});

Penemu Mesin Diesel, Cara Kerja, Perkembangan, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

Penemu mesin diesel adalah seorang ilmuwan jenius di bidang mesin. Nama lengkapnya dapat kalian temukan di artikel ini. Beberapa informasi penting lainnya yang belum kalian ketahui juga akan dibahas disini. Beberapa diantaranya mungkin tidak pernah kalian sangka tentang mesin diesel. Berikut ini pembahasan lengkapnya.

 

Mesin Diesel

mesin diesel
mesin diesel – informiere-dich.de

 

Mesin diesel merupakan sebuah alat atau mesin untuk menkonversi bahan bakar supaya menghasilkan tenaga yang besar. Mesin diesel menggunakan kompresi panas untuk menghasilkan tenaga melalui bahan bakar yang telah diinjeksikan. Mesin diesel biasanya digunakan untuk penggunaan alt-alat berat.

Beberapa contohnya seperti traktor, mesin penyedot air, alat berat kebutuhan industri dan pembangunan, serta mesin otomotif seperti mobil, lokomotif, dan kapal selam. Pada umumnya, mesin diesel menggunakan solar sebagai bahan bakarnya. Pada awal penemuannya, mesin diesel pernah di uji coba menggunakan bahan bakar dari debu batu bara dan biodiesel seperti minyak kacang.

Mesin diesel mempunyai cara kerja auto-ignition. Inilah yang membedakannya dengan mesin bensin tang bekerja dengan prinsip spark-ignition. Perbedaan kata auto dan spark dalam masalah ini adalah bahwa mesin diesel bersifat terbakar sendiri, sedangkan spark pembakarannya dipicu oleh percakin api melalui busi. Karena membutuhkan energi supaya bahan bakar terbakar sendiri, mesin diesel biasanya diatur supaya memiliki suhu minimum 500º celcius.

 

Penemu Mesin Diesel

penemu mesin diesel
manotransportas.lt

 

Penemu mesin diesel lahir di Paris, Perancis pada 18 Maret 1858. Nama lengkapnya adalah Rudolf Christian Karl Diesel, atau lebih sering disebut Rudolf Diesel. Ayahnya adalah Theodor Diesel bekerja sebagai tukang kulit, dan ibunya bernama Elise Strobel. Kedua orangtuanya merupakan orang Jerman asli yang berasal dari Kota Augsburg.

Saat Rudolf Diesel berusia 12 tahun, ia dan keluarganya diusir ke London. Alasannya karena pada tahun 1870 terjadi perang Perancis-Prusia. Pemerintah Perancis memutuskan untuk mengusir masyarakat non-Perancis dari negara mereka.

Setelah beberapa tahun menetap di London, Rudolf Diesel disuruh ayahnya untuk bersekolah di Augsburg. Ia melanjutkan pendidikannya yang sebelumnya ia jalani di Perancis. Ketika melanjutkan sekolah, ia tidak bisa lulus tepat waktu pada tahun 1979 karena menderita sakit tifus (tipes).

Selama bersekolah di Jerman, ia memiliki kesempatan untuk praktek di Gebrüder Sulzer Maschinenfabrik in Winterthur, sebuah perusahaan mesin yang terletak di Swiss. Rudolf Diesel berhasil lulus di tahun berikutnya dari Universitas Teknik di Muenchen dan melanjutkan hidupnya dengan bekerja di Paris.

 

Karir Rudolf Diesel

penemu mesin diesel
nfole.org

Selama di Paris, Rudolf Diesel bekerja di perusahaan milik Linde. Ia adalah seorang profesor yang pernah membuat alat pendingin dan salah satu dosen Diesel di Jerman. Diesel dan Linde mendesain sebuah alat pendingin modern untuk pabrik es pada tahun 1880. Setahun kemudian, ia diangkat menjadi direktur di tempatnya bekerja.

Rudolf Diesel terus bekerja bersama Linde hingga menghasilkan beberapa paten di bidang mesin dan alat pendingin. Ia kemudian mulai tertarik untuk mengembangkan penemuan lain seperti mesin pembakaran. Diesel percaya bahwa ia bisa membuat mesin yang mempunyai efisiensi lebih baik 4 kali lipat dari yang ada pada waktu itu.

