});

Wahana Unik di Taman Bunga Nusantara Cianjur Terindah

Taman Bunga Nusantara Cianjur merupakan salah satu destinasi favorit di Cianjur. Lokasinya berada di Jalan Mariawati km 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Ada beberapa wahana unik di tempat wisata ini seperti Taman Perancis, Taman Air, Taman Mawar, dan beberapa taman lainnya yang tidak kalah unik.

tamanbunga-nusantara.com

Tempat wisata ini diresmikan pada 10 September 1995. Luas area taman wisata ini sekitar 23 hektare. Taman Bunga Nusantara buka pada pkl. 08.00-17.00 pada hari biasa dan pkl. 08.00-17.30 pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Tiket masuknya seharga Rp. 40.000 untuk usia diatas 4 tahun, dan gratis untuk yang masih dibawah 4 tahun.

Berikut ini wahana unik di Taman Bunga Nusantara Cianjur Terindah yang cocok dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Keindahan bunga dan desain bangunan pendukungnya juga tidak kalah unik.

 

1. Taman Perancis

Taman Perancis
rajatourbandung.com

Taman Perancis mengutamakan desain dari berbagai jenis tanaman. Jenis taman ini bukan berupa kumpulan bunga-bunga Perancis. Melainkan taman dengan desain yang melambangkan penguasaan manusia terhadap alam.

Jenis taman seperti ini terkenal pada masa Kaisar Louis XIV. Penentuan bagaimana mendesain tanaman merupakan unsur yang lebih penting dari jenis tanaman pada masa itu.

 

2. Taman Jam, Ikon Raksasa Taman Bunga Nusantara Cianjur

taman bunga nusantara cipanas
titisari04.wordpress.com

Taman Jam merupakan taman yang terdiri dari berbagai macam bunga yang di desain di sekitar jam raksasa. Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk Taman Bunga Nusantara. Hamparan bunga sengaja ditanam menghiasi sekeliling jam untuk menambah keindahan dari lokasi ini.

 

3. Taman Air

taman air
tamanbunga-nusantara.com

Sesuai namanya, Taman Air dihiasi oleh berbagai jenis tanaman air. Di taman ini terdapat Victoria amazonica atau teratai raksasa yang berasal dari Amerika Selatan. Selain itu juga terdapat Giant Arum atau Typonodorum Lyndleyanum yang bentuknya seperti pohon pisang.

 

4. Taman Labirin

taman labirin
ayodolan1.blogspot.com

Wahana selanjutnya ada Taman Labirin. Kalian pasti sudah tahu tentang taman ini, kan? Sebuah taman yang di desain untuk berpetualang di sebuah taman sambil mencari jalan keluar. Takut tersesat ketika memasuki taman ini? Tenang saja,  pihak pengelola sudah menyediakan peta untuk memudahkan kalian. Harganya juga cuma Rp. 1.000 per lembar peta.

 

5. Taman Mediterania

wisatapuncak.info

Taman Mediterania dihiasi dengan tanaman dari daerah gurun di kawasan Mediterania. Oleh karena itu, banyak tumbuhan sejenis kaktus yang ditanam disini. Supaya mudah beradaptasi dengan iklim Indonesia, pengelola menempatkan tanaman ini di bangunan khas Mediterania dengan atap kaca.

 

6. Taman Palem

taman palem
tamanbunga-nusantara.com

Palem merupakan tanaman yang mempunyai daun dan batang yang melingkar-lingkar. Daun tanaman ini biasa dibuat topi dan keranjang oleh penduduk Afrika. Beberapa varietas Palem yang terdapat di taman ini adalah Palem Jelly (Butia Capitata), Palem Alexandra (ArArchontophoenix Alexandrae), dan Cuban Royal Palm (Roystonea Regia).

 

7. Rumah Kaca

rumah kaca
dydhut.blogspot.com

Rumah Kaca di Taman Bunga Nusantara memiliki 3.000 panel kaca. Untuk memasuki tempat ini, kalian harus membayar tiket seharga Rp. 2.ooo/orang. Cukup murah, kan? Pengaturan suhu, kelembaban, dan intensitas cahaya dapat diatur secara otomatis di tempat ini. Rumah kaca merupakan sebuah wahana dengan luas 2000 m².

 

8. Taman Jepang

taman jepang
rieskaracha.blog

Taman Jepang di desain menggunakan properti khas Jepang seperti kayu, kolam, batu-batuan, kesederhanaan, kolam, dan gerakan air. Selain itu, bunga yang ditanam di sini menggunakan bunga yang penuh warna.

 

9. Taman Bali

taman bunga nusantara cianjur
cendananews.com

Taman Bali menampilkan bangunan khas Bali seperti Gapura Pintu Masuk, Candi Bentar, Bale Kul-kul, dan Bale Bengong. Selain itu, ada tanaman khas yang menghiasi taman ini seperti bunga kamboja, bunga sepatu, dan aneka helikonia.

 

10. Taman Mawar

wisatapuncak.info

Bunga mawar merupakan tanaman khas dari negara Cina. Bunga ini mampu beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan yang ekstrim. Pada musim salju, bunga mawar menjatuhkan seluruh daunnya yang disebut periode penghentian pertumbuhan.

Karena ditanam di Indonesia yang tidak beriklim salju, bunga mawar tidak mengalami masa istirahat. Oleh karena itu, harus ada perlakuan khusus seperti penyiangan dan pemberian pupuk yang dilakukan dengan penuh perhitungan.

***

Sekian dulu postingan mengenai Taman Bunga Nusantara Cianjur. Untuk informasi tempat wisata di Cianjur lainnya kalian bisa buka di artikel ini.

Tinggalkan komentar