama ilmiah bougainvillea. Karena memiliki bentuk yang tipis, tanaman ini juga sering disebut dengan bunga kertas.

Bougenville memiliki beberapa warna khas seperti merah jambu, merah menyala, ungu, putih, jingga, dan kombinasi warna. Ada cara unik untuk membuat bunga bougenville tetap berbunga sepanjang tahun. Jika bunga jenis lain biasanya harus diberi pupuk dan air yang lebih banyak, bougenville cukup ditempatkan pada tempat dengan pencahayaan matahari yang baik. Selain itu, kurangi kadar pemberian air dan pupuk.

4. Jenis Tanaman Hias Bunga Geranium

jenis tanaman hias bunga
geranium – youtube.com

 

 

Kata geranium mungkin tidak asing di telinga kita. Geranium merupakan salah satu campuran yang bias dipakai untuk spray anti nyamuk. Geranium merupakan salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari Afrika Selatan. Bunga ini memiliki beberapa warna seperti putih, ungu, dan merah.

Bunga geranium yang ditanam di Indonesia biasanya mekar pada musim panas. Pada masa itu, bunga ini akan mengeluarkan warna indahnya dengan kombinasi warna pada bunga dan kelopaknya. Cara perawatannya  yang mudah membuat bunga ini banyak di tanam di Indonesia.

5. Bunga Kembang Sepatu

jenis tanaman hias
kembang sepatu – commonns.wikipedia.org

 

Kembang sepatu memiliki  nama latin Hibiscus rosa sinensis yang berasal dari daerah Asia Timur. Bunga ini diresmikan sebagai bunga nasional Malaysia pada tahun 1960. Ciri khas tanaman hias ini adalah mempunyai daun mahkota selapis dengan warna yang familiar seperti putih, kuning, oranye, merah tua dan merah muda.

Ciri khas lain bunga kembang sepatu adalah jumlah kelopaknya yang berjumlah 5 helai setiap bunganya. Bunga ini mempunyai putik yang menjulur ke luar dari dalam bunga. Di India, bunga kembang sepatu digunakan untuk menyemir sepatu. Sedangkan di Cina, bunga kembang sepatu yang berwarna merah dijadikan bahan pewarna makanan.

6. Bunga Kemuning

jenis tanaman hias bunga
bunga kemuning – embundankaca.wordpress.com

Bunga kemuning biasa ditanam di halaman Rumah Gadang, Minagkabau. Di Indonesia, bunga ni mempunya nama berbeda di beberapa daerah. Contohnya seperti kamuning di Jawa, kuning di Bali, kamuniang di Minagkabau, dan kamuni di daerah Ambon. Bunga ini mempunyai ciri khas daunnya seperti daun jeruk.

Masyrakat  daerah Indonesia biasa menggunakan bunga kemuning untuk obat diare. Masyarakat Minangkabau yang biasa menanam bunga ini di halaman rumah mereka menggunakan tangkai bunga kemuning untuk golok (minang: ladiang). Kayu kemuning yang alot biasa dimanfaatkan untuk membuat sempoa dan tongkat.

Jenis Tanaman Hias Daun

jenis tanaman hias daun
tanaman hias daun – xinature.com

Salah satu jenis tanaman hias yang banyak ditanam di Indonesia adalah tanaman hias daun. Beberapa jenis tanaman hias daun memiliki bentuk daun yang unik dan memiliki beberapa manfaat herbal. Berbeda dengan tanaman hias lainnya yang cenderung dilihat indah karena bunganya. Tanaman ini menarik karena keunikan daunnya.

Beberapa jenis tanaman hias daun ditanam karena keunikan daunnya. Namun beberapa juga ditanam karena mengandung manfaat yang luar biasa. Salah satunya adalah daun lidah buaya yang mengandung banyak vitamin. Selain itu, ada beberapa tanaman hias daun lain yang tidak kalah unik. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Tanaman Hias Daun Lidah Buaya

jenis tanaman hias daun
lidah buaya – vajnoe.com

 

Lidah buaya atau aloe vera biasa digunakan sebagai penyubur rambut dan perawatan kulit. Bahkan merk shampo dan perawatan kulit ternama dunia menggunakan lidah buaya sebagai campuran produk mereka. Bahkan sekarang lidah buaya mulai digunakan untuk bahan makanan, minuman, hingga bahan utama industri farmasi.

