});

Sejarah Tauco Cianjur, Perkembangan, Hingga Cara Pembuatannya

Tauco Cianjur merupakan bumbu makan yang terbuat dari rebusan biji kedelai yang dihaluskan dengan campuran terigu. Adonan campuran kedelai dan terigu kemudian dibiarkan beberapa hari supaya mengalami proses fermentasi. Makanan khas Cianjur ini merupakan gabungan dengan kebudayaan Cina. Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang Tauco Cianjur.

Sejarah Tauco Cianjur

tauco cianjur
terasmudacianjur.blogspot.com

Di Indonesia, tauco disebarkan melalui para pedagang asal Tiongkok. Tan Kei Hian adalah satu nama yang paling terkenal dalam mempelopori pembuatan industri tauco. Tauco sendiri awalnya bernama tao tsioe, kemudian mengalami perubahan pelafalan setelah masuk ke daerah Cianjur.

Sejarawan menyebutkan bahwa tauco masih berhubungan dengan jiang, bumbu masak tertua asal Tiongkok yang sudah berumur 2.500 tahun. Pada awalnya, jiang merupakan penyedap makanan yang berasal dari proses fermentasi daging dan seafoods yang asin hingga berkembang ke fermentasi kedelai.

Jiang pada waktu itu dibuat untuk merangsang selera makan manusia serta menambah rasa makanan dan sudah digunakan sebelum Dinasti Chou. Intinya, jiang merupakan bumbu penyedap yang berasal dari proses fermentasi. Jiang juga merupakan nenek moyang Miso (bahan makanan asal Jepang) yang dibuat dari rebusan kedelai atau beras yang di fermentasi.

Tes keberanian kalian, cek artikel gambar pocong

Awal Mula Berkembangnya Industri Tauco Cianjur

sejarah tauco cianjur
dish.com

Tidak diketahui dengan pasti kapan tauco mulai dikenal masyarakat Cianjur. Di bidang industri sendiri, terkenal nama Tan Kei Hian sebagai pelopor industri tauco Cianjur. Seorang keturunan Tionghoa yang pertama kali melihat potensi pasar produk tauco pada tahun 1880.

Tan Kei Hian juga dikenal dengan nama Babah tasma. Tasma dalam Bahasa Sunda berarti kacamata, sedangkan babah adalah panggilan untuk orangtua. Jadi, tidak perlu tafsiran lebih lanjut, kan. Uniknya, pada saat awal merintis usaha Ny Tasma (istri Babah Tasma) juga terjun di usaha tauco. Keduanya membuat tauco dengan resep yang berbeda.

Tauco buatan Babah Tasma mempunyai ciri khas yang menjaga rasa asli tauco yang cenderung manis. Sedangkan Ny Tasma membuat tauco dengan rasa yang disesuaikan dengan selera orang Cianjur saat itu, yaitu rasa yang cenderung asin. Uniknya, pasangan ini bercerai sebelum usaha yang mereka rintis benar-benar sukses.

Setelah bercerai, Babah Tasma mendirikan tauco Cap Gedong dengan rasa khas yang manis. Gedong sendiri merupakan Bahasa Sunda yang berarti gedung tinggi atau rumah megah. Sedangkan Ny Tasma juga membuat merk untuk tauco buatannya dengan nama tauco Cap Meong. Meong dalam Bahasa Sunda berarti macan atau harimau.

Kedua merk tauco tersebut mulai merintis usaha masing-masing pada tahun 1889-an. Seiring berjalannya waktu, ternyata masyarakat Cianjur lebih menyukai tauco dengan cita rasa cenderung asin buatan Ny Tasma. Karena kalah bersaing, tauco Cap Gedong akhirnya gulung tikar.

