});

Penemu Youtube, Sejarah, Biografi, Perkembangan dan Pemiliknya

Penemu Youtube adalah 3 orang karyawan yang pernah bekerja di sebuah perusahaan bernama PayPal. Kalian yang berkecimpung di dunia maya pasti tidak asing dengan perusahaan itu. Paypal adalah sebuah perusahaan yang memudahkan kita dalam bertransaksi di jaringan internet. Lalu bagaimana sejarahnya dari karyawan PayPal hingga menjadi penemu Youtube? Berikut ulasan lengkapnya.

 

Pengertian Youtube

Pengertian Youtube
bbc.co.uk

Youtube adalah sebuah jejaring sosial untuk menyimpan, menonton, dan membagikan video. Situs ini menjadi sangat populer karena tidak adanya kompetitor lain yang memiliki daya saing tinggi. Mungkin Youtube sudah menjadi sebuah brand yang namanya melekat pada para pencari video. Sebuah pencapaian luar biasa dari para penemu Youtube.

Sebenarnya ada banyak situs web lain yang mempunyai fitur serupa. Contohnya seperti vimeo yang merupakan situs video berbayar. Selain itu juga ada web video gratis seperti LiveLeak. Namun orang-orang yang ingin menonton video lebih mengenal Youtube karena berbagai hal seperti tingkat popularitas, kemudahan, dan banyaknya jumlah video.

Penemu Youtube

penemu youtube
odrobnosti.ua

Penemu You Tube adalah Jawed karim (kiri), Steve Chen (tengah), dan Chad Hurley (kanan). Mereka adalah 3 orang jenius IT yang pernah bekerja membangun PayPal dari awal. PayPal sendiri adalah sebuah layanan pembayaran menggunakan sejenis rekening online. PayPal juga merupakan perusahaan tempat 3 sekawan ini mempunyai pandangan hingga menjadi penemu You Tube.

Nama situs Youtube.com resmi terdaftar pada bulan Februari 2005. Kemudian baru bisa diakses pada bulan Mei di tahun yang sama. Situs ini dikembangkan di sebuah garasi kecil yang digunakan sebagai kantor para penemu Youtube. Launching resmi Youtube baru diresmikan pada bulan November 2005.

Biografi Penemu Youtube

biografi penemu youtube
pixabay.com

Biografi penemu Youtube yang akan dibahas kali ini adalah Steve Chen. Lahir dengan nama lengkap Steve Shih Chen di Taiwan, Taipei pada Agustus 1978. Keluarganya berpindah ke Amerika ketika Chen yang akhirnya menjadi penemu Youtube saat itu  berusia 15 tahun. Chen sang penemu Youtube adalah lulusan University Illionis Urbana-Champaign jurusan ilmu komputer.

Penemu Youtube selanjutnya adalah Jawed Karim. Ia lahir di Merseburg, Jerman pada tahun 1979. Kata Jawed diambil dari bahasa Persia kuno yang berarti abadi, sedangkan Karim adalah nama ayahnya. Jawed adalah seorang lulusan Universitas dan jurusan yang sama dengan Steve Chen. Ia juga otak dibalik perancangan sistem keamanan transaksi Paypal.

Pensylvania, 24 Januari 1977 adalah tempat dan tanggal dilahirkannya penemu Youtube terakhir. Namanya adalah Chad Hurley. Ia adalah seorang alumnus University Indiana Pensylvania jurusan fine art. Ia adalah satu-satunya penemu Youtube yang mempunyai latar belakang pendidikan diluar bidang teknologi.

Penemu Youtube dan Sejarahnya

Penemu Youtube dan Sejarahnya
codecondo.com

Sebagaimana sudah dicantumkan di atas, Youtube didirikan oleh Steven Chen, Jawed Karim, dan Chad Hurley. Sebagaimana perusahaan pada umumnya, Youtube berawal dari sebuah ruangan kecil untuk mengatur sebuah situs Youtube.

beberapa bulan setelah diluncurkan pada Februari 2005, Youtube mulai dilirik oleh beberapa investor. Akan tetapi, pemilik Youtube pada saat itu kemudian menjatuhkan pilihan pada perusahaan Sequoia Capital.

