Pengertian Gerhana Matahari Total, Cincin, dan Sebagian

Pengertian gerhana matahari secara ringkas adalah sebuah peristiwa ketika posisi bumi, bulan, dan matahari berada pada satu garis lurus. Posisi bulan berada tepat di antara bumi dan matahari.

Berikut ini ulasan lengkap tentang pengertian gerhana matahari, proses terjadinya, dan jenis-jenis gerhana matahari lengkap.

Pengertian Gerhana Matahari

pengertian gerhana matahari

nasa.gov

Pengertian gerhana matahari yang dikemukakan oleh ahli astronomi adalah peristiwa jatuhnya bayangan bulan ke bumi akibat dari sinar matahari yang menuju bumi terhalangi oleh bulan.

Meskipun ukuran bulan jauh lebih kecil dari diameter matahari, mengapa bayangan bulan dapat menutupi cahaya matahari menuju bumi? Hal ini dikarenakan jarak bulan lebih dekat dengan bumi.

Jarak bumi ke bulan hanya 384.400 km, sedangkan jarak dari bumi ke arah matahari adalah 149.680.000 km. Terdapat 4 jenis gerhana matahari yang dapat terjadi ketika cahaya matahari terhalang oleh bulan. Silahkan lanjutkan membaca untuk informasi lengkapnya.

 

Video Gerhana Matahari

Video gerhana matahari berikut ini akan membuat kalian lebih mudah memahami tentang proses terjadinya gerhana matahari. Silahkan tekan tombol play dan tonton sampai habis, ya.

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

astroleaguephils.org

Sebelum membahas proses terjadinya gerhana matahari, sebelumnya mari kita bahas tentang proses terjadinya gerhana matahari secara garis besar.

  1. Tahap awal terjadinya gerhana matahari adalah langit yang awalnya cerah tiba-tiba mulai meredup seolah cahayanya berkurang secara perlahan.
  2. Proses selanjutnya adalah terlihat bayangan hitam yang mulai menutupi matahari. Bayangan itu merupakan bayangan bulan yang bergerak secara simetris bersama matahari.
  3. Matahari akan terlihat menyabit, hingga perlahan-lahan bulan mulai menutupi seluruh matahari yang mengakibatkan cahaya matahari pada bagian bumi tertentu tertutupi.
  4. Banyaknya posisi matahari yang tertutupi oleh bulan tergantung dengan jenis gerhana mataharinya. Jika matahari total, maka seluruh bagian matahari akan tertutupi, berbeda dengan gerhana matahari sebagian atau cincin.
  5. Setelah terjadi fase gerhana matahari, perlahan sinar matahari akan kembali menyinari bumi. Pada proses gerhana matahari total, matahari akan terlihat menyabit kembali karena posisi bulan yang mulai bergerak meninggalkan posisi ketika matahari total.

 

Jenis-jenis Gerhana Matahari

Pengertian gerhana matahri

nasa.gov

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, terdapat 4 jenis gerhana matahari. Yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian/parsial, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari hibrida.

1. Gerhana Matahari Total

 Gerhana Matahari Total

youtube.com

Gerhana matahari total akan terjadi jika seluruh sinar matahari tertutupi oleh bulan. Hal ini mengakibatkan seluruh cahaya yang menuju bumi tertutupi. Akan tetapi, gerhana matahari total tidak akan terjadi di seluruh permukaan bumi.

Hanya beberapa wilayah dengan posisi yang sejajar dengan bulan dan matahari yang merasakan gerhana matahari total. Bagian bumi lainnya hanya akan merasakan gerhana matahari sebagaian/parsial dan gerhana matahari cincin saja.

2. Gerhana Matahari Sebagian/Parsial

Gerhana Matahari Sebagian

Pengertian Gerhana Matahari Sebagian-extremetech.com

Gerhana matahari parsial adalah sebuah fenomena ketika bulan hanya menutupi sebagian cahaya matahari yang menuju bumi saja. Biasanya gerhana matahari ini terjadi jika posisi bulan dan matahari bertemu secara simetris tepat pada bagian tengah/sebagian posisi matahari saja.

3. Gerhana Matahari Cincin

Pengertian Gerhana Matahari Cincin

nationalgeographic.com

Sebuah peristiwa yang disebut gerhana matahari cincin adalah jika pada fase puncak gerhana posisi bulan tidak menutupi seluruh bagian matahari. Akan tetapi menyisakan bagian sisi luar matahari yang terlihat bersinar di antara bagian luar bulan.

Peristiwa tersebut menghasilkan visualisasi yang menyerupai cincin. Hal inilah yang melatar belakangi gerhana jenis ini disebut gerhana matahari cincin. Pada puncak gerhana, bulan akan terlihat seperti sebuah cincin hitam yang dikelilingi oleh cahaya.

4. Gerhana Matahari Hibrida

Gerhana Matahari Hibrida

Pengertian Gerhana Matahari Hibrida –
blogdetik.com

Gerhana matahari hibrida sebuah proses ketika terjadi pergeseran antara gerhana matahari cincin dan gerhana matahari total. Gerhana matahari hibrida termasuk salah satu jenis gerhana yang sangat jarang terjadi.