Menurut cerita yang dikisahkan secara turun-temurun, nama Cap Meong diambil karena ditemukannya jejak kaki meong (macan) di dapur tempat pembuatan tauco. ny Tasma saat itu meyakini itu sebagai jejak kaki meong peliharaan Eyang Suryakencana (leluhur Cianjur).

tertarik dengan olahraga? baca juga artikel sejarah renang

Perkembangan Tauco Cianjur Cap Meong

tauco cianjur
jualtauco.blogspot.com

Seperti umunya sebuah usaha, anak dari pemilik usaha biasanya menjadi penerus untuk melanjutkan bisnis orangtua. Begitu pula dengan usaha Tauco Cianjur Cap Meong. Setelah Ny Tasma berhasil merintis usaha Tauco Cap Meong, Tan Bei Nio (Betsi Tasma) yang merupakan anak perempuan Ny Tasma menjadi penerus usaha orangtuanya sejak tahun 1935.

Betsi Tasma mempunyai 2 orang anak dari suami yang berbeda. Anak perempuan bernama Wiri Jati Tasma, dan anak laki-laki bernama Harun Tasma. Pada tahun 1985, Betsi Tasma yang sudah beranjak tua mulai sakit-sakitan dan kesulitan mengurus usaha Tauco Cap Meong. Ia menyerahkan kepemimpinan Tauco Cap Meong kepada anak perempuannya, Wiri Jati Tasma.

Asam manis terjun di dunia bisnis telah dialami oleh Tauco Cianjur pada masa Wiri Jati Tasma. Ia menggeluti usaha tauco peninggalan ibunya hingga meninggal pada tahun 2011. Kini usaha Tauco Cianjur Cap Meong diurus oleh adiknya, Harun Tasma. Harun bertekad untuk mengembalikan Tauco Cap Meong pada masa kejayaannya.

Demi mewujudkan impiannya itu, Harun telah menyiapkan beberapa rencana. Beberapa diantaranya seperti menambah varian rasa tauco, hingga membuka restoran khusus yang semua menunya dari tauco. Restoran pertama untuk merealisasikan misinya itu rencananya akan dibangun di Cugenang, Pacet, Cianjur.

 

Masa Emas Usaha Tauco Cianjur

berkembangnya tauco cianjur
tokopedia.com

Sebuah usaha kuliner memang tidak lepas dari pasang surut pendapatan. Begitu juga dengan kuliner tauco Cianjur. Pada awal 1880, tauco baru diperkenalkan kepada masyarakat Cianjur. Pada masa itu, Babah Tasma dan Ny Tasma merupakan perintis usaha tauco di Cianjur. Awalnya tauco yang dijual belum mempunyai merk. Setelah keduanya berpisah, Babah Tasma dan Ny Tasma kemudian membuat merk masing-masing untuk menjual produk tauco mereka.

Masa emas Tauco Cianjur Cap Meong terjadi setelah tauco saingan buatan Babah Tasma gulung tikar. Saat itu Tauco Cap Meong menjadi satu-satunya merk tauco terkenal di Cianjur. Masa keemasan Tauco Cap Meong selanjutnya terjadi sejak tahun 1930-1960. Sedikitnya pesaing menjadi alasan utama tauco Cap Meong eksis di kala itu. bahkan menurut Harun Tasma yang kini menjadi pemilik Tauco Cap Meong pembelian melonjak drastis pada saat bulan puasa di masa itu.

 

Penyebab Turunnya Omset Pedagang Tauco

penyebab turunnya omset tauco
wdedek08.files.wordpress.com

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab turunnya minat masyarakat untuk membeli tauco. Salah satunya adalah naiknya harga jual tauco. Namun, hal itu juga di latar belakangi dengan naiknya harga kedelai yang merupakan bahan utama untuk membuat tauco. Bahkan terkadang kedelai yang menjadi bahan utama tidak tersedia di pasar. Hal ini menyebabkan tauco tidak bisa di produksi setiap hari.

Semakin banyaknya usaha berbasis rumahan hingga produksi besar di bidang tauco juga membuat persaingan semakin tinggi. Banyaknya para pengusaha baru tidak diimbangi dengan permintaan pasar yang justru semakin turun. Hal ini membuat banyak pengusaha tauco gulung tikar.

Penyebab turunnya omset tauco yang lain adalah setelah dibangunnya Tol cipularang (Cikampek-Purwakarta-padalarang) pada tahun 2005. Hal ini membuat Cianjur tidak lagi dilewati oleh kendaraan yang biasanya menggunakan jalur Cianjur. Uniknya, usaha tauco tidak mengalami dampak penurunan penjualan yang signifikan ketika terjadi krisis moneter di akhir tahun 90-an.

