});

Tempat Terindah di Gunung Gede Pangrango Yang Bisa Dijadikan Background Selfie

Tempat Terindah di Gunung Gede – Gunung Gede Pangrango adalah salah satu ikon Jawa  Barat. Ada banyak tempat terindah di gunung Gede Pangrango yang bisa dijadikan background selfie. Mulai dari keindahan Telaga biru, hingga hamparan bunga edelweiss di Alun-alun Suryakancana.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) merupakan taman nasional yang luasnya 22.851 hektare. Wilayahnya mencakup dua puncak gunung Gede (2.958 mdpl) dan Pangrango (3.019 mdpl), beserta hutan di sekelilingnya. Taman Nasional ini diresmikan pada tahun 1980.

Trek untuk menuju gunung Gede Pangrango terbilang bersahabat. Itu sebabnya banyak pendaki pemula yang tertarik menaklukkannya. Berikut ini beberapa lokasi selfie di Gunung Gede Pangrango yang bisa membuat teman kalian iri melihatnya.

 

1. Jembatan Rawa Gayonggong

jembatan rawa gayonggong
zahraflower.wordpress.com

Sesuai namanya, jembatan rawa Gayonggong berada di atas rawa. Rawa Gayonggong sendiri merupakan cekungan dari kawah mati yang menampung aliran air. Rawa ini ditumbuhi berbagai jenis rumput yang didominasi rumput Gayonggong.

Di lokasi ini sering dijumpai berbagai jenis burung khas rawa pegunungan, dan merupakan daerah jelajah macan tutul. View yang indah untuk dijadikan objek foto adalah arah Barat ketika pucuk pohon puspa memerah di Gunung Pangrango.

Lokasi jembatan ini sekitar 2 kilometer dari pos pemeriksaan. Untuk dapat masuk kesini anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 9.000.

 

2. Curug Cibeureum

curug cibeureum
wisatacibodas.com

Curug Cibeureum (air terjun Cibeureum) merupakan satu dari tiga air terjun yang ada di kaki Gunung Gede Pangrango. Dua curug lainnya yaitu Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Curug Cibeureum memiliki debit air yang paling banyak, sehingga paling sering dijadikan objek foto.

Lokasi Curug Cibeureum sekitar 2,7 km dari pos pemeriksaan Cibodas. Harga tiketnya Rp 18.500/orang. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pos pemeriksaan bisa dijadikan referensi untuk latihan naik gunung, nih guys. Kalau beruntung, kalian juga bisa melihat pelangi yang muncul di Curug Cibeureum, lho.

 

3. Telaga Biru, Salah Satu Tempat Terindah Di Gunung Gede

telaga biru
cumilebay.com

Telaga ini berada di ketinggian 1.575 mdpl. Lokasinya satu arah dengan Curug Cibeureum. Jadi, kalian bisa double trip kesini. Air telaga ini bisa berwarna biru karena banyak terdapat ganggang biru. Jalurnya cenderung landai, sehingga banyak orang mengunjungi lokasi ini. Bahkan, banyak WNA yang berlibur kesini, terutama orang Arab dan India. Jadi lokasi ini cocok untuk kalian yang masih jomblo. Hereuy hereuy.

 

Baca juga: Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Kalian Ketahui.

 

4. Ciwalen Canopy Trail

ciwalen canopy trail
ejiebelula.wordpress.com

Ciwalen Canopy Trail dapat diakses hanya 10 menit dari pos pendakian Cibodas. Harga tiket masuknya Rp 31.000. Lebih dekat dari Curug Cibeureum, tapi kok lebih mahal, ya? Alasannya karena Canopy Trailnya merupakan tempat wisata buatan, yang tentunya membutuhkan dana untuk membangunnya. Jadi, ya wajar saja. Jangan di samakan  dengan Curug Cibeureum yang murni ciptaan Yang Maha Kuasa.

Canopy Trail adalah jembatan gantung yang panjangnya 130 meter, yang disangga oleh 4 pohon Rasamala berdiameter 1,2 meter. Ciwalen Canopy trail bisa menahan berat 5 orang dewasa,  hanya bisa dikunjungi pada Sabtu dan Minggu. Ada 4 trip yang bisa dipilih, yaitu jam 09.00, 11.00, 13.00, dan jam 15.00.

