});

Kata-kata Motivasi Bahasa Sunda Lengkap dengan Penjelasan

Berikut ini kumpulan kata kata motivasi bahasa sunda. Materi ini sering dipelajari oleh pelajar yang di sekolahnya diwajibkan mempelajari bahasa Sunda. Biasanya sekolah yang mengadakan mata pelajaran bahasa ini digunakan di sebagian besar daerah Jawa Barat. Berikut ini beberapa kata-kata motivasi bahasa Sunda yang bisa digunakan untuk menambah pengetahuan atau untuk menaikkan kepercayaan diri.

Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang banyak digunakan di Indonesia terutama daerah Jawa Barat. Bahasa sunda memiliki beberapa keunikan seperti intonasi, ragam bahasa seperti kasar, halus, bahkan kata-kata motivasi bahasa Sunda. Uniknya kebudayaan dan bahasa yang digunakan membuat banyak orang ingin mempelajari bahasa Sunda.

1. Sing Percaya Kana Diri

kata kata motivasi bahasa sunda
pixabay.com

Sing percaya kana diri, nu dianti pasti ngawujud bukti asal usaha jeung percaya ka nu maha suci. Kata-kata motivasi bahasa Sunda ini mempunyai arti “harus percaya kepada diri sendiri, hal yang dinanti pasti terjadi, selama ada usah dan percaya kepada yang maha suci.

Kata mutiara sunda yang satu ini biasanya diucapkan dalam acara motivasi atau keagaamaan masyarakat Sunda. Contohnya seperti acara pengajian, perpisahan sekolah, dan pelepasan mahasiswa. Kata-kata ini mempunyai arti yang sangat dalam. Kalian harus percaya dengan kemampuan kalian sendiri, jangan sampai merasa tidak bisa apa-apa. Hal itu akan melemahkan mental juang kita untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Kalimat kedua pada kalimat mutiara ini adalah nu dianti pasti ngawujud bukti asal usaha jeung percaya ka nu maha suci. Maksudnya, apa yang kita inginkan pasti akan terjadi jika berikhtiar dan percaya kepada yang maha kuasa. Inilah salah satu bentuk sifat religius masyarakat Sunda. Mereka menyelipkan kata-kata rohani bahkan dalam kalimat mutiara. Ini berfungsi supaya mengingatkan bahwa apa yang terjadi di dunia ini semuanya atas kehendak Alloh SWT.

2. Jangan Mengatakan Hidup ini Keras

kata motivasi sunda
kiwi.qa

Ulah sok ngomong hirup ieu heuras, éta ngabuktikeun yén anjeun lemah. Kata-kata motivasi bahasa Sunda selanjutnya ini berarti “jangan mengatakan hidup ini keras, itu membuktikan kalau anda lemah.” Kata motivasi ini menuntut kita untuk tidak banyak mengeluh dan terus berusaha. Jika banyak mengeluh, itu membuktikan bahwa kita  bukanlah orang hebat.

Orang hebat yang dimaksud kata kata motivasi bahasa sunda ini adalah orang yang terus berusaha apapun rintangan yang menghadang. Tidak peduli seberapa sulit halangan, kita harus terus berusaha mewujudkan apa yang kita impikan. Jangan sampai hambatan yang menghadang menjadikan alasan untuk berhenti menggapai keinginan yang kita dambakan.

3. Jangan Terlalu Meremehkan Akhirat

kata mutiara bahasa sunda
wildanfuady.com

Tong tungkul teuing ka akherat, tong tanggah teuing ka alam dunya. Secara harfiah, kata motivasi ini berarti “jangan terlalu meremehkan akhirat, dan jangan terlalu berambisi terhadap dunia.” Kata motivasi ini termasuk kata yang religius karena mengingatkan kita akan pentingnya akhirat. Disisi lain, kata ini juga bermaksud untuk menyadarkan kita supaya tidak terlalu berambisi terhadap dunia.

Jika dikaji lebih dalam lagi, kata kata motivasi bahasa sunda ini menganjurkan kita untuk bersikap adil dalam mencari urusan dunia dan akhirat. Jika kita mementingkan dunia saja dan menomer duakan akhirat, kita tidak akan mendapat kehidupan yang layak di alam selanjutnya. Sedangkan jika kita hanya terfokus pada dunia, akan terjadi fitnah bagi diri kita sendiri, kecuali pada orang yang sudah tidak wajib mengejar dunia.

