});
Peta Jakarta

Pelajari Tempat Wisata dan Lokasi Unik di Ibukota Melalui Peta Jakarta

Peta Jakarta – Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta adalah Ibukota Negara Indonesia. Wilayah Ibukota Jakarta dibagi menjadi 5 Kotamadya dan 1 kabupaten yaitu Kabupaten Kepulauan Seribu, Kota administrasi Jakarta Barat, timur, pusat, utara, dan Jakarta Selatan.

Sebagai Ibukota, Jakarta mempunyai beberapa sentra perbelanjaan seperti Plaza Senayan, Plaza Indonesia, Grand Indonesia, Senayan City, dan Jakarta Convention Center. Artikel kali ini akan membagikan peta Jakarta berkualitas hd yang dapat kalian download dengan mudah.

Peta Jakarta

peta jakarta
google.com

Peta Jakarta di atas memberikan informasi secara khusus tentang cluster yang ada di wilayah Kota Jakarta. Kota Jakarta adalah wilayah kota dengan pertumbuhan ekonomi yang dikategorikan cukup pesat. Lebih dari 70% uang yang beredar di Indonesia ada di Jakarta.

Pesatnya perekonomian Jakarta dihasilkan dari sektor jasa, perdagangan, industri, dan properti. Salah satu sentra dagang terbesar di Jakarta adalah Pusat Grosir Tanah Abang. Pasar tersebut merupakan pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara dengan pengunjung yang tidak ada habisnya.

Selain itu, industri pasar modal yang ada di Indonesia berpusat di Jakarta. Bursa Efek Indonesia pernah menjadi bursa pasar modal yang memberi keuntungan terbesar ke-2 pada 2013 setelah Bursa Efek Tokyo, Jepang.

Seiring dengan banyaknya potensi ekonomi yang ada di Jakarta membuat banyak masyarakat dari berbagai daerah tertarik untuk mengadu nasib di Jakarta. Hal ini membuat Kota Jakarta mempunyai banyak pendatang yang diperkirakan lebih dari 50 persen penduduk Jakarta sendiri.

Kali ini syuhadanet akan membahas beberapa poin mengenai geografis dan tempat wisata di Jakarta melalui media peta. Beberapa poin di bawah akan menjelaskan tentang geografis dan tempat wisata di Jakarta.

Peta Jakarta Selatan

peta jakarta selatanPeta administrasi Kota jakarta Selatan di atas dapat di download dengan mudah. Cukup klik kanan pada gambar, kemudian pilih opsi simpan gambar. Jika kalian pengguna perangkat seluler, tekan lama pada gambar peta dan pilih opsi simpan gambar.

Gambar peta Kota Jakarta Selatan menunjukkan struktur kota dan nama kecamatan yang ada di Jakarta Selatan. Contohnya adalah Kecamatan Jagakarsa, Pancoran, Mampang Prapatan, Tebet, dan Setiabudi.

Selain itu, ada juga kecamatan Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Cilandak, Pasar Minggu dan Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Kecamatan Mampang Prapatan dan Pesanggrahan memiliki 5 kelurahan (paling sedikit), sedangkan Kebayoran Baru memiliki 10 kelurahan dan paling banyak di Jakarta Selatan.

Selain mall, Jakarta juga memiliki banyak tempat wisata murah dan bagus untuk dikunjungi. Contohnya adalah tempat wisata di Jakarta Selatan. Kebun Binatang Ragunan adalah salah satu tempat wisata keluarga yang selalu ramai dipenuhi pengunjung.

Selain itu, tempat wisata lainnya adalah Taman Anggrek Ragunan, Setu Babakan, Museum Layang-layang, Pasar Santa, Jimbaran Outdoor, dan Lucy in the Sky. Beberapa lokasi wisata di Jakarta tersebut cocok untuk dikunjungi di malam hari dan mempunyai desain bangunan yang unik.

Peta Jakarta Timur

peta jakarta timurPeta Jakarta Timur detail ukuran besar yang jelas dapat memudahkan kalian mempelajari struktur geografis, lalu lintas, dan unsur lokasi di Jakarta Timur. Kotamadya Jakarta Timur adalah salah satu dari 5 Kotamadya di wilayah DKI Jakarta.

