});
sejarah sepak bola singkat

Sejarah Sepak Bola Singkat yang Belum Kalian Ketahui

Sejarah Sepak Bola Singkat- Olahraga sepak bola merupakan cabang olahraga terfavorit di dunia. Cabang olahraga paling populer ini mempunyai banyak fans fanatik yang mendukung klub, negara, bahkan tim regional daerah tertentu. Kali ini kami akan membahas tentang sejarah sepak bola singkat.

Olahraga sepak bola sendiri merupakan sebuah permainan yang dilakukan oleh 2 tim dengan anggota masing-masing 11 pemain. Ke-2 tim tersebut berlomba memasukkan bola yang biasanya terbuat dari kulit untuk dimasukkan ke gawang lawan.

Pemain sepakbola dibagi menjadi 4 macam berdasarkan posisi dan tugasnya. Penjaga gawang bertugas di area pertahanan untuk mencegah bola masuk ke gawang. Kiper adalah satu-satunya pemain yang dapat menyentuh bola dengan tangan.

Selanjutnya, ada pemain bertahan atau bek. Posisinya di daerah belakang pertahanan sebagai benteng pertama sebelum pemain lawan memasuki kotak penalti. Ke-3 ada gelandang yang bertugas membantu pertahanan ketika lawan menyerang dan membantu penyerangan ketika tim hendak memasukkan gol.

Terakhir ada penyerang atau striker. tugas seorang striker adalah memporak porandakan pertahanan lawan supaya dapat mendapatkan gol dan memenangkan pertandingan. Tim yang mampu memasukkan bola paling banyak ke gawang lawan akan menjadi pemenangnya.

Baiklah, langsung saja kita menuju pembahasan tentang sejarah sepak bola singkat dan lengkap yang perlu kalian ketahui. Sejarah sepak bola singkat ini juga dapat menambah ilmu dan pengetahuan kalian tentang olah raga sepak bola.

Sejarah Sepak Bola Singkat

sejarah sepak bola
emaze.com

Sejarah sepak bola singkat nya berasal dari Negara Cina pada masa Dinasti Han. Tentara Dinasti Han saat itu memainkan sepak bola untuk melatih fisik antara bad ke-2 hingga ke-3 SM.

Permainan sepak bola yang dimulai di Cina tersebut secara perlahan mulai menyebar ke berbagai negara tetangga. Sejarah sepak bola yang tercatat secara pasti adalah pada abad ke-8 yang dilakukan masyarakat Jepang dengan nama Kemari. 

Sejarah Sepak Bola Dunia

penemu permainan sepak bola
worldcupballs.info

Pada abad pertengahan, sepak bola umumnya dimainkan dengan jumlah pemain yang tidak terbatas. hal ini dikarenakan belum adanya aturan baku tentang permainan sepak bola. Pada zaman abad pertengahan, bola yang digunakan biasanya dibuat dari usus atau kulit hewan.

Secara umum, permainan sepak bola mendapatkan beberapa pengembangan mulai dari perubahan aturan, pembuatan organisasi, dan hal lain yang membuat olah raga sepak bola semakin terstruktur dan menarik. Berikut beberapa peristiwa bersejarah dalam perkembangan sepak bola.

  1. FA atau Asosiasi Sepak Bola Inggris didirikan tahun 1863
  2. Diselenggarakannya pertandingan sepak bola di luar Inggris antara Amerika vs Kanada tahun 1885
  3. Diadakan rapat membahas pembentukan organisasi sepak bola dunia tahun 1886
  4. Penambahan aturan sepak bola supaya wasit menjadi pemegang kendali dalam sebuah pertandingan dimulai tahun 1888
  5. Pembentukan organisasi sepakbola resmi yang diberi nama FIFA tahun 1904

Berdirinya FIFA pada tahun 1904 merupakan tonggak awal semakin berkembangnya olah raga sepak bola. Pada awal pembentukannya FIFA hanya memiliki 6 anggota. Negara penggagas dan anggota FIFA adalah Perancis, swedia, Belgia, Belanda, Spanyol, dan Swiss.

Saat ini, FIFA menjadi wadah bagi seluruh tim sepakbola dan merupakan organisasi resmi tertinggi olahraga sepak bola. FIFA mempunyai slogan “For The Game, For The World”. Slogan FIFA mempunyai arti yaitu olah raga sepak bola bertujuan untuk menjadi sarana menyatukan seluruh manusia dari berbagai bangsa di dunia.

