});

Pengertian Permainan Tradisional Menurut Homo Ludens, James Danandjaja dan Para Ahli

Pengertian Permainan Tradisional – Permainan tradisional adalah sebuah permainan yang diciptakan dan diturunkan secara turun-temurun. Permainan tradisional sangat mudah kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Lalu apa pengertian permainan tradisional yang lebih rinci lagi? Berikut ulasan lengkapnya.

 

Pengertian Permainan Tradisional

pengertian permainan tradisional
pixabay.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), permainan artinya sesuatu yang digunakan untuk bermain, baik itu berupa barang atau hal lain yang dipermainkan. Sedangkan kata tradisional menurut KBBI berarti sikap , cara berpikir, dan bertindak yang selalu berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan secara turun-temurun.

Kesimpulannya, pengertian permainan tradisional jika merujuk pada KBBI adalah sebuah aktivitas bermain yang dilakukan secara turun-temurun. Artinya, permainan tradisional dapat menggambarkan kebudayaan sebuah daerah dan karakteristik nenek moyang mereka.

 

Pengertian Permainan Tradisional Menurut Para Ahli

pengertian permainan tradisional menurut para ahli
pixabay.com

Seiring dengan perkembangan zaman, permainan tradisional semakin ditinggal oleh anak zaman sekarang. Bahkan mungkin anak muda zaman sekarang sudah tidak paham tentang pengertian permainan tradisional.

Hadirnya teknologi yang semakin canggih membuat permainan dapat di akses melalui telepon genggam. beberapa developer mencoba menanggulangi hal ini dengan menghadirkan aplikasi permainan tradisional di hp pintar.

Tujuan utamanya supaya generasi muda Indonesia dapat mengenal dan kembali tertarik memainkan permainan tradisional. Namun yang terjadi justru mereka lebih memilih bermain menggunakan hp. Padahal secara praktek, tingkat kesenangannya berbeda jika dimainkan di hp dan praktek langsung di lapangan.

 

1. Pengertian Permainan Tradisional Menurut Homo Ludens

permainan tradisional menurut homo ludens
pixabay.com

Permainan tradisional adalah sebuah cara manusia menunjukkan karakter mereka dengan cara memainkan sebuah permainan. Sebuah kebudayaan dalam bermain merupakan insting dan kehendak manusia.  Sebuah konsep menghibur yang terus dijaga dari generasi ke generasi.

Dapat disimpulkan bahwa pengertian permainan tradisional menurut Homo Ludens adalah sebuah kebudayaan umat manusia dalam menghibur diri melalui permainan. Hal itu dijaga dan dimainkan dari masa ke masa secara turun-temurun.

 

2. Pengertian Permainan Tradisional Menurut James Danandjaja

Pengertian permainan tradisional - Permainan tradisional menurut kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah upaya untuk menyenangkan hati dengan menggunakan permainan yang ditunkan dari generasi ke generasi dan terjaga keasliannya.
pexels.com

Pengertian permainan tradisional menurut James Danandjaja yaitu bentuk permainan yang berupa permainan anak-anak yang menyebar baik secara lisan maupun anggota kolektif yang berbentuk tradisional yang diwariskan secara turun-temurun.

Di Indonesia sendiri, jenis permainan tradisional biasanya mempunyai keunikan di setiap daerah. hal ini dikarenakan permainan tradisional biasanya menggunakan peralatan atau media yang terdapat di alam sekitar. Contohnya adalah permainan tradisional di daerah pantai akan berbeda dengan permainan tradisional di perbukitan.

 

3. Pengertian Permainan Tradisional Menurut Kurniati

penegrtian permainan tradisional menurut Kurniatai
pixabay.com

Pengertian permainan tradisional menurut Kurniati yaitu permainan yang dapat melatih potensi anak yang dicerminkan  dalam setiap perilaku adaptasi sosial  dengan selalu melestarikan dan juga mencintai  budaya Nusantara tercinta bangsa Indonesia ini.

Sebuah permainan tradisional dapat menjadi identitas sebuah budaya atau golongan masyarakat. Hal ini dapat meningkatkan rasa cinta terhadap kebudayaan yang kita miliki. Sebuah permainan tradisional yang terjaga juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah.

 

4. Pengertian Permainan Tradisional Menurut Atik Soepandi

Pengertian Permainan Tradisional Menurut Atiek Soepandi
pixabay.com

Pengertian permainan tradisional menurut Atiek Soepandi adalah kegiatan untuk  menghibur hati baik menggunakan alat atau tidak. Sedangkan pengertian tradisional adalah sesuatu yang dituturkan atau diwariskan secara turun-temurun dengan tujuan hiburan atau menyenangkan hati.