 

5. Curug Ciwalen

curug ciwalen
jalanpendaki.com

Salah satu tempat terindah di Gunung Gede adalah Curug Ciwalen. Berkunjung ke tempat ini adalah bonus dari tiket masuk Canopy Trail. Tempatnya yang merupakan air terjun mini cocok untuk yang ingin mendapat kesegaran dan kesunyian. Pasalnya, pengunjung yang datang masih sedikit. Karena, rombongan di setiap trip Canopy Trail juga terbatas.

 

6. Sumber Air Panas

mata air panas
ismimei.wordpress.com

Banyaknya tempat indah di Gunung Gede Pangrango membuat kalian akan lama sampai ke puncak. Salah satunya adalah sumber air panas yang lokasinya sekitar 3,5-4 jam perjalanan dari pos pemeriksaan.

Trek di sekitar sumber air ini cukup licin karena adanya aliran air. Namun pihak pengelola sudah menyediakan tali untuk pegangan ketika melangkah. Para pendaki biasanya meluangkan waktu untuk berselfie ria disini.

 

7. Alun-Alun Suryakancana

alun-alun suryakencana
mapio.net

Tempat terindah di Gunung Gede Pangrango selanjutnya adalah alun-alun Suryakancana. Tempat ini sering dijadikan tempat perkemahan atau upacara kemerdekaan. Pendaki Gunung Gede via Gunung Putri biasa berkemah disini. Suryakancana adalah nama putra pendiri kota Cianjur, Pangeran Aria Wiratanudatar.

Lokasinya tidak jauh dari puncak gede. Dipenuhi oleh tanaman liar yang indah dan menggugah. Bunga Edelweiss adalah salah satu primadona di Alun-alun Suryakancana. Ini adalah lokasi selfie terfavorit bagi para pendaki.

 

8. Alun-Alun Mandalawangi

mapio.net

Keindahan Alun-alun Mandalawangi hanya bisa dilihat oleh kalian yang meendaki Gunung Pangrango (3.019 mdpl). Trek menuju Gunung Pangrango jauh lebih sulit dari Gunung Gede. Hanya sedikit orang yang mencoba menaklukkannya. Tidak heran kalau jalurnya lebih bersih dari sampah.

Pemandangan yang disuguhkan tidak kalah indah dengan Alun-alun Suryakancana. Hamparan flora yang terhampar sangat memanjakan mata. Bunga edelweiss juga menjadi primadona di kawasan ini.

 

9. Puncak Gunung Gede (2958 MDPL)

puncak gede
gizanherbal.wordpress.com

Sampai di puncak Gede adalah keinginan setiap pendaki. Dari puncak ini kalian bisa melihat kawah Gunung Gede, Puncak Gunung Pangrango, hamparan edelsweiss di Alun-alun Suryakancana, dan keindahan alam satungtung deleu. Lokasi ini adalah salah satu tempat terindah di Gunung Gede Pangrango.

Rasa lelah mendaki gunung tidak akan hilang dengan melihat keindahan Gunung Gede. Karena lelah dirasakan raga, sedangkan pemandangan dirasakan mata. Para pendaki biasa menjadikan tempat ini sebagai objek foto dan peristirahatan sementara sebelum kembali menuruni gunung.

 

10. Puncak Pangrango (3.019 MDPL)

tempat terindah di gunung gede
gunungbackpacker.blogspot.com

Tempat terindah di Gunung Gede Pangrango yang terakhir adalah puncak Pangrango. Tidak seperti di puncak gede yang kaya akan pemandangan. Dari puncak Pangrango hanya sedikit keindahan yang bisa dinikmati. Namun, akan ada kepuasan tersendiri jika berhasil mencapai puncak Pangrango. Jalannya yang terjal akan membuat adrenalin kembali terpacu.

Perjuangan yang benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan perjalanan ke puncak Gede. Dari puncak Pangrango kita bisa melihat semua wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Mulai dari Puncak Gede, Alun-alun Suryakancana, Alun-alun Mandalawangi, hingga keindahan alam Cianjur, Bogor, dan Sukabumi.

***

Sampai sini dulu postingan kali ini. Semoga bisa jadi referensi kalian yang tertarik mengeksplorasi keindahan Gunung Gede Pangrango. Sampai jumpa di postingan selanjutnya, ya.

Satu pemikiran pada “Tempat Terindah di Gunung Gede Pangrango Yang Bisa Dijadikan Background Selfie

Tinggalkan komentar