});

Penemu Tenis Meja, Sejarah dan Perkembangannya (Lengkap)

Penemu tenis meja yang diketahui banyak orang saat ini tidak sesuai dengan fakta aslinya. Banyak orang mengira penemu tenis meja adalah J. Jaques atau E.C Goode. Namun kedua nama itu sebenarnya kurang tepat jika merujuk pada data yang valid dari International Table Tennis Federation (ITTF) Museum. Lalu siapa penemu tenis meja sebenarnya? Artikel ini akan membahas lengkap tentang sejarah dan fakta tersembunyi tentang tenis meja.

Sebelumnya, saya akan membagikan video menarik para pemain tenis meja dengan skill dunia. Jika kalian tertarik, silahkan play videoanya dulu. Jika tidak, langsung scroll ke bawah untuk mendapat informasi tentang penemu tenis meja.

Tenis Meja

tenis meja
youtube.com

Sebelum membahas lebih jauh tentang penemu tenis meja, mari kita pelajari dulu apa definisi dari tenis meja itu sendiri. Tenis meja adalah permainan atau cabang olahraga yang dimainkan diatas meja dengan cara memukul bola plastik menggunakan bet pemukul yang dua sisinya dilapisi karet.

Permainan ini dapat dilakukan dengan jumlah pemain 2 atau 4 orang. Pemain harus berusaha membuat bola plastik melewati jaring net dan membuat bola memantul di daerah lawan. Pemain harus berusaha memukul bola dengan cepat ke arah yang tetap supaya dapat memenangkan pertandingan.

Penemu Tenis Meja

penemu tenis meja
incolors.club

Banyak buku pelajaran dan buku pengetahuan yang menyatakan bahwa penemu tenis meja adalah J. Jaques. Pernyataan ini tidak bisa dibenarkan, dan tidak pula sepenuhnya salah. Sebenarnya J. Jaques adalah salah satu pemilik perusahaan komersil yang pertama kali memasarkan peralatan tenis meja dengan nama ping-pong. 

Kebanyakan orang salah memahami tentang penemu ping-pong. Jika dikatakan penemu, perusahaan milik J. Jaques hanya sebatas produsen yang menyebarluaskan kata ping-pong ke seluruh dunia. Sehingga masyarakat dunia berfikir bahwa J. Jaques adalah penemu tenis meja.

Nama lain yang tidak valid jika dikatakan sebagai penemu tenis meja adalah James W. Gibb dan E.C Goode. Nama keduanya sering disebut sebagai penemu tenis meja. Padahal mereka hanya membuat inovasi berupa pembuatan bola jenis baru dan bet yang dilapisi karet berbintik agar bola dapat meluncur dengan sempurna.

Penemu Tenis Meja Sebenarnya

penemu tenis meja sebenarnya
cartoonmovement.com

 

Dikutip dari allabouttennis.com, penemu tenis meja sebenarnya adalah David Foster. Namanya ditetapkan sebagai penemu tenis meja dengan beberapa bukti kuat. Salah satunya adalah bukti paten yang ia dapat degan nomer paten 11.037. Paten itu ia dapat pada tanggal 15 Juli 1890, ketika ia memperkenalkan permainan tenis meja.

Tenis meja yang ia kenalkan waktu itu merupakan gabungan olahraga baseball dan tenis yang telah ditemukan terlebih dahulu. David Foster mengajukan paten sebagai penemu tenis meja dengan memperkenalkan fitur raket yang elegan, bola khusus dengan diameter 3 cm, dan net pembatas untuk mempersulit tingkat kesulitan permainan.

Sejarah Tenis Meja Dunia

sejarah tenis meja dunia
youtube.com

Tenis meja merupakan olahraga yang berasal dari benua biru, tepatnya dari Inggris. Sejarah awal tenis meja hampir sama dengan bulu tangkis. Olahraga ini berawal dari permainan asal India yang dikembangkan oleh tentara Inggris yang bertugas disana. Hasilnya, tentara Inggris yang kembali ke negara mereka mulai memperkenalkan ping-pong di tanah kelahiran mereka.

Awalnya ping-pong hanya menggunakan buku sebagai pembatas di tengah meja dan dan pemukul menggunakan alat pengaduk adonan kue. Sekitar tahun 1880, para pecinta permainan mengaplikasikan ping-pong agar dapat dimainkan di dalam ruangan. Pada tahun 1884, J.H Singer menjadi orang pertama yang memberi istilah tenis meja untuk permainan ini.

Tiga tahun kemudian (1887) seorang pemilik perusahaan Parker Brothers membuat katalog permainan tenis meja dan disebarkan di Amerika Serikat. Hingga akhirnya di tahun 1890 David Foster membuat rumusan permainan tenis meja secara utuh. Hal ini membuatnya tercatat sebagai penemu tenis meja. Emma Baker kemudian mendapatkan hak paten lain di bidang tenis meja yang membuat tenis meja semakin terstruktur.

Pada 21 Januari 1891, Emma Baker menambahkan beberapa inovasi untuk tenis meja. Paten yang ia hasilkan seperti sketsa dan ukuran meja yang digunakan, serta membuat deskripsi permainan yang hampir sama dengan tenis lapangan.

Kamu orang sunda? pelajari juga artikel paribasa sunda

Perkembangan Tenis Meja

perkembangan tenis meja
clipartfest.com

Tenis meja adalah salah satu jenis olahraga yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Latar belakang olahraga tenis meja atau yang biasa disebut ping-pong ini hampir sama dengan sejarah bulu tangkis. Kedua olahraga ini memang menggunakan tangan sebagai bagian tubuh utama untuk melakukan olahraga ini.