Tujuan utama memainkan sebuah permainan adalah untuk menyegarkan kembali otak dan pikiran. Selain itu juga sebagai hiburan dan melepas penat. Bermain permainan tradisional akan menjadi nilai plus karena dapat melestarikan budaya tradisional sebuah daerah.

Artikel populer: penemu youtube dan sejarahnya

5. Pengertian Permainan Tradisional Menurut BP-PLSP

Pengertian Permainan Tradisional Menurut BP-PLSP
pixabay.com

Pengertian permainan tradisional menurut BP-LSP ( Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda) adalah hasil penggalian dari budaya sendiri yang didalamnya banyak mengandung   nilai-nilai pendidikan karena dalam kegiatan  permainannya memberikan rasa senang, gembira, ceria pada yang memainkannya.

Selain itu permainannya dilakukan secara berkelompok sehingga menimbulkan rasa demokrasi antar teman main dan alat permainan  yang digunakan relatif sederhana (2006). Hal ini menjadi indikasi bahwa permainan tradisional sangatlah mudah dimainkan karena alat bermainnya diambil dari alam sekitar.

 

Permainan Tradisional di Berbagai Daerah

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan. Terdapat ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan kebudayaan yang beraneka ragam. Contohnya dalam hal permainan tradisional.

Permainan tradisional di berbagai daerah di Indonesia sangatlah unik dan mempunyai ciri tersendiri. Berikut ini beberapa contoh permainan tradisional di berbagai daerah di Indonesia.

 

 

1. Permainan Tradisional Papua

Permainan Tradisional Papua
kotametro.com

Papua adalah sebuah pulau di wilayah Indonesia yang terletak di sebelah timur. kebudayaan Papua selalu menarik dan mempunyai keunikan dari daerah lain di Indonesia. Ada beberapa permainan tradisional Papua yang banyak digemari oleh penduduk sekitar.

Contoh permainan tradisional Papua adalah Tok Asya, patah kaleng, dan kayu malele. Tok Asya yaitu permainan dengan menggunakan ban dan kayu. Cara mainnya ban harus digelindingkan dengan kayu sejauh mungkin. Permainan ini perlu ketelitian yang bagus dalam menjaga keseimbangan ban.

 

2. Permainan Tradisional Jawa Barat

Permainan Tradisional Jawa Barat
boy boyan – gadis.co

Jawa Barat adalah salah satu provinsi dengan jumlah penduduk yang sangat banyak. Banyaknya jumlah penduduk juga menjadi bukti daerah ini memiliki berbagai macam kebudayaan yang berbeda. Termasuk diantara permainan tradisional yang beragam.

Permainan tradisional Jawa Barat diantaranya seperti bebentengan, gatrik, oray-orayan, cingciripit, dan boy-boyan. Permainan tradisional boy-boyan adalah salah satu permainan favorit di Jawa Barat. Permainan ini menggunakan bola kasti atau benda lain yang dibuat seperti bola. Kemudian genteng kecil disusun. Ada 2 tim yang bermain, satu menjaga genteng dan satu lagi bertugas meruntuhkan susunan genteng.

 

3. Permainan Tradisional Jawa Timur

Permainan Tradisional Jawa Timur
siraplimau.com

Permainan tradisional di daerah Jawa Timur sangatlah beragam. Contohnya seperti  jamuran, engklek, petak umpet, cublak-cublak suweng, lompat karet, dan nekeran. Selain itu juga ada permainan tradisional lain seperti gobak sodor, congklak, dan juga benteng-bentengan.

Salah satu permainan tradisional terfavorit di Jawa Timur adalah gobak sodor. Permainan ini sangat populer di kalangan anak-anak Jawa Timur. Bahkan permainan ini sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dengan nama yang berbeda.

 

4. Permainan Tradisional Kalimantan

Permainan Tradisional Kalimantan
permainan balogo – itjeher.com

Kalimantan merupakan salah satu pulau yang mempunyai hasil alam yang melimpah. berbagai jenis perkebunan ada di Kalimantan. Selain kaya akan sumber daya alamnya,  Kalimantan juga mempunyai berbagai permainan tradisional yang sangat jarang ditemui di daerah lain.

Contoh permainan tradisional di kalimantan adalah bagasing, balogo, isutan jarat, batewah, dan batungkau. Balogo adalah salah permainan suku Banjar dari Kalimantan Selatan. Permainan ini menggunakan logo yang terbuat dari tempurung kura-kura dan bantuan stik dengan panjang sekitar 35 cm.

Cara bermainnya harus dilakukan minimal 2 orang. beberapa logo disusun melintang di belakang garis. Kemudian pemain berlomba merobohkan logo. pemenangnya adalah orang yang paling banyak membuat logo keluar dari garis.

***

Inilah akhir dari informasi yang bisa saya bagikan tentang pengertian permainan tradisional. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kalian.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.