});

Motor Drag Indonesia, Honda, Beat, Ninja, Karisma, dan Lainnya Lengkap

Motor drag Indonesia memiliki berbagai macam jenis yang dikuasai oleh 4 brand motor terkemuka. Contohnya seperti motor drag Yamaha, motor drag Honda, motor drag, Suzuki, dan motor drag Kawasaki Ninja. Berikut ini kumpulan foto dan pengetahuan tentang motor drag Indonesia.

 

Motor Drag Indonesia

Motor drag Indonesia
canonzgrafhz.blogspot.com

Motor drag Indonesia biasanya memiliki spesifikasi mesin antara 135-200 cc. Kelas mesin tersebut biasanya digunakan pada kelas motor bebek dan matic bisa mencapai 300 cc. Sedangkan untuk kelas motor berat seperti Kawasaki atau motor sport belum ada perlombaan resmi karena pihak panitia belum berani memasukkan kelas motor dengan kapasitas mesin yang terlalu besar.

Langkah ini diambil oleh Ikatan Motor Indonesia dalam membatasi kecepatan maksimum kendaraan. Pihak panitia mengklaim bahwa mekanik Indonesia belum mempunyai kapasitas mumpuni untuk membuat motor drag yang aman bagi joki di kelas motor gede.

Hal ini di satu sisi digunakan untuk membatasi angka kecelakaan di arena drag bike. Namun di sisi lain justru menghambat perkembangan dunia otomotif roda 2 di Indonesia. Hal ini juga menyebabkan Indonesia tidak memiliki mekanik-mekanik unggul yang mempunyai kualitas Internasional karena kemampuan yang kurang terasah.

 

Motor Drag Ninja

Motor drag Indonesia
ninja r -otomotifstyle.com

Kawasaki merupakan salah satu motor yang memiliki tingkat popularitas tinggi di Indonesia. Salah satunya adalah varian motor Kawasaki ninja. Mesin yang besar dan struktur mesin yang baik membuat motor ini banyak dijadikan motor drag ninja. Tidak mengherankan jika jenis motor drag ninja memiliki banyak penggemar di Indonesia.

Salah satu jenis motor ninja yang banyak dijadikan motor drag tentu saja jenis Ninja R. Alasannya karena di Indonesia baru ada kelas motor sport 2 tak yang dilombakan dalam sebuah ajang drag bike. IMI secara resmi belum menyelenggarakan kelas motor sport 4 tak di ajang drag bike. Sehingga motor ninja R menjadi satu-satunya wakil Kawasaki yang terjun di aspal drag bike Indonesia.

 

Motor Drag Beat

Motor drag Beat
youtube.com

Honda Beat adalah salah satu motor matic andalan AHM di Indonesia. Menjadi suksesor yang berhasil mengalahkan dominasi Mio yang lebih dulu hadir di Indonesia. bentuk dan kemampuan mesin yang tangguh membuat banyak orang tertarik untuk membeli motor Beat.

Bahkan motor ini banyak dijadikan sebagai motor drag Beat di berbagai kompetisi di kelas Matic Tune Up. Jika dilihat dari sejarahnya, motor Beat mulai terkenal ketika masyarakat Indonesia mengalami banyak komplain dan kendala terhadap motor Mio yang mulai berumur. Hal ini membuat para pengguna motor matic berpindah haluan pada generasi matic terbaru yang lebih baik.

Silahkan dibuka: 125+ galeri foto motor drag

Gambar Motor Drag

Motor drag FU
modifdrag.com

Di bawah ini beberapa gambar motor drag di Indonesia yang menghiasi lintasan drag bike di berbagai kompetisi. beberapa contohnya seperti motor drag Beat, motor drag Ninja, motor drag Vario, motor drag, Revo, Supra X, Scoopy, Satria Fu, Fino, Rx King, Mio, dan lain-lain.

Setiap motor mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap kelebihan tentu akan dimaksimalkan oleh tim modifikasi yang bertugas. Sedangkan kekurangan motornya akan dikurangi bahkan dihilangkan dalam setiap uji coba dan pengembangan motor.

 

Motor Drag Matic

Motor drag matic
mio – otopacu.com

Kalian mungkin tidak pernah berpikir, bahwa kelas tertinggi drag bike di Indonesia adalah motor matic. Di saat kelas motor drag bebek, sport, 2 tak dan 4 tak berada di kelas cc maksimal hanya 200 cc. Sedangkan motor drag matic di Indonesia memiliki kelas maksimal dengan mesin mencapai 300 cc.

Hal ini tentu saja merubah pandangan kalian bahwa motor matic adalah motornya kaum hawa. Nyatanya, motor matic di dunia motor drag Indonesia justru memiliki kasta yang lebih tinggi dibanding yang lain. Kasta ini tentu saja kita kaitkan dngan kapasitas mesin maksimal yang dilombakan yaitu 300 cc.

