});

Penemu Permainan Sepak Bola, Perkembangan, Organisasi, Sejarahnya di Dunia dan Indonesia

Penemu permainan sepak bola di dunia ini jarang diketahui banyak orang. Banyak yang berpendapat bahwa sepak bola  berasal dari Inggris atau Brazil. Dimanakah sepak bola pertama kali dimainkan dan siapa tokoh penemu permainan sepak bola? Artikel ini akan memuat berbagai hal tentang sejarah sepak bola.

 

Sepak Bola

sepak bola
emaze.com

Sepak bola adalah olahraga terfavorit di dunia saat ini. Kemampuan yang mumpuni dari pemain sepak bola profesional dalam mengolah bola menjadi sebuah tontonan yang paling digemari oleh masyarakat dunia. Skill, dribling, passing dan shooting pemain profesional dapat memanjakan mata para penggemarnya.

Adanya pemain bintang dalam sebuah klub sepak bola juga menjadi daya tarik semua orang untuk menonton bola. Contohnya seperti 2 mega bintang sekelas Messi dan Ronaldo yang membela klub raksasa Barcelona dan Real Madrid. Tidak hanya suporter fanatik kedua tim, masyarakat umum juga bisa jadi suporter dadakan ketika tim tersebut bertanding.

 

Penemu Permainan Sepak Bola

penemu permainan sepak bola
imgur.com

Siapa penemu permainan sepak bola adalah sebuah pertanyaan besar yang tidak bisa sembarangan dijawab. Banyak teori untuk menjawab pertanyaan ini. Di Amerika, seseorang  yang pernah dikonfirmasi sebagai penemu sepak bola adalah Walter C. Camp. Dia adalah pelatih sepak bola dan penulis buku olah raga. Sebagian orang percaya bahwa sepak bola berasal dari Kanada dan dibuat oleh tentara Inggris.

Sebagian yang lain mempercayai bahwa penemu permainan  sepak bola adalah sekumpulan mahasiswa Amerika dan Kanada. Namun, merujuk pada sebuah pernyataan langsung dari FIFA saat peringatan 100 tahun organisasi mereka, penemu permainan sepak bola adalah masyarakat asli Cina. Penemu permainan sepak bola adalah orang Cina dan itu dibuktikan dengan manuskrip sejarah yang masih terjaga hingga saat ini.

 

Sejarah Sepak Bola

sejarah sepak bola
mvslim.com

Nenek moyang sepak bola yang sebenarnya diperkirakan berasal dari negara Cina. Sepak bola pertama kali dimainkan antara abad ke-2 dan ke-3 Sebelum Masehi. Dinasti Tsin melakukan permainan sejenis sepak bola dengan nama Tsu’ Chu. Masyarakat Cina melakukannya dengan cara menendang bola kulit yang penuh bulu dan rambut dengan diameter bola 30-40 cm. Aturannya, bola boleh digerakkan oleh seluruh anggota tubuh kecuali tangan.

Di Cina, permainan Tsu’Chu biasa dimainkan tentara Cina ketika apel pagi untuk menggerakkan badan. Antara abad ke- 3 dan ke-4 masehi, sebuah permainan dengan nama Kemari mulai terkenal di Jepang. Permainan ini menggunakan bola seperti Tsu’Chu dengan aturan yang berbeda. Pemain berada di sebuah lingkaran kecil dan berusaha untuk menjaga bola supaya tidak mengenai tanah. Permainan ini cukup populer di masyarakat Jepang namun kurang kompetitif jika dijadikan sebuah cabang olahraga.

 

Sejarah Sepak Bola Dunia

sejarah sepak bola dunia
adrianabadianoeducacionfisica1.blogspot.com

Penemu permainan sepak bola adalah masyarakat Cina pada 2 abad SM. Sebagian pendapat menganggap permainan ini dimulai 5 abad SM dengan nama tsu’chu. Pada abad ke-2 Masehi, masyarakat Jepang mulai memainkan permainan dengan jenis yang sama dengan nama kemari. Abad ke-1 sampai 5 Masehi orang Romawi mulai menyebarkan permainan sejenis ke wilayah Eropa.

Tahun 217 M, tentara Inggris yang berhasil mengalahkan Romawi mulai memainkan permainan yang diberi nama harpastrum oleh orang Romawi. Abad ke-6 sampai abad ke-16, sepak bola mulai dimainkan di Amerika Tengah, Meksiko, Italia, Perancis, dan Eropa. Abad ke-11 sepak bola tanpa aturan dimainkan secara brutal di Inggris yang berujung pada pelarangan permainan ini oleh Raja Edward III pada 1314.

Sepak bola kembali diizinkan untuk dimainkan oleh Raja Edward pada tahun 1369. Abad ke-15, Italia menemukan permainan dengan nama calcio dengan jumlah pemain lebih dari 27 orang dalam satu tim. Kalian pecinta bola tentu tidak asing dengan nama Lega Calcio. Inilah salah satu latar belakang pemberian namanya.

Sepak bola modern mulai muncul pada tahun 1830. Kemudian pada 1863 FA didirikan di Inggris. Pada tahun 1885 terjadi permainan bola antar negara pertama antara Amerika vs Kanada. FIFA dibentuk pada tahun 1904 dengan 7 negara anggota. Setelah itu sistem sepak bola mulai terstruktur dan berkembang hingga saat ini.

