});

Peta Bali Lengkap dengan Lokasi Wisata dan Nama Kecamatan

PETA BALI – Pulau Bali adalah salah satu destinasi wisata Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Bali memiliki banyak kebudayaan dan tempat wisata yang menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung ke Bali.

Pakaian adat Bali yang mempunyai ciri khas sering menjadi oleh-oleh para wisatawan. Contoh pakaian adat Bali adalah baju adat Bali payas agung, payas jangkap, payas madya, dan pakaian adat Bali payas alit.

Selain pakaian adat dan kebudayaan Bali, Pulau Bali juga tentu memiliki banyak tempat wisata indah. Contoh tempat wisata di Bali adalah Pantai Kuta dan Danau Beratan Bedugul. Kumpulan Peta Pulau Bali berikut akan membahas berbagai fakta wisata dan lokasi di Pulau Bali.

Peta Bali

peta bali
peta-kota.blogspot.co.id

Bali adalah sebuah pulau yang memiliki banyak warisan budaya yang masih terjaga. Contohnya adalah pakaian adat bali menggunakan ikat kepala yang disebut undeng, kain kamen, hingga baju dan celana khas Bali. Peta Bali dapat memudahkan kalian mengakses lokasi di Provinsi Bali.

Jika kalian ingin berkunjung ke Bali, ada baiknya mempelajari struktur lokasi Bali melalui peta Bali di atas. Jika ingin mendowload peta Provinsi Bali silahkan simpan gambar di atas. Mendownload gambar peta dapat menjadi alternatif mempelajari lokasi ketika tidak ada sinyal internet.

Berbicara soal Bali, ada banyak ciri khas yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Contohnya adalah pakaian adat Bali yang memiliki banyak keunikan dan keindahan corak. Pakaian adat Bali untuk wanita contohnya adalah sanggul, kebaya, kamen, selendang/senteng, kain tapih, dan perhiasan lainnya.

Peta Bali Indonesia

peta bali indonesia
indoindotraverl.blogspot.co.id

Peta Bali Indonesia di atas detail menjelaskan beberapa lokasi khusus seperti danau yang ada di Bali. Nama danau yang ada di Bali adalah Danau Buyan, Danau Bratan, Danau Batur, dan Danau Tembilangan. Selain itu, peta Bali Indonesia di atas juga menunjukkan posisi Pantai Kuta secara jelas.

Berbicara soal Bali, mari kita bahas lebih banyak tentang tradisi, pakaian adat, dan hal lain yang berkaitan dengan bali. Contohnya adalah baju adat Bali. Baju adat Bali biasanya dipakai untuk acara atau upacara keagamaan. Contohnya seperti baju adat Bali payas agung dan payas alit.

Jika kalian berwisata ke Bali, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Bali baik berupa pernak pernik ataupun pakaian adat Bali. Kunjungi juga beberapa tempat eksotis seperti di kabupaten Buleleng dan Kota Denpasar Bali.

Peta Bali Lengkap

peta bali lengkap
berliyanto.com

Peta Bali lengkap dengan nama kecamatan, kota dan kabupaten akan membuat kalian memahami nama tempat dan daerah di Pulau Bali. Bali mempunyai 9 kabupaten/kota. Kota Denpasar mempunyai 4 kecamatan yaitu Kecamatan Denpasar Utara, selatan, timur, dan barat.

Selanjutnya, ada Kabupaten Badung Provinsi Bali yang terdiri dari Kecamatan Abiansemal, Kecamatan Kuta, Kecamatan Kuta Utara, Kecamatan Kuta Selatan, Kecamatan Mangwi, dan Kecamatan Petang.

Kabupaten Bangli di Provinsi Bali mempunyai 4 kecamatan. Pertama adalah Kecamatan Tembuku, Kecamatan Susut, Kecamatan Kintamani, dan Kecamatan Bangli. Kabupaten Bangli juga menyimpan berbagai keindahan alam yang layak kalian kunjungi.

Setelah itu, ada Kabupaten Buleleng Bali yang mempunyai 9 kecamatan, Nama kecamatan di Kabupaten Buleleng adalah Kecamatan Tejakula, Sukasada, Seririt, Sawan, Kubutambahan, Kecamatan Gerokgak, Busungbiu, Buleleng, dan Kecamatan Banjar.

Baca juga: temukan lokasi wisata tersembunyi di Ibukota melalui peta Jakarta

Peta Bali PNG

peta bali png
mbojo.wordpress.com

Masih membahas nama kota, kabupaten, dan kecamatan yang ada di Bali. Selanjutnya ada Kabupaten Gianyar-Bali yang memiliki 7 kecamatan. Nama kecamatan di Kabupaten Gianyar adalah Kecamatan Ubud, Tegallalang, Tampak Siring, Sukawati, Payangan, Gianyar, dan Kecamatan Blahbatuh atau Belah Batuh.