4. Diajarkan dengan Kesopanan, Dilatih dengan Kepedihan

kata mutiara bahasa sunda
walizahid.com

Ditungtun ku santun, dipiara ku rasa, dilatih ku kapeurih, di asuh lungguh, di asah ku kanyaah, disipuh ku karipuh. Arti kata-kata motivasi bahasa Sunda ini adalah “dituntun dengan santun, dipelihara dengan rasa, dilatih dengan rasa pedih, diasuh dengan peluh, diasah dengan kasih sayang, dan di didik dengan rasa susah.”

Kata ini mengibaratkan kehidupan masyarakat Sunda dengan latar belakang orangtua dengan cara mendidik yang baik. Bagaimana kesederhanaan dan pengalaman digunakan untuk membuat anaknya mandiri dan bertanggung jawab. “Dipelihara dengan rasa” adalah salah satu kutipan kata mutiara itu yang mewujudkan rasa kasih dan sayang dari orangtua yang membesarkan anaknya.

5. Jangan Menyerah Karena Kegagalan

kata mutiara sunda
tulaoshi.com

Ulah hayang ngéléhan tina kagagalan mah, kagagalan ogé teu daek ngélehan ngagalkeun aranjeun. Artinya “jangan mau menyerah dari kegagalan, karena kegagalan tidak akan berhenti membuat kita menyerah.” Sebuah kata motivasi yang sangat cocok untuk kembali membangkitkan semangat yang hampir padam karena tujuan yang belum tercapai.

Kata motivasi ini sangat menyentuh dan bisa menjadi pendorong untuk memberi motivasi. Kalau orang Sunda bilang saeutik tapi patri. Artinya meskipun sedikit tapi isinya kena ke hati. Kata mutiara ini mengandung makan supaya kita tidak menyerah hanya karena sebuah kegagalan karena itu merupakan hal yang wajar dalam proses kehidupan. Sebagai contoh, Thomas A. Edison penemu bola lampu membuat ribuan percobaan yang gagal sebelum akhirnya dapat menemukan lampu. Kuncinya adalah dengan tidak menyerah dan berputus asa.

6. Kesempurnaan Tidak Pernah Nyata

kata mutiara sunda
rotasensin.com

Kasampurnaan henteu pernah nyata, kanyataan henteu pernah sampurna. Kata-kata motivasi bahasa Sunda selanjutnya mempunyai arti “kesempurnaan tidak pernah nyata, dan kenyataan tidak pernah sempurna.” Kesempurnaan adalah satu hal yang tidak akan pernah bisa diwujudkan oleh mahluk seperti manusia. Karena pada hakikatnya, kesempurnaan hanyalah milik Alloh SWT semata. Terkadang, manusia terjebak dengan keinginan dan hawa nafsu yang tidak ada habisnya.

Pada dasarnya, keinginan untuk mendapat kesempurnaan hidup bukanlah dengan memilki segalanya. Melainkan dengan cara kita mensyukuri apa yang telah diberikan-Nya. Dengan begitu, kita akan lebih memiliki sifat qonaah dan hati yang bersih dari pada harus susah payah mencari kesempurnaan dunia yang merupakan angan-angan belaka. Karena kenyataan itu tidak pernah sempurna, dan sebuah kesempurnaan tidak pernah nyata bagi manusia.

7. Kemauan Harus Dibarengi Usaha

kata kata mutiara
pentaxforums.com

Aya kahayang bari jeung teu dibarengan usaha mah sarua jeung ngabodor. Kata motivasi yang satu ini merupakan kata yang sering terdengar saat pembicaraan di kalangan masyarakat Sunda. Artinya adalah “jika keinginan tidak dibarengi dengan usaha, sama saja bercanda.” Kata ini lebih menekankan kita untuk tidak sekedar mempunyai keinginan, tapi juga harus mewujudkan apa yang kita inginkan.

Jangan cuma duduk berdoa minta uang, tapi yang kita lakukan hanya tiduran. Tentu apa yang kita inginkan tidak akan menjadi sebuah kenyataan. Faktanya di kehidupan kita sehari-hari, banyak orang punya segudang keinginan tapi sedikit upaya untuk berjuang. Kata motivasi ini juga bertujuan supaya kita tidak terlalu menggantungkan kebutuhan kita kepada orang lain. Doa dan ikhtiar adalah dua kunci penting dalam mewujudkan keinginan.

