});

Penemu Kipas Angin, Gambar, Jenis, Serta Informasi Lengkap Lainnya

Penemu Kipas Angin –  Kipas angin adalah sebuah benda elektronik yang berfungsi untuk memindahkan udara di sekitarnya agar terjadi perubahan suhu. Cara kerjanya dengan mengubah daya listrik menjadi daya gerak baling-baling kipas angin. Alat ini berfungsi untuk menghilangkan panas dan membuat sirkulasi udara terjaga.

Sejarah Awal Kipas Angin

penemuan kipas angin
edisontinfoil.com

Beberapa hal sederhana menjadi alasan ditemukannya kipas angin. Pertama adalah penggunaan kipas manual yang merepotkan dan melelahkan jika digunakan untuk menghilangkan udara yang panas. Kedua adalah ditemukannya dinamo untuk menggerakkan sebuah benda secara cepat dengan putaran yang dihasilkan dari energi listrik.

Kedua hal itu melatar belakangi ditemukannya kipas angin listrik. Sebuah benda yang diciptakan untuk memberikan kemudahan untuk menghilangkan panas dan memperbaiki sirkulasi udara dalam ruangan. Penemu kipas angin merupakan seseorang yang berpengaruh pada waktu itu.

Penemu Kipas Angin

penemu kipas angin listrik
bukan gambar penemu asli – klimat-ua.com

Ilmuwan yang tercatat sebagai penemu kipas angin adalah Schuyler Skaats Wheeler. Kipas angin yang dimaksud adalah kipas angin listrik. Ia merupaka seorang insinyur listrik Amerika yang lahir pada 17 Mei 1860 dan wafat pada 20 April 1923. Schuyler Skaats Wheeler juga tercatat sebagai penemu beberapa alat lain seperti lift listrik dan mesin pemadam kebakaran dengan daya listrik.

Schuyler Skaats Wheeler dilahirkan di New York pada 17 Mei 1860. Ia dilahirkan dari seorang Ibu bernama Annie Wood Skaats Wheeler. Ayahnya bernama James Edwin bekerja sebagai pengacara di kota kelahirannya. Wheeler belajar di Columbia Grammar and Preparatory School. Pasca ayahnya meninggal pada tahun 1881, ia memutuskan untuk berhenti kuliah.

Karir Schuyler Skaats Wheeler

pembuatan kipas angin pertama
jianshu.io

Schuyler Skaats Wheeler pernah menjabat sebagai asisten listrik di Yablochkof Electric Lightning Company. Setelah itu pada tahun 1883 ia bergabung dengan United States Electric Lightning Company hal itu didasari karena perusahaan sebelumnya tidak lagi bergerak di bidang listrik.

Ia tergabung dalam staf teknik Thomas A. Edison dan menjadi bagian dari proyek pembuatan lampu pijar pertama. Di masa inilah kemampuannya di bidang kelistrikan meningkat tajam. Wheeler juga pernah menjabat sebagai general manager dari proyek perencanaan pembangunan bawah tanah seperti gorong-gorong dan saluran air yang dipimpin oleh Thomas Edison.

Pada tahun 1884 sampai 1885 Wheeler bekerja di Herzog Teleseme Company sebagai teknisi listrik. Setahun kemudian, ia menjadi bagian dari proyek riset C and C Elektric Motor Company bersama 2 ilmuwan lain, Francis B. Crocker dan Charles G Kurtis. Mereka kemudian mendirikan perusahaan yang memproduksi motor listrik.

Kipas Angin Listrik Pertama, Peran, dan Penghargaan yang Diraih

kipas angin pertama
japantimes.co.jp

Schuyler Skaats Wheeler menemukan kipas angin pada tahun 1892. Kipas angin pertama yang ia buat menggunakan 2 baling-baling yang digerakkan oleh motor listrik. Karena penemuannya ini, ia dianugerahi John Scott Medal pada tahun 1904 oleh Franklin Institute. Sebelumnya ia juga mendapatkan gelar Doktor kehormatan dari Hobart College pada tahun 1894.

Columbia College juga menganugerahinya gelar Master of Science di tahun 1912. Selain seorang ilmuwan listrik, Wheeler juga aktif di berbagai organisasi. Ia menjadi anggota American Society of Civil Engineers, American Society of Mecanical Engineers, American Institute of Electrical Engineers (menjadi presidennya selama 1905-1906).

Cara Kerja Kipas Angin

penemu kipas angin
ferrosmartfans.com

Kipas angin listrik bergerak dengan mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Baling-baling kipas angin digerakkan melalui motor listrik. Gerakan memutar baling-baling kipas angin dihasilkan dari gaya tolak menolak yang dihasilkan dari magnet yang dipasang pada motor listrik.

Baling-baling kipas angin dipasang dengan cara dikaitkan pada poros motor listrik. Sehingga membuat baling-baling berputar dengan kecepatan yang sesuai dengan motor listrik. Semakin besar putaran kipas angin, maka daya listrik yang dibutuhkan akan semakin besar.

