});

Motor Drag Tercepat di Dunia, Pembalap dan Informasi Pentingnya

Motor drag tercepat di dunia memiliki spesifikasi mesin mencapai 1.500 cc dan kecepatan terbaiknya hingga 400 km per jam. Kecepatan yang sangat luar biasa tersebut bahkan mengalahkan mobil Formula satu. Prestasi tersebut diraih karena proses modifikasi mesin yang sangat tajam.
Berikut ini beberapa motor drag tercepat di dunia menurut sumber komunitas drag bike internasional. Pengetahuan tentang motor drag internasional ini mungkin belum banyak diketahui. Jadi, pastikan kalian membacanya sampai akhir dan janga lupa share artikel ini, ya.

1. Motor Drag Tercepat di Dunia, Vantine Nitrosports

Motor drag Amerika
Dave-Vantine – cycledrag.com

Vantine Nitrosports adalah motor drag tercepat di dunia pada ajang Top Fuel Bike 2015. Motor ini dirancang oleh 2 orang mekanik, yaitu Joe Taranto dan greg Pollard. Motor ini dikendarai oleh joki handal bernama Dave Vantine.
Di dunia motor drag, biasanya pengendara atau joki lebih terkenal dibandingkan mekaniknya.

Dave Vontine juga dinobatkan sebagai pemilik rekor kecepatan terbaik pada tahun 2015. Pada tahun tersebut, Dave Vantine berhasil memaksimalkan kecepatan motornya hingga melaju dengan 410 km/jam. Rekor tersebut ia capai menggunakan motor dengan mesin Supercharged Nitro Big Puma.
Motor tunggannya merupakan seri Custom Motorcycle keluaran tahun 1995. Salah satu anggota tim yang mendesain mesin motornya adalah Larry The Spider McBride yang merupakan driver legendaris di dunia motor drag internasional.

2. Ray Price Harley Davidson

Motor drag Harley
amprotech.blogspot.co.id

Harley Davidson adalah salah satu motor kelas premium yang mempunyai kapasitas mesin besar bahkan sebelum dimodifikasi. Lalu bagaimana jika motor Harley dimodifikasi untuk motor drag? Hasilnya ternyata sangat mengagumkan, bahkan mampu membuat rekor motor drag tercepat di dunia peringkat ke 2.
Motor Harley yang juga diberi nama Samson ini dikendarai oleh Wayne Pollack. Motor yang ia gunakan adalah Harley Davidson versi Orangeburg Cycle. Motor tersebut berhasil dipacu hingga kecepatan 392,68 km per jam. Hal itu berhasil dicapai berkat kemampuan Wayne Pollack mengendarai motor Samson tersebut.
Selain pengendaranya yang handal, prestasi itu juga diraih karena Wayne Pollack memiliki mekanik dan tim yang solid. Motor Harley tunggangannya dirombak oleh Jimmy Hoy, seorang mekanik motor Amerika dan disponsori oleh Injected Nitro 175 Harley-Davidson. Tim mekaniknya sendiri dipimpin oleh Orange Burg Cycle, sebuah tim khusus modifikasi mesin motor di Amerika.

3. Scott Racing

Motor drag balap
pinterest.com

Scott Racing adalah nama sebuah motor yang dikendarai oleh Mike Scott.Motor ini berada di urutan ke-3 sebagai motor drag tercepat di dunia. Kecepatan terbaik motor ini adalah 392 km/jam. Motor yang digunakan adalah Harley Davidson dengan modifikasi chassis yang dirahasiakan dari publik.
Rekor kecepatan yang ditorehkan Mike Scott berhasil dilakukan pada tahun 2005 di ajang Top Fuel Bike. Motor yang dimiliki oleh Mike Scott ini dirombak oleh tim mekanik dari Injected nitro 151 PRP. Sebuah tim mekanik yang berasal dari Kanada.
Tim itu mendapat kepercayaan penuh dari Mike Scott untuk merombak habis kuda besi tunggangannya. Kebetulan Mike juga merupakan pembalap berkebangsaan Kanada yang lahir di St Josh, Kanada. Ia adalah salah satu pembalap yang banyak memenangkan gelar pada awal tahun 2000.

Baca juga: artikel lengkap motor drag

4. Mountain Magic 4

Motor drag super
Elmer-Trett-nationalmcmuseum.org

Mountain Magic 4 adalah motor yang dikendarai oleh Elmer Trett. Ia adalah seorang legenda joki drag bike asal Amerika. Tepatnya dari Kota Demorest, Georgia. Elmer Trett berhasil memperoleh catatan waktu terbaik pada seri drag di Indianapolis Amerika. Kejuaraan itu berlangsung pada pertengahan Agustus 1996.
Elmer Trett menggunakan motor Kawasaki Race Visions yang menggunakan 2 transmisi manual. Mekanik yang bertanggung jawab atas keberhasilannya di ajang drag race adalah Supercharged Nitro Kawasaki yang sukses merombak motor Kawasaki Elmer sehingga menjadi jawara di masa keemasannya.
Akan tetapi Elmer Trett meninggal hanya 2 minggu setelah berhasil membuat rekor motor drag tercepat di dunia pada ajang drag race. Ia mengalami kecelakaan fatal karena motornya terbakar dan meninggal dunia pada 1 September 1996. Elmer Trett juga merupakan pelopor dari motor drag bermesin 4 silinder. Ia menjadi pembalap pertama yang menggunakan mesin tersebut pada tahun 1982.