Kotamadya Jakarta Timur mempunyai 10 kecamatan. Kecamatan yang ada di Jakarta Timur adalah Duren Sawit, Jatinegara, Kramat Jati, Matraman, Pulo Gadung, Kecamatan Cakung, Cipayung, Ciracas, Makasar, dan Pasar Rebo.

Ada beberapa tempat wisata di Jakarta Timur yang bagus dan dapat dijadikan sarana mengahabiskan liburan. Contoh tempat wisatanya adalah TMII (Taman Mini Indonesia Indah), Telaga Arwana Cibuubur, Bumi Perkemahan Cibubur, Monumen Pancasila Sakti, dan Cibubur Garden Diary.

Selain, ada juga tempat wisata lain seperti Museum Fauna Indonesia dan Taman Reptilia yang menyimpan banyak reptil yang diawetkan, Museum Perjuangan Jatinegara, dan Museum Asmat yang dibangun atas gagasan Ibu Tien Soeharto.

Peta DKI Jakarta

peta dki jakarta

Pada masa sebelum tahun 1959, jakarta adalah bagian dari wilayah Provinsi Jawa Barat. Kemudian pada tahun 1959 Jakarta menjadi daerah tingkat I (dati I) yang diatur atau dipimpin oleh gubernur. Seorang dokter tentara bernama Soemarno Sostroatmodjo menjadi gubernur pertama Jakarta saat itu.

Baru pada tahun 1961 status Jakarta kembali mengalami perubahan menjadi Daerah Khusus Ibukota (DKI) dengan gubernur yang sama. Saat pertama kali menggantikan Jogja sebagai ibukota negara, jumlah penduduk Jakarta semakin bertambah karena banyak pembangunan yang terjadi di kawasan ibukota.

Hingga saat ini, status Jakarta tetap menjadi ibukota negara yang memiliki tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi. Oleh karena itu, banyak pembangunan dan peningkatan sarana seperti busway dan krl yang dilakukan untuk menyokong keberlangsungan masyarakat ibukota.

Peta Jakarta Barat

peta jakarta barat

Sangat sulit mendapatkan peta Jakarta Barat di mesin pencari google. Kebanyakan peta wilayah DKI Jakarta tidak memisahkan antara barat, utara, selatan, dan lainnya. Oleh karena itu, saya mencantumkan peta Jakarta secara umum meski captionnya peta Jakarta Barat.

Jakarta Barat memiliki beberapa Kelurahan yang sudah tidak asing di telinga. Contohnya adalah Kelurahan Kapuk dengan kode pos 11720, Kelurahan Rawa Buaya dengan kode pos 11740, Kelurahan Kalideres yang kode posnya 11840, kode pos Grogol 11450, Kebon Jeruk kodenya 11530, dan Kelurahan Palmerah kode pos 11480.

Wilayah Jakarta Barat juga memiliki beberapa tempat wisata. Tempat wisata di Jakarta Barat yang dapat dijadikan alternatif liburan adalah Jembatan Kota Intan, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta Barat, Museum Tekstil, dan Toko Merah peninggalan VOC.

Peta Wisata Jakarta

peta jakarta pusat

Sebagai sebuah ibukota negara, Jakarta dituntut supaya mempunyai berbagai tempat wisata sebagai tujuan rekreasi warganya. Bahkan pemerintah juga menggenjot sektor pariwisata dengan mengadakan berbagai even dan edukasi seperti penyebaran dan mencetak peta wisata Jakarta untuk menarik minat wisatawan.

Enjoy Jakarta adalah sebuah program yang dilakukan pemerintah untuk menaikkan sektor pariwisata Jakarta. Beberapa destinasi wisata yang biasa dikunjungi oleh peserta program Enjoy Jakarta adalah Pulau Seribu, Taman Mini Indonesia Indah, kebun Binatang Ragunan, Monumen Nasional, dan Seaworld Indonesia.

Selain itu, ada juga beberapa wisata menarik lainnya yang dapat dijangkau dengan mudah dengan menggunakan berbagai transportasi ibukota. Contohnya adalah Museum Fatahillah, Museum Gajah, wisata belanja seperti Ciputra World Jakarta, ITC Kuningan, Kota Kasablanka, dan Plaza Festival.