Komponen Kipas Angin

komponen kipas angin
howacarworks.com

Supaya dapat berfungsi dengan baik, sebuah kipas angin harus memiliki komponen yang sesuai. Beberapa merupakan komponen pokok seperti baling-baling, dan ada beberapa komponen lainnya seperti dibawah ini:

  1. Baling-baling, berfungsi untuk memindahkan angin ke arah yang diinginkan.
  2. Kabel power, sebagai media untuk menghantarkan aliran listrik.
  3. Saklar untuk menyalakan dan mematikan daya.
  4. Gulungan dinamo untuk menggerakkan baling-baling.
  5. As sebagai tempat untuk memasang baling-baling.
  6. Kunci baling-baling yang dipasang supaya kipas tidak terlepas.
  7. Motor rotary berfungsi sebagai penggerak arah kipas.

Muslim? lihatlah sekarang indahnya sketsa kaligrafi

Jenis-jenis Kipas Angin

Seiring dengan perkembangan zaman, kipas angin mengalami metamorfosa yang sangat banyak. Mulai dari perubahan desain yang semakin elegan hingga ukuran dan jenis yang kian beragam. Berikut ini jenis-jenis kipas angin yang dibedakan berdasarkan fungsi dan keunikannya.

1. Kipas Angin USB

kipas angin usb
amazon.com

Kipas angin USB adalah kipas angin dengan bentuk yang kecil dan dapat berputar dengan daya listrik yang minim. Ciri khas kipas angin ini adalah mempunyai colokan kabel USB sebagai media penghantar listrik. Kipas ini biasanya digunakan oleh seseorang dengan mobilitas tinggi. Selain mudah dibawa, kipas angin USB sangat simpel dalam penggunaannya.

Cukup memasukkan colokan USB pada benda elektronik lain. Contohnya seperti laptop, TV, komputer, bahkan HP sekalipun. Kipas angin USB sangat cocon untuk sekedar menjadi teman ketika aktivitas sehari-hari. Benda ini sangat bermanfaat terutama bagi warga Indonesia yang memiliki musim panas. Ukuran yang mini membuat kipas angin ini mudah dibawa dan banyak diminati.

2. Kipas Angin Portabel

kipas angin portabel
amazon.com

Apa perbedaan kipas angin portabel dengan kipas angin USB? Apa hayoo? Perbedaan yang mencolok dari kedua jenis kipas angin ini adalah tentang baterainya. Kipas angin USB baru dapat berputar jika dicolokkan pada benda elektronik yang dapat menghantarkan listrik melalui kabel USB. Sebuah revolusi yang digunakan pada sebuah kipas angin berbentuk mini.

Pengertian dari portabel sendiri adalah alat yang dapat dibawa dengan mudah. Salah satu cirinya tentu dengan ukuran yang kecil. Kipas angin portabel dikembangkan dengan menggabungkan dua unsur sekaligus. Yaitu dengan ukuran yang bersahabat dan daya baterai yang kuat. Kedua hal ini merupakan daya tarik yang dapat menjadikan konsumen tertarik untuk membeli kipas angin portabel.

Baterai yang digunakan untuk kipas angin portabel biasanya jenis Lithium Ion battery. Alasannya karena baterai jenis ini dapat menyimpan banyak daya dengan kapasitas ruangan dan ukuran baterai yang kecil. Kipas angin ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai sesuatu yang simpel. Tidak perlu mencari colokan ataupun sumber listrik. Cukup charge kipas angin sebelum digunakan, dan nyalakan daya kipas ketika anda mebutuhkan hembusan angin supaya menghilangkan udara panas yang kalian rasakan.

Baca juga: cara membuat kaligrafi sederhana

3. Kipas Angin Cosmos

kipas angin cosmos
youtube.comKipas angin

Kipas Angin Cosmos merupakan salah satu merek kipas angin yang banyak dicari di Indonesia. Alasan utamanya karena variasi produknya yang sangat banyak. Tersebarnya pusat service yang ada di setiap daerah juga membuat kipas angin ini banyak dicari. Alasan paling utama tentu saja ketersediaan produk di penjual yang berada dekat dengan rumah penduduk. Sebuah nilai plus dari kemudahan proses jual beli yang diinginkan pelanggan.

Masalah harga juga menjadi sebuah alasan pembeli mengeluarkan uang untuk kipas angin Cosmos. Harganya yang bisa dibilang terjangkau membuat kipas angin Cosmos menjadi primadona di tanah Indonesia. Banyak perusahaan lain yang mencoba untuk terjun ke bidang elektronik kipas angin. Namun keperkasaan Cosmos sulit untuk direbut oleh produsen lain.

Harganya sesuai dengan kantong rata-rata masyarakat Indonesia yang berpenghasilan menegah ke bawah. Keunggulan yang sangat sulit untuk ditaklukkan oleh produsen manapun. Bahkan masyarakat Indonesia sudah memberi label kipas angin dengan Cosmos. Sama seperti air mineral yang di cap dengan kata Aqua, apapun merknya. Mungkin Cosmos bisa dilabeli sebagai penemu kipas angin di Indonesia, haha.