5. Ron Houniet

Motor Super Cepat
5-cycledrag.com

Ron Houniet adalah salah satu pembalap motor drag tercepat di dunia yang berhasil menjuarai ajang CMDRA Top Fuel 9 kali berturut-turut. Hal tersebut merupakan sebuah rekor yang fantastis di ajang balap drag. Selain itu, ia juga menorehkan rekor fantastis dengan akselerasi terbaik. Rekornya adalah dapat mencapai kecepatan 344 km/jam hanya dalam waktu 6,679 detik saja.
Houniet Racing adalah nama yang disematkan untuk tim balapnya. Ron Houniet lahir di Maple Ridge, British Columbia, Kanada. Daerah yang sama dengan Mike Scott yang memiliki rekor kecepatan 392 km/jam. Motor yang digunakan Ron Houniet untuk balapan adalah jenis motor Harley Davidson.
Motor tersebut mempunyai kapasitas mesin 1.500 cc dan merupakan hasil rombakan tim mekanik Injected Nitro 151 PRP. Tim ini adalah mekanik yang sama dengan Mike Scott. Karena keduanya berasal dari Kanada, tim ini ingin memberikan yang terbaik baik para rider yang berusaha mengharumkan negara mereka di ajang drag race.

6. Ray Price Harley Davidson (392 km/jam)

youtube.com

Ray Price Harley Davidson adalah salah satu motor drag tercepat di dunia. Motor ini dikendarai oleh Wayne Pollack. Ia berasal dari Karolina Utara, Amerika Serikat. Rekor terebut tercipta pada tahun 2003 pada ajang drag race musim panas di Amerika.
Rekor fantastis itu diraih oleh Wayne Pollack karena solidnya tim yang memodifikasi motornya. Jimmy Hoy adalah mekanik yang merancang motor tersebut dengan bantuan mekanik dari tim Injected Nitro 175 Harley Davidson. Sebuah tim modifikasi mesin resmi dari pabrikan Harley.
Wayne Pollack sendiri sudah mulai terjun ke dunia balap sejak usia 5 tahun. Ia memulai karirnya di kelas 250 dan 500 meter dengan trek padang pasir di Kalifornia. Selama karirnya, Wayne Pollack telah mengikuti 19 seri balapan khusus si ajang Harley Davidson. Ia berhasil memenangkan 12 titel juara, dan 3 titel runner up.
Beberapa kejuaraan dunia yang pernah ia taklukkan adalah Top Fuel Harley yang pesertanya menggunakan motor Harley secara keseluruhan. Sedangkan di kelas umum ia pernah menjadi jawara di ajang Hayabusa grag race dan berhasil mengasapi para kompetitornya.

7. Stud Racing Ltd (Athol Williams)

Motor drag Athol William
Athol William – pinterest.com

Athol William adalah salah satu pembalap drag sukses yang berhasil meruntuhkan dominasi Amerika di ajang drag bike. Williams merupakan pembalap yang berasal dari Pokeno, Selandia Baru. Rekor kecepatan terbaiknya adalah 403 km/jam yang berhasil ia torehkan pada tahun 2009 lalu.
Supercharged Nitro 92 adalah tim mekanik yang berhasil membuat motornya melaju sangat cepat. Athol William memulai karir balapnya dari balapan jalanan dan menjadi joki beberapa tim. Ia pernah menjadi joki tim Suzuki di kelas 125 cc, dan juga Kawasaki di kelas 900 cc. Kejuaraan balap yang biasa ia ikuti adalah di Australia yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan negaranya.
Rekor kecepatannya tercipta di ajang Sydney Dragway Nitro Champs pada tahun 2009. Ia juga mempunyai julukan The Flying Kiwi (kiwi terbang). Hal itu dilekatkan dengan negara Australia yang berbagai keuaraan dragnya berhasil ia taklukkan. Salah satu latar belakang kesuksesannya di dunia drag race adalah pengalamannya di Angkatan Laut Selandia Baru. Ia menjabat sebagai Marine Engineering Artificer dan belajar banyak tentang mesin di AL selama 15 bulan.

***

Beberapa informasi mengenai motor drag tercepat di dunia tadi sungguh mengagumkan. Semoga kalian menjadi tertarik mempelajari motor drag lebih dalam. Tujuannya supaya kita tidak memandang balap motor drag dari sisi yang negatifnya saja.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.