Peta Jakarta Pusat

peta jakarta pusat

Sama halnya seperti peta wilayah Jakarta yang lain, peta Jakarta Pusat juga sangat sulit ditemukan dan di download. Salah satu contoh peta Jakarta di atas dapat menjadi solusi penggantinya. Peta jalan Jakarta di atas juga dilengkapi dengan berbagai informasi penting mengenai lalu lintas seperti stasiun kereta api, terminal, dll.

Jakarta Pusat memiliki pasar textile terbesar di Asia Tenggara. Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat selalu ramai dengan pembeli dari dalam dan luar kota. Peta Jakarta Pusat akan sangat membantu kalian mengetahui lokasi wisata dan tempat menarik di daerah Jakarta Pusat.

Jakarta Pusat sendiri memiliki beberapa Kelurahan yang tersebar di seluruh lokasi Jakarta Pusat. Contoh Kelurahan di Jakarta Pusat adalah Gambir, Petojo Selatan, Cideng, Bendungan Hilir, Kebon Melati, Menteng, Pegangsaan, Cikini, Kebon Sirih, Senen, Kwitang, Rawasari, dan Kelurahan Pasar Baru.

Ada juga beberapa tempat wisata di Jakarta Pusat yang layak kalian kunjungi. Contohnya adalah Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Pasar Baru yang berdiri sejak 1820, Museum Gajah atau Museum Nasional, Museum Sumpah Pemuda, Taman Ismail Marzuki, Tugu Proklamasi, dan Museum Taman Prasasti.

Koleksi info tempat lainnya, buka juga peta Pulau Jawa berikut.

Peta Jakarta Utara

Peta Jakarta Utara

Jakarta Utara adalah wilayah Ibukota Jakarta yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Peta Jakarta Utara dapat memberikan gambaran mana saja batas wilayah dan seberapa luas daerah Jakarta Utara.

Sementara itu, Jakarta Utara memiliki 6 kecamatan yang masuk ke dalam wilayah administrasinya. Kecamatan Cilincing, Kelapa Gading, Koja, Pademangan, Tanjung Priok dan Penjaringan termasuk wilayah Jakarta Utara. Kalian dapat mengetahui lokasinya lebih jelas melalui peta Kota Jakarta Utara di atas.

Melalui peta di atas, kalian dapat melihat lokasi Kelurahan Kartini, Sumur Batu, Serdang, Gelora, Bungur, Mangga Dua Selatan, Petojo Utara, dan Kelurahan Gunung Sahari Utama. Beberapa informasi tambahan tentang kode pos di Jakarta Pusat adalah 10670 untuk Kelurahan Serdang dan 10410 kode pos Kelurahan Senen.

Ada beberapa tempat wisata di Jakarta Utara selain mall yang dapat kalian jadikan destinasi wisata. Contohnya adalah Jakarta Islamic Center (JIC), Taman Impian Jaya Ancol, Kampung Marunda, Taman Suaka Marga Satwa Muara Angke, dan juga Pelabuhan Sunda Kelapa.

Selain itu, ada juga tempat wisata unik lainnya seperti Museum Bahari, Bahtera Jaya Ancol, Museum Tugu, Kampung Luar Batang, dan Sentra Perikanan Muara Angke. Masjid Luar Batang Jakarta Utara menjadi salah satu tempat paling historis karena dibangun sejak tahun 1630.

Peta Satelit Jakarta Online

Jika kalian ingin mengetahui bagaimana penampakan Jakarta melalui satelit, kalian dapat menggunakan peta satelit google maps online di atas. Selain data yang diberikan lebih komplit, peta online juga memiliki fitur yang sangat berbeda dari peta offline melalui gambar.

Kalian dapat mengecek lokasi Jakarta secara online, mencari jalur dan rute perjalanan, serta menemukan berbagai tempat seperti restoran, masjid, bahkan lokasi ATM yang ada di sekitar kalian.

Satu pemikiran pada “Pelajari Tempat Wisata dan Lokasi Unik di Ibukota Melalui Peta Jakarta

Tinggalkan komentar