Pusat organisasi induk sepak bola dunia berada di Swiss. FIFA bertugas untuk terus melakukan pengembangan peraturan, pengawasan, dan perumusan aturan yang berlaku bagi tim sepakbola di seluruh dunia.

Itulah beberapa poin penting tentang sejarah sepak bola singkat di dunia. Selanjutnya, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang organisasi sepak bola dunia yang akan kami bahas selanjutnya.

Organisasi Sepak Bola Dunia

Organisasi Sepak Bola Dunia
politis.com.cy

Organisasi sepak bola yang berbasis pada wilayah tertentu dibuat untuk mempermudah pengawasan organisasi sepak bola terhadap klub yang bertanding dan mempermudah jalannya sebuah kompetisi. Berikut ini organisasi sepak bola di berbagai benua di dunia:

  • AFC (Asian Football Confederation), organisasi sepak bola untuk negara-negara yang ada di wilayah Benua Asia. AFC didirikan pada tahun 1954 dan mempunyai 46 anggota termasuk Indonesia. Turnemen sepak bola di wilayah Asia tingkat klub adalah Asian Cup atau AFC Cup.
  • CAF (Confédération Africaine de Football) organisasi ini membawahi seluruh negara di Benua Afrika. CAF berdiri pada tahun 1957 dan mempunyai 53 negara anggota. Turnamen sepak bola bergengsi di wilyaha Afrika adalah african Cup of Nations.
  • CONCACAF (Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football), CONCACAF resmi berdiri pada tahun 1961 dan saat ini mempunyai 4o negara anggota. Wilayah yang menjadi tanggung jawab CONCACAF adalah Amerika Tengah, Amerika Utara, dan Karibia. Turnamen bola bergengsi di wilayah CONCACAF adalah CONCACAF Gold Cup.
  • CONMEBOL (Confederación Sudamericana de Fútbol), CONMEBOL adalah induk organisasi sepak bola bagi negara-negara di Amerika Selatan. CONMEBOL didirikan pada tahun 1916 dan mempunyai 10 negara anggota. Turnamen bergengsi di wilayah CONMEBOL adalah Copa America.
  • UEFA (Union of European Football Associations), UEFA merupakan salah satu organisasi paling populer karena berada di daratan eropa yang menjadi pusat sepak bola modern. UEFA resmi berdiri pada tahun 1954 dan menjadi wakil negara-negara di benua biru. UEFA memiliki 53 negara anggota dengan turnamen bergengsi UEFA European Championship atau lebih dikenal dengan nama Liga Champions.
  • OFC (Oceania Football Confederation), OFC berdiri di tahun 1966 yang mewakili negara-negara di wilayah Oseania. OFC memiliki 11 anggota negara dan memiliki turnamen bernama OFC Nations Cup.

Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah Permainan Sepak Bola
latabernaonline.com

Meskipun sepak bola pertama kali dimainkan di Negara Cina pada masa dinasti Han, sejarah tidak mencatat Cina sebagai tempat lahirnya sepak bola modern. Akan tetapi, masyarakat dunia telah setuju menjadikan Inggris sebagai negara lahirnya sepak bola modern.

Hal ini didasari karena organisasi sepak bola tertua di dunia bernama FA (The Football Association) lahir di Inggris pada tahun 1863. Sedangkan FIFA yang menjadi induk organisasi sepak bola dunia saat ini baru resmi berdiri pada tahun 1904.

Bahkan, FA yang menjadi organisasi sepak bola Inggris saat ini telah banyak berperan memberikan berbagai perubahan terkait peraturan yang berlaku dalam sepak bola. Hal ini mempermudah peran FIFA yang menjadi induk organisasi yang diresmikan 41 tahun setelah hadirnya FA.

Oleh karena itu, tugas FIFA untuk menjadi organisasi yang mengatur segala hal tentang sepak bola dunia menjadi lebih ringan. FIFA hanya perlu melanjutkan apa yang telah dikembangkan oleh FA di bidang sepak bola.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sejarah Sepak Bola Indonesia
waiwaiworld.com

Sejarah sepak bola Indonesia tidak lepas dari keberadaan Belanda yang menjajah Indonesia. Olah raga sepak bola disebarkan di Indonesia melalui peran 2 negara dengan latar belakang berbeda.

Pertama, sepak bola diklaim masuk ke Indonesia melalui para pedagang Cina yang berniaga dan tinggal di Indonesia. Permainan sepak bola yang memang berasal dari Cina dimainkan oleh para pedagang Tionghoa tersebut di tanah nusantara.

