});
Cara Main Tenis Meja

Sejarah Tenis Meja, Aturan, Skor, Organisasi dan Hal Lain yang Berkaitan

Tenis Meja – Hallo syuhadaneters. Pasti tidak asing lagi dengan olahraga tenis meja, kan. Tenis meja juga biasa disebut ping pong oleh sebagian besar masyarakat. Olahraga ini sangat menarik disaksikan jika dilakukan oleh atlet profesional.

Perpindahan bola pingpong yang cepat dan juga akurasi yang baik dari para atlet tenis meja semakin membuat pertandingan pingpong semakin menarik. Selain itu, rally panjang dan pukulan bet yang keras juga menjadi salah satu ciri khas permainan tenis meja profesional.

Pada artikel kali ini, mari kita membahas secara lengkap hal-hal yang berkaitan dengan tenis meja. Kita akan telanjangi semuanya mulai dari sejarah, perkembangan, aturan permainan, ukuran lapangan, bet, bola, hingga organisasi dan perkembangan tenis meja itu sendiri.

Pengertian Tenis Meja

media.licdn.com

Hal yang paling menarik untuk dibahas di awal adalah pengertian dari tenis meja itu sendiri. Gak lucu, kan kalau kita bahas sebuah materi secara keseluruhan tanpa memahami apa tang menjadi pembahasan utamanya.

Lalu apa sebenarnya pengertian tenis meja itu sendiri? Secara umum, tenis meja atau juga yang biasa disebut pingpong adalah sebuah cabang olahraga yang dimainkan oleh 1 orang (berlawanan) atau pun 2 pasang (ganda) yang saling memprebutkan kemenangan.

Setiap pemain tenis meja menggunakan bet pingpong khusus dan saling mengarahkan bola ke arah lawan untuk mendapatkan poin. Bola tenis meja yang diarahkan harus melewati net dan sesuai dengan peraturan tenis meja yang telah ditetapkan.

Penemu Tenis Meja

jackiedinnis.wordpress.com

Hal menarik lain yang menarik untuk dibahas adalah tentang penemu tenis meja? Banyak pertanyaan yang muncul. Siapa penemu tenis meja? kapan tenis meja pertama kali dimainkan? dan bagaimana tenis meja berkembang hingga bisa terkenal seperti sekarang? Pertanyaan itu akan kami bahas pada artikel ini.

Penemu tenis meja menurut para sejarawan adalah bangsa India. Mereka saat itu sudah mulai memainkan permainan sejenis pingpong menggunakan pemukul dari kayu.

Akan tetapi, saat itu permainan tenis meja yang dimainkan masih sangat sederhana. Jadi, secara umum permainan tenis meja yang berasal di India bisa disebut sebagai nenek moyang dari permainan tenis meja.

Lalu, siapa penemu tenis meja modern yang banyak dimainkan saat ini. Sejarah mencatat bahwa David Foster adalah penemu tenis meja modern. Penjelasan lengkap tentang penemu tenis meja dan sejarahnya bisa kalian baca di artikel ini.

Sejarah Singkat Tenis Meja

pinterest.com

Negara Inggris merupakan negara yang mengembangkan olahraga tenis meja. Jenis permainan dan peralatan tenis meja ini sebenarnya hampir sama dengan permainan bulu tangkis atau badminton.

Sebagaimana yang sudah dibahas di atas, olahraga yang akrab dipanggil pingpong ini sebenarnya berasal dari sebuah negara di benua Asia yaitu India. Negara India yang terkenal dengan pesona Taj Mahal-nya tersebut adalah nenek moyang olahraga tepok bola yang satu ini.

Pada awalnya, tenis meja merupakan sebuah permainan untuk menghilangkan penat para pekerja yang membuat kue di daerah India. Saat itu, para pembuat kue menggunakan pengaduk adonan yang bentuknya seperti sendok besar untuk memainkan bola kecil diantara beberapa pemain.

Lalu, bagaimana bisa permainan pingpong ini jadi masuk ke Inggris dan justru berkembang pesat disana. The reason is… Inggris dikit biar dikira anak gaul bro, hehe. Alasannya sebenarnya hampir sama seperti proses menyebarnya permainan badminton ke Inggris. Jika kalian belum tahu, lanjut baca pembahasan di bawah.

Sejarah Awal Tenis Meja

en.wikipedia.org

Tenis meja yang pada awalnya merupakan permainan tradisional di India menarik perhatian tentara Inggris yang saat sedang berada di India untuk kepentingan militer. Secara tidak langsung, keberadaan tentara tersebut Inggris tersebut berperan penting dalam penyebaran tenis meja ke berbagai penjuru dunia.

Kejadian tersebut diperkirakan terjadi sekitar abad ke-16 di sebuah kota kecil di India. Secara perlahan, tentara Inggris mulai memainkan pingpong versi kuno tersebut bersama warga India asli.

Permainan tenis meja tersebut kemudian mulai mereka mainkan di kamp militer mereka. Hingga akhirnya olahraga tenis meja yang mereka sukai tersebut mulai dimainkan secara rutin.

Sejarah awal tenis meja tersebut berlanjut ketika para tentara Inggris kembali ke negara mereka. Di Inggris, para tentara yang menyukai pingpong mulai melakukan berbagai variasi permainan.

Beberapa contohnya adalah merubah atau merombak alat dan peraturan permainan. Karena dianggap sebagai salah satu permainan yang menarik, pingpong atau tenis meja kemudian mulai menyebar terutama di sebagian besar Benua Eropa. Itulah sejarah awal mula tenis meja secara singkat.