Kini, usaha tauco yang sempat menjadi primadona harus berjuang untuk terus bertahan dari kerasnya zaman. Dari sekian banyak merk tauco yang pernah menghiasi dunia tauco Cianjur, kini hanya tersisa beberapa yang masih bertahan. Merk yang paling senior tentu saja Cap Meong. Ada juga merk lain yang cukup terkenal seperti Cap Badak, Biruang (sunda: beruang), dan Harimau.

 

Cara Menjaga Mutu Tauco

tauco cianjur
inspirasismpbima.files.wordpress.com

Mutu bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan dalam waktu singkat. Mutu sebuah produk terutama kuliner baru bisa didapat setelah beberapa kali mencoba resep. Baru setelah itu menemukan formula sempurna untuk resep makanan yang dibuat. Pengalaman dan jam terbang yang semakin banyak membuat mutu suatu produk bisa semakin baik. Proses selanjutnya adalah bagaimana menjaga mutu untuk menjaga kualitas produk.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Pak Harun pemilik Tauco Cap Meong, ada beberapa hal yang ia tempuh untuk menjaga kualitas produknya. Pertama, dia menjaga alat-alat tradisional untuk membuat tauco dari generasi pertama. Hal ini bukan berarti perabotan sudah berumur lama. Tapi jenis perabotan yang sama dengan yang pertama dipakai.

Contohnya seperti gayung batok kelapa yang dipakai untuk memasukkan tauco yang sudah matang kedalam kemasan. Namun ada beberapa perabotan yang masih awet dari sejak generasi pertama seperti gentong dan guci. Selanjutnya untuk menjaga mutu tauco dilakukan dengan menjaga proses memasak yang telah diwariskan turun-temurun. tauco Cap Meong masih menggunakan kayu bakar dalam proses pembuatan tauco.

 

Cara Membuat Tauco

inspirasismpbima.files.wordpress.com

Tauco adalah bumbu makan yang mebutuhkan proses lama dalam pembuatan. Proses pertama, kedelai dijemur antara 3-4 hari. Setelah itu digiling kasar lalu dicuci. Kedelai yang digiling kasar inilah yang menjadi tekstur khas dari tauco saat dimakan. Kedelai dan bahan lain seperti gula aren, tepung ketan, dan tepung beras dimasak selama 6 jam. Setelah dimasak, selanjutnya dijemur untuk mengurangi kadar airnya.

Setelah itu diberi ragi dan diperam selama 3 hari sampai keluar jamur. Ini adalah proses awal fermentasi. Kemudian direndam di air garam sampai kering, biasanya sekitar 10 hari. Setelah itu ditaruh di bak khusus selama 2 bulan. Proses ini bertujuan supaya tauco mengeluarkan rasa manis yang khas. Proses pembuatannya ternyata lama juga, ya. Jadi, wajar saja kan kalau harganya cukup mahal. Kalau tidak nggak mau mah ya, bisa bikin sendiri kalau mau. Itu juga kalau bisa, hehe.

 

Manfaat Tauco

youtube.com

Makanan yang melalui proses fermentasi selalu mempunyai manfaat yang banyak jika dikonsumsi. Begitu pula dengan makanan khas Cianjur yang satu ini. Tauco memiliki kandungan protein yang tinggi bermanfaat untuk mempercepat regenerasi sel tubuh yang rusak dan mengembalikan stamina tubuh. Tauco juga memiliki beberapa kandungan Vitamin seperti vitamin A, B1, B3, dan B6. Fungsinya untuk membantu pencernaan, menurunkan kolesterol, mengatasi anemia, dan meningkatkan metabolisme.

Selain itu, tauco yang berbahan dasar kacang kedelai juga mengandung banyak mineral seperti fosfor, magnesium, dan kalsium yang cukup tinggi. Fungsinya untuk pembentukan sel darah yang mengangkut sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh dan untuk pembentukan tulang.

***

Itulah beberapa hal yang bisa saya bagikan mengenai tauco Cianjur. Jika ada yang salah atau ingin ditambahkan silahkan mengisi kolom komentar.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.