Gambar Gerhana Matahari Hibrida

Tata Cara Sholat Gerhana Bulan yang Perlu Kalian Pelajari

Tata Cara Sholat Gerhana Bulan – Bagaimanakah tata cara melakukan sholat gerhana?

Sholat gerhana dilaksanakan 2 raka’at berdasarkan pada kesepakatan jumhur para ulama. Akan tetapi, ulama berselisih tentang cara melaksanakannya.

Ada golongan ulama yang mengatakan sholat gerhana dilakukan seperti sholat sunnah biasa, dilaksanakann sebanyak 2 roka’at yang setiap roka’atnya terdapat 1 kali ruku’, 2 kali sujud. Sebagian ulama juga berpendapat bahwa sholat gerhana dilaksanakan sebanyak 2 roka’at dan di dalam setiap kali roka’at terdapat 2 kali ruku’ dan 2 kali sujud. Pendapat yang terakhir ini lebih kuat karena berdasar pada dalil yang tertera di (Shohih Fiqh Sunnah, 1: 435-437) dalil ini lebih kuat dan dijadikan rujukan oleh mayoritas ulama.
Hal ini berdasarkan hadits-hadits tegas yang telah kami sebutkan:

Tata Cara Sholat Gerhana Bulan

berdoa sebelum tidur
pixabay.com
 “Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakankan bahwa pada zaman Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah terjadi gerhana matahari. Beliau kemudian mengutus seseorang untuk menyerukan ‘ASH SHALATU JAMI’AH’ (mari kita lasanakankan sholat berjama’ah). Orang-orang kemudian berkumpul. Nabi lalu maju dan bertakbir. Beliau melakukan 4 kali ruku’ dan 4 kali sujud dalam 2 roka’at. (HR. Muslim : 901)
Pengertian Gerhana Matahari Cincin
nationalgeographic.com
 “Aisyah mengatakan bahwa peristiwa gerhana matahari pernah terjadi ketika masa Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam. Kemudian beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam bangkit dan menjadi imam manusia dan beliau memanjangkan (lama) berdiri. Kemudian beliau ruku’ dan memperpanjang ruku’nya. Kemudian beliau (Nabi Muhammad SAW) berdiri lagi dan memperpanjang berdiri tersebut namun lebih singkat dari berdiri yang sebelumnya. Kemudian beliau ruku’ kembali dan memperpanjang ruku’nya akan tetapi lebih singkat dari ruku’ sebelumnya. Kemudian beliau sujud dan memperpanjang sujud tersebut. Pada roka’at berikutnya beliau mengerjakannya seperti roka’at pertama. Lantas beliau beranjak (usai mengerjakan shalat tadi), sedangkan matahari telah nampak.” (HR. Bukhari: 1044)

Rukun Sholat Gerhana

Pupujian Anak Adam
wallresolution.com

Kesimpulannya, cara melaksanakan sholat gerhana matahari persis seperti praktek sholat biasa dengan bacaan yang sama. Berikut adalah urutan dalam tata cara sholat gerhana:

1. Berniat melaksanakan sholat gerhana.

2. Bertakbir untuk melaksanakan takbirotul ihrom.

3. Membaca do’a istiftah dilanjutkan dengan membaca ta’awudz. Setelah itu, membaca surat Al Fatihah dan dilanjutkan dengan surat yang panjang (contohnya surat Al Baqoroh). Ketika membaca surat, bacaannya dijahrkan sebagaimana sholat subuh (meskipun sendirian). Akan tetapi, sholat gerhana ini lebih utama jika dilaksanakan berjamaáh di masjid.

 جَهَرَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – فِى صَلاَةِ الْخُسُوفِ بِقِرَاءَتِهِ

“Nabi shollallohu ’alaihi wa sallam menjahrkan bacaannya ketika sholat gerhana.” (HR. Bukhari:1065 & Muslim: 901)

4. Selanjutnya ruku’ (pelaksanaannya dipanjangkan atau lama).

5. Selanjutnya adalah i’tidal (bangkit dari ruku’) seraya melafalkan SAMI’ALLAHU LIMAN HAMIDAH, ROBBANAA WA LAKAL HAMD’

6. Setelah i’tidal (bangkit dari ruku’) tidak langsung sujud, akan tetapi dilanjutkan membaca surat Al-Fatihah dan juga surat yang panjang. Berdiri ke-2 ini jangka waktunya lebih pendek dari yang pertama.

7. Kemudian melaksanakan ruku’ke-2 dengan durasi panjang lebih lama dari ruku’ pertama.
8. Setelah itu, i’tidal (bangkit dari ruku’).
9. Kemudian beranjak sujud dengan durasi waktu sebagaimana panjangnya ruku’, setelah itu duduk di antara 2 sujud, lalu melaksanakan sujud.
10. Bangkit dari sujud dan melaksanakan rokaák ke-2 dengan tata cara seperti rokaát pertama dengan bacaan dan gerakan yang durasinya lebih singkat.
11. Melaksanakan tasyahud (duduk tahiyyat) sebelum salam.
12. Diakhiri dengan salam.
13. Terakhir, untuk lebih afdholnya maka imam melaksanakan khutbah untuk seluruh jamaáh sholat gerhana yang menyampaikan pesan-pesan seperti anjuran melaksanakan amalan dalam islam seperti berdoá, berdzikir, sedekah, membebaskan budak, atau juga membahas keutamaan sholat gerhana yang telah dilaksanakan.

Tinggalkan komentar