Kemudian ada Kabupaten Jembrana-Bali yang mempunyai 5 kecamatan. Nama kecamatan di Kabupaten Jembarana adalah Kecamatan Pekutatan, Negara, Mendoyo, Melaya, dan Kecamatan Jembrana.

Daerah yang ke-7 ada Kabupaten Karangasem-Bali yang memiliki 7 kecamatan. Nama kecamatan di Karangasem-Bali adalah Kecamatan Sidemen, Selat, Rendang, Manggis, Kubu, Karang Asem, Bebandem, dan Kecamatan Abang.

Setelah itu, di Provinsi Bali juga ada Kabupaten Klungkung yang ditempati oleh 4 kecamatan. Nama kecamatan di Kabupaten Klungkung adalah Kecamatan Nusapenida, Klungkung, Dawan, dan Kecamatan Banjarangkan.

Daerah yang terakhir di Provinsi Bali adalah Kabupaten Tabanan dengan jumlah kecamatan paling banyak yaitu 10. Nama kecamatan di Kabupaten Tabanan adalah Kecamatan Tabanan, Selemadeg, Selemadeg Timur, Selemadeg Barat, Pupuan, Penebel, Marga, Kerambitan, Kediri, dan Kecamatan Baturiti.

Peta Bali Selatan

peta bali selatan lengkap
bangunariyanto.wordpress.com

Bali Selatan termasuk wilayah Bali yang mempunyai tujuan destinasi utama di Pulau bali. Disana ada Pantai Kuta, Tanjung Benoa, Seminyak, Pura Uluwatu, Pantai Nusa Dua, Pantai Sanur, Jimbaran, Legian, Garuda Wisnu Kencana, serta Pantai Pandawa. Kalian dapat mengetahui lokasinya secara jelas melalui Peta Bali Selatan di atas.

Wilayah Bali Selatan juga mempunyai tempat wisata lain seperti Pantai Dreamland, Water Blow Bali, Joger Kuta, Water Boom Bali, Kuta Theater, Monumen Ground Zero, Beachwalk Bali, Jalan Legian, Pantai Legian, Pantai Kuta, XXI Beachwalk Bali, dan Circus Waterpark Bali.

Jika dihitung-hitung, ada lebih dari 20 tempat wisata yang tersebar hanya di wilayah Bali Selatan saja. Bagaimana? banyak pilihan tempat wisatanya, kan. Kalian akan dibuat pusing memilih destinasi wisata hanya di daerah Bali Selatan saja. Apalagi jika ditambah dengan puluhan lokasi lainnya di wilayah Bali lainnya.

Peta Bali Lombok

peta bali lombok
keluyuranbertiga.com

Pulau Lombok berada di sebelah timur Pulau Bali. Kalian yang sedang berencana berlibur pasti akan membandingkan ke-2 lokasi ini. selain karena jaraknya yang berdekatan, Pulau Lombok dan Pulau Bali mempunyai banyak tempat wisata terutama keindahan alam  yang luar biasa.

Jika kalian ada niatan berlibur di Bali, pertimbangkan juga untuk berlibur di Lombok. belakangan ini banyak artis yang memposting liburan mereka di Pulau Lombok dengan keindahan yang membuat semua orang iri melihatnya.

Contoh lokasi wisata di Pulau Lombok yang mempunyai keindahan alam adalah Gunung Rinjani. Selain itu, ada juga Pura Batu Bolong, Pantai Senggigi, Taman Narmada, Air Terjun Sendang Gile, Danau Segara Anak, Gili Trawangan, Pantai Kuta Lombok, Pantai Sire, dan Hutan Monyet Pusuk.

Salah satu lokasi wisata di Pulau Lombok yang paling diminati adalah Pantai Sire karena keindahannya, panorama Gunung Rinjani, dan garis pantai yang menjulang sejauh 4 km.

Peta Bali Vektor

peta bali vector
d-maps.com

Meskipun artikel kali ini membahas soal peta, saya sengaja membahas beberapa hal diluar tema supaya membuat artikel lebih berisi. ya iya, lah. Kalau cuma bahas peta kan gak usah ribet kasih kata-kata. Cukup gambar, nama daerah, keterangan, udah.