Pada tahun 1885, Diesel mulai melakukan proyek untuk membuat mesin yang lebih efisien. Untuk memantapkan proyeknya itu, ia bekerja di perusahaan di bidan desain mesin untuk mendapatkan ilmu yang lebih banyak tentang mesin. Hasilnya pada tahun 1892 ia berhasil mendapat paten di bidang mesin pembakar dan menemukan bahan bakar termurah saat itu yang terbuat dari bubuk batu bara.

Karena penemuannya itu, ia mendapat banyak dana dari proyek yang ia jalani. Terutama proyek untuk mengubah penggunaan mesin suatu pabrik menjadi menggunakan mesin diesel yang ia temukan. Salah satu pabrik besar yang menggunakan jasanya waktu itu adalah Maschinenfabrik Augsburg yang sekarang dikenal dengan nama MAN Diesel.

 

Perkembangan Mesin Diesel

penemu mesin diesel
cset.mnsu.edu

Seperti yang sudah dibahas diatas, mesin diesel ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel di Jerman. Setelah penemuannya itu, mesin diesel mengalami banyak perkembangan. Beberapa hal yang terlihat mencolok adalah pada tingkat efisiensi bahan bakar dan besar tenaga yang dihasilkan. konsumsi bahan bakar dibuat supaya bisa seminimal mungkin, sedangkan tenaga yang dihasilkan dibuat supaya semaksimal mungkin.

Istilah standar emisi untuk mesin diesel yang populer adalah Euro, mulai dari Euro 1 sampai Euro 5. Kalian pasti sering melihat kata itu pada beberapa angkutan komersial terutama angkutan barang. Contohnya seperti truk, bis, dan lain-lain.

Euro 5 merupakan standar tertinggi dalam standarisasi emisi yang dihasilkan dari sebuah mesin diesel. Teknologi itu diperkenalkan pada North America International auto Show atau NAIAS pada tahun 2007. Namun untuk masalah standarisasi emisi, Indonesia cenderung tertinggal. Indonesia baru menerapkan standar minimal Euro 2 untuk kendaraan bermotor di awal 2007.

Kendaraan pertama yang menggunakan sistem mesin berstandar Euro 5 adalah mobil dari pabrikan Mercedez Benz yang dipamerkan di acara yang sama. Pengembangan terbaru terkait mesin diesel adalah ditemukannya Common Rail System. SEbuah teknologi komputer di bidang otomotif yang menggantikan mesin diesel konvensional.

Teknologi tersebut mampu mencegah asap kendaraan berwarna hitam. Selain itu juga dapat meningkatkan performa mesin karena teknologinya berbasis komputer. Bahan bakar yang digunakan menjadi lebih hemat dan mengurangi getaran pada mesin. Juga yang paling utama mengurangi emisi yang dihasilkan dari asap knalpot.

 

Cara Kerja Mesin Diesel

Demi memudahkan kalian tentang bagaimana cara kerja sebuah mesin diesel, berikut ini saya bagikan video untuk menjelaskannya. Pada intinya, cara kerja sebuah mesin diesel adalah untuk membuat sebuah tenaga yang sangat besar dari proses pembakaran bahan bakar. namun penjelasan melalui tulisan tidak cukup untuk menjelaskan bagaimana cara kerjanya.

Oleh karena itu, saya mencantumkan video sebagai media tambahan untuk membantu memudahkan pemahaman kalian. Supaya lebih paham, silahkan putar video di atas. jika masih belum paham juga, kalian bisa mengisi kolom komentar untuk mengajukan pertanyaan. Jika ada yang mau ditambahkan juga silahkan.

 

Jenis-Jenis Mesin Diesel

Di Indonesia, banyak orang yang hanya mengenal mesin diesel sebagai mesin kendaraan atau pompa air saja. Namun sebenarnya beberapa benda lain yang sering kita jumpai juga menggunakan mesin diesel. Salah satu ciri dari mesin diesel biasanya menggunakan bahan bakar jenis solar atau biosolar. Berikut ini beberapa jenis mesin diesel yang perlu kalian ketahui.

 

1. Mesin Diesel Kubota

mesin diesel kubota
assets.suredone.com

Mesin diesel Kubota adalah salah satu mesin diesel yang populer di Indonesia. Mesin diesel ini sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia yang sering menggunakan mesin penyedot air. Contohnya seperti pembudidaya ikan, atau bahkan mungkin petani.