Masyarakat Indonesia yang paham akan manfaat lidah buaya biasa menanamnya di depan rumah dengan media pot. Banyaknya manfaat lidah buaya menjadi salah satu alasan tanaman ini ditanam oleh banyak orang. Selain untuk menumbuhkan rambut, lidah buaya juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan.

2. Keladi Red Star

jenis tanaman hias daun
keladi red star -pinterest.com

 

Keladi merupakan jenis tanaman hias yang beracun. Meskipun begitu, keindahan daunnya membuat orang lupa akan kandungan racunnya. Bentuk daun yang seperti lambang cinta yang melonjong ke bagian bawah merupkan ciri khas keladi red star.

Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini mulai disebarkan ke seluruh penjuru dunia pada abad ke-18. Ciri khas daunnya adalah mempunyai lapisan lilin dan ukuran yang tidak lebih dari satu meter. Keladi red star mudah ditanam di daerah tropis bahkan Eropa.

3. Palem Zamia

jensi tanaman hias daun palem zamia
palem zamia – wikipedia.org

 

Tanaman hias daun selanjutnya adalah palem zamia. Tanaman hias yang satu ini memiliki nama latin zamia furfuracea yang berasal dari daerah gurun Meksiko. Daun palem zamia memiliki ciri khas dengan tekstur keras seperti kartu. Itulah sebabnya di negara asalnya tanaman ini diberi nama cardboard.

Palem zamia dapat tumbuh dengan maksimal di daerah dataran rendah. Perawatannya cukup dengan menyiram sehari sekali dan ditanam pada media pot diameter 60 senti. Supaya pertumbuhannya maksimal, gunakan pupuk kandang dan pasir sebagai media tanam.

4. Kuping Gajah

jenis tanaman hias daun
kuping gajah – gardeningtrips.com

 

Tanaman hias kuping gajah atau anthurium memiliki beberapa jenis yang banyak ditanam di Indonesia. Salah satunya adalah talas yang biasa ditanam untuk dimanfaatkan umbinya sebagai bahan konsumsi masyarakat. Sebagian lagi ditanam dengan media pot dengan ukuran yang kecil dan tidak berumbi.

Pada umumnya, kuping gajah memiliki ciri khas dengan corak daun yang terbentuk dari tulang-tulang daun. Lapisan lilin menghiasi bagian luar daun sehingga akan membuat bola air apabila ada air yang jatuh ke atas daun. Kuping gajah tidak membutuhkan perawatan khusus dalam penanamannya. Hanya saja untuk jenis yang berumbi seperti talas biasanya ditanam dengan media tanah yang gembur.

5. Lili Paris

jenis tanaman hias
lily paris – detoxyourbod.yco

 

Lili paris adalah tanaman hias daun jenis semak yang berasal dari Afrika Selatan. Tanaman ini memiliki tingkat adaptasi yang sangat tinggi sehingga cocok ditanam di berbagai tempat. Bahkan tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan dengan sedikit sinar matahari.

Warna daun yang menarik dan bentuknya yang terurai ke tanah menjadi ciri khas tanaman ini. Lili paris sangat cocok untuk menambah indah dekorasi rumah minimalis maupun modern. Untuk memeperindah penampakannya, anda dapat menggunakannya sebagai tanaman gantung di rumah.

6. Kantong Semar

tanaman hias kantong semar
kantong semar – desastuces.com

 

Tanaman hias kantong semar merupakan tanaman khas Indonesia dengan penyebaran terbanyak di pulau Sumatra dan Borneo. Tanaman hias ini masuk jenis tanaman raksasa karena dapat mencapai ketinggian 20 meter. Keunikan kantong semar adalah kantong yang berfungsi sebagai alat perangkap untuk memangsa serangga dan katak.

Oleh karena itu, kantong semar termasuk jenis tumbuhan karnivora. Kantong semar umumnya dibagi menjadi dua jenis berdasarkan habitatnya. Jenisnya yaitu dataran rendah dan dataran tinggi. Bahkan tumbuhan ini dapat tumbuh di ketinggian yang ekstrim hingga 3.502 mdpl.

7. Sansevieria

tanaman hias daun
sansevieria – plantant.com

 

Di Indonesia, sansevieria lebih dikenal dengan nama tanaman lidah mertua. Ujung daunnya mempunyai duri yang tajam dengan bentuk daun memanjang. Sansevieria juga biasa dikenal dengan nama tanaman pedang-pedangan karena bentuknya yang sedikit mirip pedang.