4. Kipas Angin Duduk

cara kerja kipas angin
saga.co.uk

 

Sesuai dengan namanya, kipas angin duduk adalah kipas angin yang penggunaanya diatas lantai dengan tinggi sama dengan orang yang sedang duduk. Kipas ini mempunyai kaki penahan yang cukup pendek. Biasanya kipas jenis ini digunakan pada meja kerja atau lantai rumah. Penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya.

Kipas angin duduk sebaiknya tidak digunakan bagi kalian yang mempunyai anak kecil di rumah. Lebih baik menyembunyikan kipasnya jika terlanjur membeli. Penggunaan kipas duduk di rumah yang ada bayinya sangat rawan bagi keselamatan bayi. Lebih baik mencegah dari pada memperbaiki, lebih baik menjaga dari pada mengobati.

5. Kipas Angin Gantung

kipas angin gantung
aliexpress.com

Kipas angin gantung umumnya digunakan pada rumah, kantor, atau gedung yang memiliki atap yang lumayan tinggi. faktor keamanan juga harus diperhitungkan saat memutuskan untuk memakai kipas angin ini. Sempat booming di Indonesia berita seorang ayah yang tidak sengaja melempar anaknya ke atas dan mengenai kipas gantung.

Penyebab utamanya karena kelalaian sang ayah dan dipengaruhi faktor ketinggian atap rumah yang tidak sesuai. Pemasangan kipas angin gantung yang indah dan disesuaikan dengan desain bangunan dapat memperindah interior bangunan. Contohnya seperti gambar di atas, bagaimana sebuah kipas angin dipadukan dengan lampu dan warna dinding yang gelap. Hal itu membuat dinding rumah terlihat lebih indah.

6. Kipas Angin Dinding

kipas angin dinding
kincrome.com.au

Bagi kalian yang sering mengunjungi tempat tertentu seperti Puskesmas, dokter umum, atau ruang tunggu di sebuah tempat pasti sering melihat kipas angin dinding. Kipas dengan ukuran cukup besar dan hembusan angin yang sangat menyejukkan. Kipas ini juga sering digunakan di berbagai tempat dengan kapasitas orang yang banyak seperti masjid, bandara, stasiun, dan lainnya.

Intensitas angin yang besar merupakan salah satu ciri khas dari kipas angin dinding. Meskipun baru ditemukan beberapa tahun ke belakang, kipas angin dinding dapat eksis dengan cepat. Ini menjadi solusi untuk menghilangkan gerah karena udara panas yang biasanya terjadi pada tempat umum dengan jumlah pengunjung yang banyak.

7. Kipas Angin Modern

kipas angin modern
pixabay.com

Perkembangan zaman menuntut manusia agar terus berkembang. Memperbaiki sebuah kesalahan atau menambahkan sebuah inovasi untuk memperindah sebuah benda. Kipas angin modern merupakan salah satu contoh bahwa inovasi sangat diperlukan demi menjaga kepuasan konsumen.

Salah satu contohnya adalah kipas angin dengan baling-baling yang berbahan bambu. ditambah dengan lampu bercahaya kuning di tengah kipas angin yang membuat ruangan menjadi enak dipandang. Sebuah inovasi yang merupakan hasil dari pemikiran manusia yang terus berkembang. Menghasilkan sebuah karya seni yang digabungkan pada benda yang mempunyai fungsi penting bagi kenyamanan banyak orang.

8. Kipas Angin Unik

kipas angin unik
pixabay.com

 

 

Kipas angin unik banyak dicari oleh orang-orang yang mencintai seni. Bentuk yang cenderung berbeda menjadi salah satu keunggulan yang sulit ditemukan pada kipas angin pada umumnya. Contoh adalah kipas angin dengan bentuk bunga yang satu ini. Desain yang mungkin tidak terpikirkan oleh penemu kipas angin pertama.

Selain itu, kipas angin ini juga sebenarnya merupakan menggabungkan desain dari kipas angin tangan. Perhatikan baik-baik bentuk baling-balingnya satu persatu. Bentuk kipas angin tangan khas Cina merupakan bentuk yang diambil untuk menjadi desain utama kipas angin ini.

Keunikan kipas angin dengan bentuk bunga ini dapat memperindah interior rumah anda. Penggunaannya juga cocok dengan ruangan yang memiliki warna cat yang berbeda. tidak masalah baik itu cat gelap ataupun terang. Kipas angin ini akan membuat desain rumah anda terlihat unik.

***

Sekian ulasan saya tentang penemu kipas angin. Beberapa informasi tambahan saya cantumkan sebagai pelengkap sebuah artikel. Semoga artikel ini memberi pengetahuan baru bagi kalian semua.

Baca juga: penemu bom atom

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.