Tapi kali ini saya juga ingin membagikan beberapa informasi terkait dengan wilayah yang ada pada peta. Salah satu peta yang dicantumkan adalah peta Bali vektor. Akan tetapi, peta Bali tersebut sudah dikompres jadi file jpg atau png, saya lupa.

Peta Bali vektor di atas hanya sebagai gambaran saja bagaimana bentuk Pulau Bali jika digambarkan dalam peta vektor. Umumnya peta vektor hanya berupa garis batas wilayah dengan 2 warna utama.

Peta Wisata Bali

peta wisata bali
indonesia-tourism.com

Peta wisata bali akan sangat membantu para backpaker untuk menjelajahi Pulau Bali tanpa tersesat. Kalian juga dapat mempelajari beberapa lokasi wisata di Bali dengan menggunakan peta wisata Bali.

Pelajari dulu peta wisata Pulau Bali tersebut sebelum kalian hendak berlibur ke Pulau Bali. jadi, jika kalian sudah sampai di Bali, tidak perlu lagi bingung tentang alamat dan lokasi tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Selain mengunjungi tempat wisata di Bali, ada baiknya kalian juga menyaksikan berbagai upacara tradisional khas Pulau Dewata yang mempunyai nilai kebudayaan tinggi. Contoh upacara tradisional di bali adalah Upacara Ngaben dan upacara penguburan mayat di daerah Trunyan.

Peta Bali Lombok Lengkap

peta bali lombok lengkap
peta Bali Lombok lengkap – play.google.com

Sekali lagi saya menyinggung soal Lombok pada artikel ini. jika kalian masih bingung ingin berlibur ke mana, mari bandingkan beberapa upacara adat atau budaya yang ada di Pulau bali dan Pulau Lombok.

Pulau Lombok mempunyai upacara adat Merariq yang merupakan upacara pernikahan khas Lombok. Keunikannya, dalam upacara Merariq pengantin lelaki akan menculik pengantin perempuan dengan membawa ke rumahnya.

Selain itu, di Lombok ada kegiatan adat Nyongkolan. Rangkaian kegiatan adat Nyongkolan adalah salah satu kegiatan dalam prosesi pernikahan warga suku sasak di daerah Lombok. Kegiatan ini berupa arakan mempelai pria dan wanita yang start dari rumah mempelai pria dan berakhir di rumah mempelai wanita.

Kegiatan ini melibatkan seluruh anggota keluarga dan berpotensi menimbulkan kemacetan. Jika jarak rumah mempelai terlalu jauh, biasanya arak-arakan pengantin hanya berjarak 0,5-1 km dari rumah pengantin wanita.

Kegiatan adat yang ke-3 adalah Upacara Bau Nyale. Menurut bahasa sasak, bau artinya menangkap dan nyale adalah nama salah satu cacing laut di daerah Lombok. Kegiatan ini biasanya dilakukan antara bulan Februari dan Maret.

Kegiatannya adalah masyarakat turun ke pantai pada jam 4-5 pagi. Pada waktu itu, air laut sedang mengalami pasang-surut dan masyarakat mencari nyale untuk dimakan atau dijual. Ribuan masyarakat Lombok dan wisatawan selalu memadati pantai ketika bau nyale dilaksanakan.

Peta Pulau Bali

Setelah mengetahui beberapa tradisi unik di Pulau Lombok, sekarang kita bahas beberapa adat dan upacara unik di Pulau Bali. Jika kalian ingin mengetahui dimana tempat upacara dan tradisi unik itu dilakukan, silahkan klik peta Pulau Bali online di atas dan eksplor semua yang ingin kalian ketahui di Pulau Bali.

Upacara ngaben adalah salah satu upacara adat Bali yang sudah cukup terkenal. Upacara Ngaben adalah pembakaran mayat yang dilakukan hingga jasad mayat menjadi abu. Menurut kepercayaan mereka, hal ini bertujuan untuk mensucikan jiwa dan raga mayit.

Selanjutnya ada upacara perang pandan. Tradisi ini juga diberi nama mekare-kare. Upacara ini menempatkan 2 orang untuk saling memukul menggunakan daun pandan yang berduri tanpa menggunakan baju. Uniknya, peserta upacara ini tidak merasa kesakitan meski kulit mereka terluka.

Tradisi unik di Bali lainnya adalah upacara megibung. Upacara yang dilakukan dengan cara mengumpulkan warga masyarakat untuk makan bersama berjejeer dalam 1 wadah. Tradisi makan bersama ini juga dapat dilaksanakan bersama wisatawan yang hadir.

Satu pemikiran pada “Peta Bali Lengkap dengan Lokasi Wisata dan Nama Kecamatan

Tinggalkan komentar