Biasanya mesin diesel Kubota mengeluarkan produk yang sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. beberapa contoh konkritnya seperti mesin traktor dan mesin penyedot air. Keduanya merupakan 2 jenis mesin diesel yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai petani.

 

2. Mesin Diesel Kereta Api

Jangan salah ya, ternyata mesin diesel tidak hanya digunakan kendaraan bermotor saja. Buktinya, ternyata kereta api juga menggunakan mesin diesel. Seperti kebanyakan mesin pada umumnya, mesin diesel digunakan untuk kendaraan komersial yang membutuhkan tenaga yang besar dalam proses operasionalnya.

Sebagai contoh bagaimana mesin diesel pada kereta api bekerja, saya cantumkan video untuk mempermudah pemahaman kalian. Silahkan putar videonya dan simak bagaimana luar biasanya cara kerja mesin diesel untuk menggerakkan sebuah kereta api.

 

3.  Mesin Diesel Perahu

mesin diesel yanmar
mesin diesel YANMAR – motorship.com

Indonesia merupakan sebuah kepulauan, tercatat ada ribuan pulau yang terdapat di nusantara. Hal ini juga yang menjadi penyebab banyaknya warga Indonesia yang memanfaatkan sumber laut Indonesia. Salah satunya adalah dengan menjadi nelayan.

Mesin diesel sangat dibutuhkan untuk menjalankan sebuah perahu. Mesin ini digunakan untuk menggerakkan turbin perahu dan membuat perahu mampu bergerak maju. Besaran mesin yang digunakan disesuaikan dengan bobot dan jenis perahu.

 

4. Mesin Diesel 2 Tak

mesin diesel 2 tak
mesin diesel 2 tak – prweb.com

Salah satu keunggulan mesin diesel 2 tak adalah proses pembakaran yang menghasilkan energi lebih cepat dari mesin 4 tak. Itulah alasan kenapa motor 2 tak lebih cepat bermanufer dari mototr 4 tak. Coba saja adukan antar RX-King dengan Satria F misalnya.

Namun yang menjadi masalah dari mesin diesel 2 tak adalah emisi yang dihasilkan sangat besar. Asap knalpot yang tebal menjadi salah satu ciri khasnya. Hal itu dikarenakan udara panas yang dihasilkan tidak mengalami banyak proses penyaringan seperti pada mesin 4 tak.

 

5. Mesin Diesel 4 Tak

penemu mesin diesel
mesin diesel 4 tak – seafarermedia.com

Mesin diesel 4 tak merupakan mesin penyempurnaan dari generasi sebelumnya, 2 tak. Mesin ini mempunyai keunggulan yang sangat jauh berbeda dalam tingkat emisi yang dihasilkan. Selain emisinya lebih rendah, tenaga yang dihasilkan juga lebih besar.

Cara kerja mesin diesel 4 tak pertama adalah dengan menghisap udara masuk kedalam mesin. Keduan piston digerakkan dan udara masuk kedalam silinder. Udara yang masuk dikompresi hingga suhunya bisa mencapai 900 derajat celcius.

Pada tahap pembakaran, injektor menyemprotkan bahan bakar dengan tekanan tinggi. Bersamaan dengan itu, udara terbakar karena panas yang dihasilkan. Tenaga hasil pembakaran diteruskan pada piston untuk kemudian diubah menjadi tenaga mekanik. Selanjutnya katup buang akan terbuka dan katup masuk akan tertutup.

6. Mesin Diesel 1 Silinder

mesin diesel 1 silinder
mesin diesel 1 silinder – alibaba.com

Mesin diesel yang menggunakan teknologi 1 silinder adalah mesin diesel paling sederhana. Mesin ini langsung mengkonversi bahan bakar menjadi energi tanpa banyak proses tambahan. Hal ini menyebabkan tenaga yang dihasilkan juga tidak terlalu besar.

Oleh karenanya, mesin diesel 1 silinder biasanya hanya digunakan untuk kebutuhan primer masyarakat. Bukan untuk kebutuhan produksi. Beberapa contohnya seperti mesin pompa air, genset listrik, dan mesin lain yang biasa digunakan masyarakat sehari-hari.

***

Tengok juga: penemu kipas angin

Itulah pembahasan mengenai penemu mesin diesel dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.