Gerhana Matahari

Berikut ini kumpulan foto gerhana matahari yang diambil oleh fotografer profesional. Hasil foto yang berkualitas dan mempunyai nilai estetika yang tinggi adalah sebuah ciri dari fotografer profesional.

1. Gambar Gerhana Matahari Total

Gambar Gerhana Matahari Total

Pengertian Gerhana Matahari Total – inovasee.com

Gambar gerhana matahari total sangat menakjubkan dan dicari banyak orang. Sebuah fenomena luar biasa pernah terjadi ketika ada gerhana matahari total 1983 di Indonesia.

Peristiwa tersebut tepatnya terjadi tanggal 11 Juni 1983 bertepatan dengan hari ahad. Sebuah fakta unik terjadi kala itu. Pemerintah secara tegas melarang seluruh lapisan masyarakat untuk melihat gerhana matahari total 1983.

Berbagai alat untuk melihat gerhana matahari total 1983 seperti teropong dan teleskop disita. Masyarakat hanya bisa melihat gerhana matahari melalui siaran televisi nasional (TVRI).

Gerhana matahari total 1983 merupakan total scolar eclipse terlama dengan waktu 5 menit 4 detik. Banyak informasi yang terlalu di dramatisir, salah satunya adalah berita bahwa melihat gerhana matahari total 1983 secara langsung dapat menimbulkan radiasi infra merah /lontaran partikel gas dari matahari.

Terdapat beberapa anjuran pemerintah yang cenderung membodohi atau berlebihan. Contohnya adalah lubang angin rumah harus ditutup, hewan ternak harus disembunyikan. Hingga mata hewan ternak harus ditutup kain, dan burung perkutut harus disembunyikan di kolong tempat tidur.

2. Gambar Gerhana Matahari Sebagian

Pengertian Gerhana Matahari Sebagian

nasa.govn

Gerhana matahari sebagian merupakan salah satu fenomena dari terjadinya gerhana matahari cincin. Peristiwa gerhana matahari sebagian yang terakhir kali terjadi di Indonesia adalah pada tanggal 1 September 2016.

Fenomena alam tersebut dimanfaatkan untuk mengambil gambar gerhana matahari sebagian oleh masyarakat Indonesia dari 10 provinsi yang wilayahnya dapat merasakan gerhana tersebut.

Sementara itu, gerhana matahari cincin terjadi di beberapa wilayah lain. Contohnya adalah Amerika Selatan, seluruh Afrika kecuali bagian utara, Samudera Atlantik, Semenanjung Arab barat daya, Australia, Samudera Hindia, dan sebagian kecil wilayah Indonesia.

 

3. Gambar Gerhana Matahari Cincin

Gambar Gerhana Matahari Cincin

news.mb.com

Gerhana matahari dikatakan sebagai gerhana matahari cincin jika posisi bulan hanya menutupi bagian tengah dari matahari. Hal ini membuat bulan dan matahari terlihat seperti cincin. Gambar matahari cincin 1 September 2016 adalah salah satu fenomena gerhana di Indonesia.

Salah satu gambar matahari cincin yang bisa kita tunggu adalah pada 26 September 2019. Menurut perkiraan BKKG, gerhana matahari cincin pada 2019 tersebut akan melintasi Pulau Sumatera dan sekitarnya.

4. Gambar Gerhana Matahari Hibrida

Gambar Gerhana Matahari Hibrida

portalpositif.com

Gerhana matahari hibrida adalah fenomena ketika gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin terjadi bersamaan. Maksud bersamaan disini adalah, di suatu wilayah terjadi gerhana matahari total, dan di wilayah lain terjadi gerhana matahari cincin.

Hal ini dapat terjadi dengan alasan bahwa orbit bulan sebenarnya tidaklah berbentuk lingkaran sempurna. Jarak dapat lebih jauh dan lebih dekat dari bumi.

Menurut peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), di Indonesia akan terjadi gerhana matahari hibrida pada tahun 2049 M. Momen ini merupakan fenomena alam langka yang akan terjadi di Indonesia.

Pada kejadian itu, gerhana matahari total akan terjadi di Indonesia bagian barat. Sedangkan wilayah Indonesia bagian timur akan mengalami fenomena gerhana matahari cincin. Salah satu daerah yang dipastikan dapat menikmati fenomena gerhana matahari cincin adalah Sulawesi.

Momen ini tentu dapat dijadikan ajang untuk mendapatkan gambar gerhana matahari hibrida yang sangat jarang terjadi di dunia. Bahkan, LAPAN belum mengeluarkan pernyataan perkiraan kapan gerhana jenis ini akan kembali terjadi setelah 2049.

***

Itulah informasi yang dapat saya kumpulkan tentang pengertian gerhana matahari, jenis-jenis gerhana matahari, serta gambarnya. Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca artikel saya.

One Response

Leave a Reply