Dana pengembangan yang dikucurkan saat itu sebesar $ 3,5 juta. Investasi untuk Youtube pertama kali dicairkan pada bulan November 2005. Setelah itu, investasi ke-2 terjadi pada bulan April 2006 dengan nila $ 8 juta.

Besarnya investasi yang dikucurkan berhasil membuat Youtube menaikkan pamor dan menjadi situs dengan pertumbuhan tertinggi pada tahun 2006 di kala musim panas. Youtube terus berkembang seiring banyaknya investor dan cara pengembangan yang baik.

Pemilik Youtube

Pemilik Youtube
hipwee.com

Youtube sebelumnya dimiliki secara sah oleh 3 pendirinya. Setelah berkembang pesat sejak pertama berdiri, Google tertarik untuk membeli Youtube pada tahun 2006 di bulan November. Youtube dijual dengan harga $ 1,6 milyar kepada google dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan google.

Perkembangan Youtube di Indonesia

Perkembangan Youtube di Indonesia
samsung.com

Youtube semakin berkembang seiring dengan banyaknya pengguna internet dan banyaknya video unik yang di upload ke situs Youtube. Selain itu, adanya peluang monetasi untuk member Youtube yang mengupload video juga menarik minat banyak orang terjun ke situs Youtube.

Youtube di Indonesia sendiri sudah mulai menunjukkan perkembangan dari segi viewer  ataupun youtuber-nya. Hal ini tentu dipengaruhi oleh perkembangan koneksi internet di Indonesia. Beberapa youtuber asal Indonesia sukses mendapatkan penghasilan dari channel Youtube yang dimiliki.

Hal ini membuat perkembangan dan persaingan pemilik akun untuk bersaing mendapatkan penghasilan dari Youtube semakin tinggi. Akan tetapi, tingginya persaingan tersebut juga dibarengi dengan semakin banyaknya orang atau perusahaan yang menggunakan situs Youtube untuk periklanan.

Cara Upload Video di Youtube

Cara Upload Video di Youtube
pixabay.com

Sebelum mengupload video di Youtube, anda harus mendaftar terlebih dahulu. Selanjutnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menguplod video anda ke Youtube. berikut ini beberapa contohnya:

  • Melalui smartphone (hp) dengan cara menahan video yang akan di upload beberapa saat. Setelah itu akan ada pilihan untuk share video via, lalu pilih Youtube. Pastikan Hp kalian  sudah menginstal aplikasi Youtube dan sudah login ke akun tersebut.
  • Melalui komputer PC, caranya tidak jauh berbeda dan dapat dilakukan lebih cepat jika koneksi internetnya lancar. Masuk ke situs youtube.com, kemudian login menggunakan akun anda. Setelah itu, klik menu akun anda di pojok kanan atas. klik pada pilihan upload file, jangan lupa sesuaikan judul dan deskripsi yang anda upload.

Cara Mendownload Video Youtube

Cara Mendownload Video Youtube
blogindy.net

Banyak orang yang membutuhkan video di Youtube sebagai file supaya dapat diputar berulang kali dan menghemat penggunaan data internet. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mendownload video Youtube. melalui PC atau hp.. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Menambahkan “ss” di depan url video Youtube. Contohnya url video ang ingin anda download adalah https://www.youtube.com/watch?syuhada.net. Maka tambahakan “ss” di depan url dan hapus https sehingga menjadi ssyoutube.com/watch?syuhada.net. Setelah itu, akan ada tampilan situs untuk mendownload video Youtube dengan berbagai kualitas video yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Selain dengan menambahkan “ss” di depan url video, anda juga dapat menggunakan cara lain dengan menambahkan huruf “xyz” di depan url. Selanjutnya, ikuti langkah yang sama seperti cara pertama. Sebelumnya, pastikan anda sudah memilih video yang tepat dengan mengkliknya pada laman Youtube.

***

Itulah artikel yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber dengan pembahasan penemu youtube dan sejarahnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa tinggalkan komen jika ada yang mau ditanyakan atau mungkin ditambahkan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.