Tumbuhan ini tetap dapat tumbuh di daerah kering. Namun pertumbuhannya akan lebih baik jika ditanam pada media tanah lembap atau basah. Warna daun tanaman lidah mertua yang umum adalah hijau dengan garis luar berwarna kuning. Tanaman ini juga bermanfaat sebagai obat wasir dan penyubur rambut.

8. Philodendron

tanaman hias philodendron
philodendron – mandarin-shop.ru

 

Philodendron berasal dari bahasa Yunani yang berati pohon cinta. Philodendron dapat mudah tumbuh di hutan tropis seperti di Indonesia. Tanaman ini menyukai daerah lembap seperti rawa, pegunungan tropis,  dan tepi sungai. Tumbuhan jenis ini merambat dengan bantuan akarnya.

Tanaman hias philodendron banyak digunakan untuk menghiasi taman dan ruangan. Karena termasuk tanaman yang merambat, sebaiknya siapkan lahan yang luas untuk menanam philodendron. Karena jika tidak, pertumbuhannya akan terganggu dan tidak menghasilkan nuansa indah dipandang.

9. Kadaka

jenis tanaman hias daun
kadaka – tokopedia.com

Tanaman hias kadaka bias disebut dengan si sarang burung. Bahasa latin tanaman ini adalah Asplenium sp. Masyarakat Indonesia biasa menempelkan kadaka pada batang pohon untuk mempercantik pohon itu sendiri. Namun tumbuhan ini juga dapat ditanam menggunakan pot.

Ciri khas kadaka adalah daunnya yang panjang terurai dengan warna hijau atau hijau kekuningan. Tanaman ibi dapat menjadi salah satu alternatif untuk mepercantik halaman, bagian dalam, hingga atap rumah. Perawatannya yang mudah juga menjadi salah satu nilai plus tanaman ini.

10. Calathea

jenis tanaman hias daun
calathea – study blue.com

Calathea merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan. Ciri khas calathea adalah adanya akar rimpang di bawah tanah. Daun-daunnya berbentuk oval dengan batang yang berwarna merah atau ungu. Bagian tepi daun calathea dapat berwarna kecoklatan jika dirawat dengan baik.

Tanaman hias ini cocok ditempatkan di dalam rumah karena tidak membutuhkan banyak air untuk merawatnya. Cukup tempatkan pada tempat yang cukup lembap dengan penyinaran matahari yang sedang-sedang saja. Tanaman ini akan mempercantik ruangan anda tanpa harus sering-sering menyiramnya.

Jenis Tanaman Hias Gantung

jenis tanaman hias gantung
pinterest.com

 

Tanaman hias gantung biasanya digunakan untuk mempercantik bagian dalam rumah dan dinding bangunan. Nuansa bunga yang disimpan menggantung dapat mempercantik dekorasi rumah. Selain itu, bunga yang digantung dapat menyegarkan udara jarena biasanya udara yang kita hirup berasal dari udara yang berhembus di bagian atas.

Beberapa jenis tanaman hias gantung sangat digemari di Indonesia. Contohnya seperti bunga anggrek dan begoni. Penempatan posisi yang sesuai dengan ukuran bunga dan tempat penyimpanan sangat mempengaruhi keindahan bunga. Berikut ini beberapa referensi tanaman hias gantung untuk mempercantik rumah anda.

1.Begonia

jenis tanaman hias
begonia – gardenersworld.com

 

 

 

Begonia adalah salah satu jenis tanaman hias gantung yang mempunyai warna yang mencolok dan beraneka ragam. Nama bunga begonia diambil dari nama mantan gubernur koloni Perancis Haiti, Michael Begon. Tanaman ini awalnya tersebar di negara dengan iklim lembap subtropis dan tropis.

Negara asal begonia adalah Amerika Selatan, Amerika Tengah, Asia Selatan dan Afrika. Kini bibit tanaman ini dapat didapatkan dengan mudah di toko bunga. Namun untuk penggunaanya saya sarankan di luar rumah. Penyebabnya karena begonia rawan terkena kutu putih, tungau, dan lalat putih.