Artikel sebelumnya: motor drag Yamaha

Foto Motor Drag Scoopy

motor drag Scoopy
thecitycyclist.blogspot.com

Honda memang sebuah pabrik motor yang tidak ada matinya. Mereka tidak hanya mengeluarkan seri terbaru, Tapi juga memberi inovasi pada setiap produknya. Scoopy adalah skuter matic modern yang memiliki bentuk yang cukup unik. Memiliki body yang sedikit gemuk di bagian mesin dan head lamp besar yang menjadi cirinya.

Desain motornya ini kemudian ditiru oleh vendor Yamaha yang mengeluarkan seri Fino di tahun berikutnya. Selain digunakan untuk transportasi sehari- hari, banyak yang menggunakan motor drag Scoopy untuk kebutuhan turnamen drag bike. Para mekanik berlomba menemukan racikan yang pas agar motor ini dapat menjadi jawara di kelas matic 155 cc dan 200 cc.

 

Modifikasi Motor Drag Supra X

modifikasi motor drag Supra x
modifikasimotorracinglook.files.wordpress.com

Berawal dari sebuah regenerasi yang dilakukan dari motor Supra X dan Fit generasi pertama, Honda mengeluarkan varian Supra X dengan berbagai peningkatan. Mulai dari mesin, sistem pengapian, bentuk body, hingga teknologi pengereman dan Fuel Injection dihadirkan pada generasi Supra X selanjutnya.

Hal ini membuat pelanggan Indonesia tertarik untuk segera memiliki motor Supra X di rumah mereka. Mesin yang lebih baik dengan sistem pengapian yang bagus membuat beberapa kalangan memodifikasi motor Supra X. Gambar di atas adalah salah satu contoh modifikasi motor drag Supra x di Indonesia.

 

Foto Motor Drag Revo

Motor Drag Revo
Revo 2008 – indonesiacraft.com

Gambar di atas adalah foto motor drag Revo. Motor Revo saat ini mungkin sudah tidak banyak dijumpai di beberapa event drag bike. Akan tetapi motor ini banyak digunakan untuk drag sebelum motor bebek terbaru bermunculan. Mesin motor ini awalnya berkapasitas sebesar 100 cc saja. Akan tetapi dapat di tune up hingga 155 cc oleh tangan dingin seorang mekanik.

Pada masa jayanya, banyak tim motor drag yang menggunakan Revo sebagai mesin utama untuk mendapatkan titel juara. Akan tetapi kini mesin standar 100 cc sudah mulai ditinggalkan seiring dengan munculnya varian motor terbaru yang dikeluarkan berbagai pabrikan otomotif di Indonesia.

 

Gambar Motor Drag Vario

motor drag Vario
fcciracing.com

Vario adalah salah satu motor matic paling laku di Indonesia. Bentuknya yang memanjang terlihat berbeda dari motor matic lain yang mempunyai ukuran standar. Motor ini juga banyak dibongkar untuk dijadikan motor drag. Perusahaan besar yang mengeluarkannya merupakan salah satu daya tarik untuk menggunakan motor ini.

Beberapa jenis motor Vario yang dijadikan motor drag adalah Vario cw, Vario Tecno, dan ESP terbaru. Gambar motor drag Vario di atas membuktikan bahwa motor ini mempunyai struktur rangka yang elegan. Akan tetapi hal itu harus diimbangi dengan kualitas mesin dan kemampuan joki jika ingin memenangkan sebuah ajang drag bike.

 

Gambar Motor Drag Karisma

motor drag Karisma
Karisma – balapmotor.net

Disaat motor pada umumnya masih memiliki kapasitas mesin yang standar sekitar 110 dan 100 cc, Karisma hadir menjadi pembeda dengan mesin 125 cc-nya. Dikeluarkan pada tahun 2002 dengan keunggulan kapasitas mesin tentu saja menarik minat banyak orang.

Banyak tim mekanik motor yang bergerak cepat dan membeli motor Karisma untuk segera dibongkar dan mencari ramuan mesin yang pas. Tujuannya agar dapat segera menggunakan motor Karisma di ajang drag bike selanjutnya. Motor drag Karisma berhasil menjadi jawara di lintasan drag bike pada masa 2003-2005. Hal ini merupakan sebuah kesuksesan besar yang sangat sulit untuk terulang karena semakin ketatnya persaingan.

***

Itulah beberapa galeri motor drag Indonesia yang pernah dan masih mencatatkan sejarah di dunia balap motor Indonesia. Link artikel di atas akan membawa kalian pada artikel terkait yang lebih lengkap.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.