Siapakah penemu tenis meja? baca artikel lengkapnya disini 

Permainan Sepak Bola Berasal dari Negara

permainan sepak bola berasal dari negara
penmon.org

Umumnya masyarakat Indonesia mempunyai pemahaman bahwa sepak bola berasal dari Inggris. Hal itu dapat terbantahkan jika kita melihat jauh dari aspek sejarah dan bukti yang ada. FIFA secara resmi mengumumkan bahwa sepak bola berasal dari Negara Cina. Hal itu disampaikan pada peringatan 100 tahun berdirinya FIFA pada 24 Mei 2004 silam.

Berdasarkan bukti yang tertera pada manuskrip kuno, tsu’chu adalah nenek moyang sepak bola yang dimainkan sejak dinasti Tsin antara tahun 255-206 SM. Kata tsu’chu sendiri mempunyai arti menendang bola. Aturan mainnya, setiap tim mempunyai anggota 6 orang dan tugasnya memasukkan bola ke dalam jaring dengan diameter 40 cm. Pada saat itu, tsu’chu biasanya dimainkan tentara Cina untuk melatih fisik mereka. Tidak berselang lama, masyarakat Cina juga dapat memainkan permainan ini.

 

Sejarah Sepak Bola Indonesia

sejarah sepak bola Indonesia
4archive.org

Proses masuknya permainan sepak bola ke Indonesia tidak bisa terlepas dari kolonialisasi Belanda. Pada awal abad ke-19, sepak bola dengan mudah menyebar ke seluruh dunia dengan praktek kolonial di berbagai negara. Awalnya, hanya kaum bangsawan tertentu yang dapat memainkan sepak bola. Namun karena berjalannya waktu, para meneer Belanda yang bermain bola meminta bantuan pribumi untuk menyediakan fasilitas sepak bola mereka.

Melalui proses inilah masyarakat pribumi melihat dan tertarik untuk memainkan sepak bola. Karena keterbatasan fasilitas, masyarakat nusantara saat itu hanya bisa mengaplikasikan permainan sepak bola dengan fasilitas seadanya. Seperti gawang yang hanya diberi patok dan bola yang terbuat dari pakaian bekas yang digulung.

Kaum Tionghoa dan masyarakat Bumiputera juga mempunyai andil yang besar dalam menyebarkan permainan sepak bola di tanah nusantara. Kaum Tinghoa dan Bumiputera yang dapat dengan mudah berbaur dengan para meneer Belanda melihat bangsawan Belanda memainkan sepak bola dan mencobanya ketika berpisah dengan mereka. Lambat laun, masyarakat mulai memainkan sepak bola dan permainan itu dapat terkenal ke seluruh nusantara.

 

Perkembangan Sepak Bola

perkembangan sepak bola
latabernaonline.com

Pada tahun 1815, sepak bola mulai populer di kalangan mahasiswa dan pelajar di Inggris. Aturan pertama dirumuskan oleh Eton College dan beberapa sekolah populer di Inggris yang diberi nama Cambridge Rules (aturan Cambridge). Sebelumnya, sepak bola dimainkan sesuai dengan aturan rugby dimana pemain diperbolehkan membawa bola dan memperbolehkan terjadi adu badan. Aturan ini dihapuskan sejak dibuatnya aturan Cambridge.

Pada 26 Oktober 1863, terjadi musyawarah antara 11 perwakilan dari klub sepakbola dan sekolah di London. Pertemuan itu terjadi di Freemason’s Traven dan menghasilkan pembentukan FA (The Football Association). Tujuannya untuk menyatukan aturan sepak bola yang saat itu belum terbentuk. FA adalah asosiasi sepak bola tertua di dunia mengalahkan FIFA yang baru dibentuk pada 1904.

Sekitar tahun 1930, liga sepak bola mulai berjalan di berbagai negara. Di tahun yang sama piala dunia pertama dilaksanakan di Uruguay. Delapan tahun kemudian, BBC menjadi saluran TV pertama yang menyiarkan sepak bola. Kampanye fairplay yang menjadi slogan utama sepak bola baru dikenalkan pada tahun 1988.

 

Organisasi Sepak Bola

organisasi sepak bola
politis.com.cy

FIFA (Fédération Internationale de Football Association) adalah induk organisasi sepak bola dunia. FIFA dibentuk pada tanggal 21 Mei 1904 di Perancis. Sehari setelah dibentuk, diadakan kongres pertama FIFA untuk menentukan Presiden dan Wakil Presiden. Presiden pertama FIFA adalah Robert Guerin dengan 2 Wakil Presiden yaitu Victor E. Schneider dan Carl Anthon Wilhelm Hirschman. Kini kantor pusat FIFA berada di Zurich, Swiss.

Pada awal pembentukannya hingga tahun 1909, anggota FIFA hanya negara-negara Eropa seperti Inggris, Swiss, Belanda, Belgia, Denmark dan Perancis. Afrika Selatan kemudian bergabung pada tahun 1909 disusul Argentina pada tahun 1912 dan Amerika pada 1913. Hingga akhirnya negara lain ikut bergabung hingga Indonesia menjadi anggota FIFA pada 1951.

***

Itulah ulasan lengkap tentang penemu permainan sepak bola. semoga artikel ini dapat menambah wawasan syuhada neters semua.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.