8. Jangan Berlebihan

kata mutiara bahasa sunda
bmc.nl

Tong leumpang dina hayang, tong cicing dina embung. Tapi kudu leumpang dina kudu jeung eureun dina ulah. Maksudnya secara bahasa adalah “jangan berjalan dalam keinginan, jangan diam pada ketidakmauan. Tapi harus berjalan ketika harus, dan berhenti ketika jangan.” Makna kata mutiara ini adalah, kita harus berjalan ketika waktunya, dan berhenti pada saatnya.

Makna lain kalimat ini adalah jangan berjalan pada keinginan, karena itu akan membutakan kita terhadap dunia dan mengarahkan pada hawa nafsu yang tidak ada habisnya. Jangan pula berdiam diri pada ketidak mauan, karena akan membuat kita malas melakukan apa yang harus kita kerjakan. Lakukanlah ketika hal itu ada manfaatnya dan tinggalkanlah jika apa yang kita lakukan itu lebih banyak madhorotnya.

9. Segala Hal Harus Memakai Ilmu

kata mutiara sunda
kata kata motivasi bahasa sunda-pinterest.com

Mun teu ngopék moal nyapék mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih. Mari kita bahas kata mutiara ini dari terjemahan asli terlebih dahulu. Mun teu ngopék moal nyapék, artinya kalau tidak bekerja tidak akan makan. Mun teu ngakal moal ngakeul, kalau tidak berfikir tidak bisa memasak nasi. Mun teu ngarah moal ngarih, nah kalau yang satu ini saya juga belum tahu artinya. Di skip dulu aja ya, hehe.

Intinya, kata mutiara ini mengajarkan kita untuk melakukan sebuah usaha untuk menjalankan kewajiban. Kewajiban disini diartikan untuk mencari nafkah. Bagaimana seorang bapak mempunyai tanggungan anak dan istri. Maka dia harus berusaha memenuhi kebutuhan anak dan istrinya. Karena jika ia tidak bekerja, maka hilanglah cap sebagai tulang punggung keluarga.

10. Raih Mimpimu Dimanapun itu

kata unik sunda
kata kata motivasi bahasa sunda-twitter.com

Ulah taluk pédah jauh tong horéam pédah anggang. Jauh kudu dijugjug anggang kudu ditéang. Secara bahasa, ulah taluk pédah jauh artinya jangan mengalah hanya karena jauh. Tong horéam pédah anggang artinya jangan merasa malas hanya karena jarak. Jauh kudu dijugjug anggang kudu ditéang, jauh harus dihampiri dan jarak harus dilewati.

Maksud dari kata kata motivasi bahasa sunda yang satu ini adalah kita harus menggapai impian atau tujuan kita walau banyak rintangan terutama jarak. Contohnya, ada beasiswa di luar negri, maka kita bisa berusaha mendapatkannya untuk mewujudkan impian kita. Jangan sampai hanya karena jarak maka kita menggugurkan kewajiban untuk menggapai apa yang kita inginkan.

11. Kata-kata Motivasi Bahasa Sunda Berkomitmen dan Menepati Janji

kata mutiara sunda
kata kata motivasi bahasa sunda-charlenefrary.com

Selanjutnya, kata kata motivasi bahasa sunda yang terakhir adalah sacangreud pageuh salogak pangkék. Artinya adalah kita harus mempunyai komitmen untuk membuktikan apa yang kita katakan menjadi sebuah kenyataan. Jangan hanya bisa memberikan solusi namun tidak bisa melakukan aksi.

Setiap kata, kalimat yang keluar dari mulut kita harus bisa kita buktikan bahwa hal itu mungkin untuk diwujudkan. Arti lain kata mutiara ini adalah kita harus mempunyai komitmen dan berusaha untuk menepati janji terutama dalam lingkungan pekerjaan. Jangan sampai kita mengecewakan rekan kerja dan tidak punya kualitas personality yang bagus.

***

Sekian artikel saya mengenai kata kata motivasi bahasa sunda. Jika ada yang mau menambahkan kata mutiara yang lain silahkan mengisi kolom komentar.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.