2. Fuchsia

jenis tanaman hias gantung
fuchsia – vanmeuwen.com

Bunga fuchsia lebih dikenal dengan bunga anting india atau bunga lampion. Bunga fuchsia dapat tumbuh sepanjang tahun sehingga cocok sebagai tanaman hias. Awalnya bunga ini berasal dari pegunungan Haiti di India. Kini bunga yang dapat tumbuh di daerah tropis ini sudah dapat ditanam di daerah Indonesia.

Biasanya bunga fuchsia atau anting India ini dibudidayakan dengan menanam bijinya. Bunga ini cocok ditanam pada media pot. Media yang digunakan pada pot baiknya menggunakan sekam bakar, pupuk organik, dan tanah subur. Cara perawatannya dengan menyiram air sebanyak 250 ml setiap hari. Gunakan juga pupuk organik sebulan sekali.

3. Lantana

jenis tanaman hias gantung
lantana – minnesotagardeningfun.blogspot.com

Bunga lantana memiliki warna bunga yang bermacam-macam. Beberapa diantaranya seperti biru, kuning, dan orange. Cara budidaya bunga lantana cukup rumit pada proses pemeliharaanya. Hal itu disebabkan karena habitat asli bunga lantana adalah di pegunungan dan merupakan jenis tanaman semak.

Bunga lantana dapat di budidaya dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan menyemai biji dengan proses yang lebih lama. Cara yang lebih cepat adalah dengan memutus rumpun induk dari tanaman lantana. Usahakan ketika memotongnya supaya tidak merusak akar. Karena jika akarnya rusak, hasilnya tidak akan maksimal.

4. Tanaman Hias Gantung Lobelia

jenis tanaman hias gantung
lobelia – chloeelan.com

Bunga lobelia memiliki ciri khas dengan ukuran bunga yang kecil, beraneka ragam warna, dan jumlah bunga yang banyak. bunga ini cocok untuk dijadikan hiasan di dinding rumah yang kurang berwarna. Memelihara bunga lobelia dipercaya dapat mengurangi tingkat stress seseorang. Jumlah bunga yang banyak menjadi daya tarik sendiri untuk menjadikan bunga ini sebagai hiasan.

Bunga lobelia umumnya berwarna ungu, biru, putih, merah, dan kuning. Beberapa jenis lobelia bahkan ada yang berwarna merah dan pink. Jika ditanam dengan cara digantung, juntaian bunga akan terlihat lebih indah. Tanaman yang cantik ini akan mudah tumbuh jika ditanam dengan media tanah tang sudah dicampur pupuk kandang.

5. Portulaca

jenis tanaman hias gantung
portulaca – apuliaplants.it

 

 

Salah satu jenis tanaman hias gantung adalah portulaca. Jenis portulaca yang paling sering ditanam di Indonesia adalah portulaca pursane dan grandiflora. Nama lain yang lebih familiar dengan bunga ini adalah bunga pukul 10. Nama itu diberikan karena bunga ini biasanya mekar pada jam 9 sampai jam 10 pagi.

Keunikan bunga portulaca adalah bunga akan menguncup dan layu pada sore hari. Bunga ini akan kembali mekar pada pagi hari dan meneruskan siklus mekar layu sehari-hari. Tanaman hias yang satu ini juga termasuk tanaman yang strong karena tidak rentan terhadap hama dan penyakit.

6. Anggrek

jenis tanamanan hias anggrek
anggrek – pinimg.com

Membahas bunga anggrek, saya jadi teringat dengan film Anacaonda yang shooting di Indonesia. Waktu itu anggrek merah menjadi salah satu tumbuhan yang dicari pada film tersebut. Anaconda dan anggrek itu anggap saja sebagai prolog untuk membuat kata pada artikel ini sedikit lebih banya, hehe. Penjelasan singkat mengenai bunga anggrek gantung silahkan dibaca dibawah.

Anggrek sangat terkenal bagi pecinta tanaman hias di Indonesia. Bunga ini banyak di budidaya karena keberaneka ragaman warna, jenis, bentuk, dan mudahnya cara penanaman hingga pemeliharaan. Bunga angggrek tidak membutuhkan banyak air dalam pemeliharaan dan mudah beradaptasi dengan suhu di daerah Indonesia.

***

Sekian artikel saya mengenai jenis tanaman hias. Jika ada yang mau menambahkan atau mengoreksi tulisan silahkan isi kolom komentar dibawah.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.