Lama kelamaan, masyarakat Indonesia ikut berbaur dan memainkan permainan sepak bola. Akan tetapi, ada satu teori lain tentang masuknya sepak bola ke Indonesia yang juga dapat dibenarkan. Begitulah fakta yang tercatat sebagai sejarah sepak bola singkat di Indonesia.

Permainan sepak bola masuk ke Indonesia melalui praktek kolonial. Para meneer Belanda yang sudah lebih dulu mengetahui tentang permainan sepak bola secara tidak langsung memperkenankan sepak bola kepada rakyat Indonesia.

Biasanya, para bangsawan Belanda hanya melakukan olahraga sepak bola dengan rekan konglomerat dan kalangan tertentu saja. Akan tetapi, mereka pasti membutuhkan bantuan rakyat Indonesia yang bekerja sebagai buruh untuk pembuatan fasilitas seperti lapangan.

Dari sinilah proses penyebaran sepak bola dimulai. Orang yang bekerja untuk membuat lapangan, gawang sepak bola, jaring, hingga menyediakan peralatan sepak bola bagi orang Belanda tersebut otomatis mengetahui tentang permainan baru ini.

Sepulangnya orang pribumi dari aktifitas mereka membuat fasilitas sepak bola tersebut, mereka menyebarkannya di kampung halaman. Tentunya dengan fasilitas yang lebih sederhana.

Batas garis lapangan biasanya tidak dibuat spesifik, gawang dibuat hanya dengan batang kayu yang ditancapkan, dan bola hanya menggunakan kain yang dibulatkan, batok kelapa, atau benda lainnya.

Semua itu tentu didasari terbatasnya fasilitas yang dimiliki pada masa penjajahan. Karena permainan sepak bola sangat menarik, penyebarannya pun cukup pesat di tanah air.

Organisasi Sepak Bola Indonesia

Organisasi Sepak Bola Indonesia
mendozapost.com

Sejarah sepak bola singkat di Indonesia di awali dengan lahirnya PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) yang merupakan induk organisasi sepak bola di Indonesia. Organisasi ini resmi didirikan di Kota Yogyakarta pada 19 April tahun 1930.

Sebelum PSSI berdiri, sejarah mencatat sudah banyak organisasi atau klub sepak bola yang berdiri di zaman penjajahan Belanda. Pada tahun 1915, banyak klub sepak bola yang didirikan oleh rakyat Tionghoa di Indonesia.

Kemudian pada 1920, berdirilah klub bola terhebat dalam sejarah Hindia Belanda (Indonesia saat itu) yang bernama UMS Jakarta dan Surabaya.

Indonesia sempat mencatatkan prestasi gemilang karena berhasil lolos ke fase akhir Piala Dunia Perancis 1938. Akan tetapi, saat itu organisasi yang mewakili Indonesia adalah NIVU yang merupakan organisasi sepak bola buatan Belanda atas nama Hindia Belanda (bukan Indonesia).

Pada masa pemerintahan Jepang, PSSI mengalami masa vakum karena posisi organisasi dimasukkan sebagai anggota badan olahraga jepang yang bernama Tai Iku Kai.

PSSI semakin aktif dan berkembang setelah Indonesia  merdeka. Kini, banyak liga-liga di Indonesia yang berada di bawah naungan PSSI seperti Liga Indonesia, Divisi Utama, 1, 2, 3, dan berbagai kompetisi lainnya.

Selain itu, ada juga pengelompokkan usia seperti U-15 hingga U-23 dan tim senior. Tujuannya supaya pembinaan sepak bola dapat lebih sesuai dan membuat turnamen lebih kompetitif sesuai dengan umur peserta.

***

Itulah beberapa pembahasan mengenai sejarah sepak bola singkat di dunia, Indonesia, dan berbagai organisasi sepak bola di seluruh benua.

Ternyata olah raga sepak bola yang menjadi favorit banyak orang ini memang mempunyai umur yang cukup tua. Bayangkan saja, dinasti Han sebagai penemu sepak bola sudah memainkanya sejak abad ke-2 SM (sebelum masehi).

Pemahaman terhadap sejarah sepak bola singkat ini dapat menambah pengetahuan kalian tentang sejarah awal lahirnya sepak bola kuno hingga modern.

Selain mengetahui sejarah singkat sepak bola, kalian juga jadi mengetahui organisasi sepak bola dan bagaimana olahraga sepak bola itu dapat menyebar ke seluruh dunia hingga Indonesia.

Tinggalkan komentar