Bagaimana sebenarnya perkembangan tenis meja dari masa ke masa? Sub pembahasan di bawah akan membahas secara detail. Mulai dari awal mula terciptanya olahraga tenis meja, hingga perkembangannya hingga bisa menjadi olahraga yang populer di zaman yang sekarang ini.

Sejarah Awal Tenis Meja

sejarah awal tenis meja
selbycs.statementcms.com

Jauh sebelum diperkenalkan oleh tentara Inggris di India, ping-pong sudah lebih dulu dimainkan di Perancis pada abad ke-12. Cara bermainnya sangat sederhana, anak kecil biasanya membuat bola kecil dari kertas dan menggunakan tangan untuk memukulnya. Permainan sederhana ini menjadi permainan yang identik dengan anak-anak di Perancis waktu itu. hal ini diperkirakan sebagai nenek moyang tenis meja.

Sekitar abad ke-18, tentara Inggris yang berpulang dari tugas militer di India memperkenalkan tenis meja di Inggris. Awalnya permainan ini diberi nama whiff-whaff atau cossina. Permainan ini dengan mudah menyebar dan digemari masyarakat Inggris. Nama ping-pong akhirnya disematkan pada permainan ini setelah salah satu brand olahraga memperjual belikan alat olahraga dengan brand ping-pong.

Penting! pelajari tentang pengertian gerhana matahari secara lengkap

Tenis Meja Setelah Perang Dunia 2

sejarah tenis meja setelah perang dunia 2
calvin.edu

Perkembangan tenis meja sedikit terhambat karena pecahnya Perang Dunia II. Hal ini membuat fokus setiap warga negara bukan lagi untuk menjalani hidup sehari-hari seperti biasa. Orang-orang juga harus memikirkan keselamatan diri dan keluarga mereka. Di sisi lain, Perang Dunia II juga menjadi salah satu sarana penyebaran tenis meja di setiap negara yang ditempati militer Inggris.

Tenis meja berhasil menjadi salah satu olahraga favorit terutama di Benua Eropa. Perkembangan lebih lanjut terjadi pada tahun 1903, saat itu dibuat aturan desain pakaian pria dan wanita untuk bermain tenis meja. Aturan teknis untuk menggunakan lapisan karet berbintik pada raket dikembangkan pada tahun yang sama.

Top Content: Harga Biji Polokyo

Dua inovasi tersebut berhasil membawa dampak positif dan membuat ping-pong terkenal di Eropa Tengah pada tahun 1905. Pada tahun 1920, olahraga ping-pong mulai didaftarkan sebagai olahraga resmi dengan nama table tennis. Sejak diresmikannya tenis meja sebagai salah satu cabang olahraga, maka mudah bagi tenis meja untuk lebih dikenal masyarakat dunia. Hingga akhirnya, masyarakat dunia mengenalnya hingga saat ini.

 

Sejarah Tenis Meja di Indonesia

sejarah tenis meja di Indonesia
forexprotrader.ru

Masuknya tenis meja ke Indonesia hampir sama dengan masuknya sepak bola ke tanah air. Tentara atau konglomerat Belanda menjadi penghubung Indonesia dengan tenis meja. Pada tahun 1930 kaum bangsawan dan tentara Belanda mulai memainkan tenis meja di wilayah perumahan dan barak militer mereka.

Sekitar 10 tahun kemudian, tenis meja mulai dimainkan oleh masyarakat Indonesia. Menyebarnya permainan tenis meja dari Orang Belanda pada rakyat Indonesia di latar belakangi oleh tokoh masyarakat yang berbaur dengan Belanda. Mereka melihat orang Belanda yang memainkan tenis meja, lalu bermain tenis meja bersama masyarakat luar.

Organisasi  Tenis Meja Dunia

organisasi tenis meja dunia
ittf.com

Sebuah organisasi dalam sebuah cabang olahraga diperlukan untuk mengatur berbagai aturan dari sebuah cabang olahraga. Tenis meja mempunyai induk organisasi yang bernama ITTF (International Table Tennis Federation). Organisasi ini dibentuk untuk membuat aturan dan pengembangan teknologi olahraga tenis meja.

ITTF dibentuk pada tahun 1926 oleh 9 negara yaitu Austria, Cekoslovakia, Denmark, Hungaria, India, Inggris, Jerman, Swedia dan Wales. Pada awal tahun 2000, ITTF menerapkan aturan baru yang sangat berpengaruh. Diantaranya perubahan ukuran bola menjadi 40 mm dari ukuran asalnya 38 mm. Hal ini membuat bola tahan terhadap hambatan udara, sehingga membuat bola stabil dan permainan lebih efektif.

Kejuaraan Tenis Meja Dunia

kejuaraan tenis meja dunia
groveproduction.com

Kejuaraan tenis meja pertama diadakan di Inggris pada Desember 1926. Ada beberapa kejuaraan tenis meja dunia di berbagai belahan dunia. Di Benua Afrika ada African Championship, African Games, dan African Cup. Sedangkan di Benua Asia diadakan Asian Championship, Asian Cup, dan Asian Games.

Sementara European Championship dan Europe Top 16 diselenggarakan di Benua Eropa. Negara di Amerika Latin mengadakan turnamen Latin American Championship dan Latin American Cup. Benua Amerika Timur mengadakan turnamen North American Championship dan North American Cup. Sedangkan di Benua Antartika ada Oceania Championship dan Oceania Cup.

***

Sekian artikel saya tentang penemu tenis meja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa untuk mengunjungi portal pendidikan kami lainnya di https://edukasi.me/. Terimakasih sudah berkunjung.

Satu pemikiran pada “Penemu Tenis Meja, Sejarah dan Perkembangannya (Lengkap)

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.