Sejarah Permainan  Tenis Meja

newtownards.info

Sejarah tenis meja modern berawal pada akhir abad 19 atau sekitar tahun 1880 Masehi. Beberapa penemu di Inggris mulai melakukan eksplorasi untuk membuat permainan tenis meja mudah dimainkan di dalam ruangan.

Sekitar 10 tahun kemudian,, permainan tenis meja berhasil disusun secara sempurna. Pengaturan skor, ukuran baku untuk bola, bet, meja, dan net selesai disusun. Hal ini membuat tenis meja sempurna untuk dimainkan.

Karena semakin berkembang, sebuah perusahaan komersial bernama Parker Brothers mencoba untuk mengambil keuntungan dengan memasarkan produk pendukung untuk memainkan tenis meja.

Produk tersebut seperti bet tenis meja, bola, dan alat pendukung untuk memainkan pingpong lainnya. Perusahaan ini juga berperan dalam pengembangan dan penyebaran tenis meja ke kancah dunia internasional.

Perkembangan Tenis Meja Dunia

ericbwongderivatives.blogspot.com

Kalian penasaran, kenapa tenis meja bisa jadi olahraga yang populer kayak sekarang ini/ Hal itu sudan tentu saja menyebar bukan tanpa sebab yang gak jelas. Akan tetapi ada beberapa poin yang penting yang menjadikan tenis meja berkembang seperti sekarang.

  • Dimainkan kaum bangsawan, ini adalah faktor utama yang pada awalnya berhasil menggenjot persebaran pingpong ke penjuru dunia guys. Kenapa? kalian tahu kan, kaum bangsawan pasti mempunyai pengaruh besar karena apa yang mereka mainkan pasti diikuti oleh sebagian besar masyarakat yang melihatnya.
  • Berasal dari Inggris, emang apa hubungannya Inggris sama penyebaran permainan ping pong ini? Tentu saja berpengaruh bung. Bayangkann saja bagaimana kalau ada sebuah tren baru dari negara yang jadi pusat atau magnetnya olahraga terbarukan. Otomatis negara lain juga akan mengikutinya, kan.
  • Mudah dimainkan, nah kalau yang ini merupakan faktor kunci. Ping pong atau tabble tennis ini termasuk gampang, kenapa? Karena semua peralatannya bisa dibuat sendiri. Coba aja deh kamu bandingkan dengan basket yang harus ada ring dan bikinnya pasti ribet pake banget deh gan. Kalau tenis meja, tinggal siapkan meja, pemukul, bola, dan garis tengah.

Sejarah Tenis Meja di Indonesia

countryandtownhouse.co.uk

Di atas tadi kita udah bahas detil banget tentang sejarah tenis meja. terus, gimana caranya kok bisa sampe ke Indonesia? Apa dikirim lewat pos, JNE, atau cargo?  Hehe. Tentu bukan begitu ya guys.

Menurut sejarah yang tercatat, tenis meja ini mulai masuk sekitar, tahun, berapa ayo? Tepatnya itu tahun 1930-an. Bareng banget sama masuknya bulu tangkis ke Indonesia. Kenapa? Karena yang membawa ping pong ke Indonesia ternyata orang Belanda.

kaum bangsawan Belanda sejak itu mulai tuh main tenis meja sama orang pribumi kita. Tapi waktu itu, yang main hanya kalangan tertentu saja. Ya, mungkin bisa disebut kalangan atasnya lah.

Lambat laun, ada faktor yang membuat ping pong dikenal kaum awam Indonesia. Contohnya adalah kalau misalnya kaum bangsawan atau Belanda ingin membuat meja dan peralatan tenis meja.

Mereka pasti lah minta bantuan sama kaum pribumi alias para tukang. Nah, secara otomatis olahraga ini mulai terendus sama masyarakat Indonesia dan menyebar secara harus ke seluruh nusantara.

Organisasi Tenis Meja Indonesia

Tenis Meja Indonesia
wikimedia.org

Sekitar tahun 1940, tapi tepatnya itu akhir tahun 1939 di Indonesia dibentuklah organisasi tenis meja yang dinamai PPPSI yang merupakan kepanjangan dari Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia.

Organisasi ini masih ada campur aduknya sama pemerintahan Belanda. Kemudian, pada sekitar tahun 1951. Saat tersebut, Indonesia sudah jadi merdeka. Hasilnya, 5 Oktober 1951 diadakan kongres organisasi PPPSI di Surakarta.

Setelah kongres PPPSI, namanya dirubah jadi PTMSI atau singkatan dari Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia. Organisasi tenis meja Indonesia itu juga punya nama resmi yaitu All Indonesia Table Tennis Association. 

Perkembangan Organisasi Tenis Meja Indonesia

funnystack.comy

Setelah lengkapnya nama organisasi pingpong di Indonesia, terjadi beberapa perkembangan sesuai dengan semakin modernnya tenis meja dunia. Contohnya yaitu ketika ada kejadian pada tahun 1967.

Saat itu, atau pada tahun 1967 berdiri sebuah organisasi bernama KONI. Organisasi ini tujuannya adalah untuk mengkoordinasi seluruh cabang olahraga di Indonesia. Sebelum kejadian pada tahun tersebut, organisasi PTMSI sudah jadi anggota yang resmi dari TTFA.

Apa itu TTFA? Itu adalah organisasi tenis meja Asia (Table Tennis Federation of Asia). Saat ini, TTFA sudah berganti nama organisasi baru menjadi ATTU atau panjangnya adalah Asian Table Tennis Union.

Hingga pada akhirnya kini, negara Indonesia yang berorganisasi PTMSI telah terdaftar sebagai anggota dari ITTF yaitu International Table tennis Federation. Indonesia atau PTMSI sendiri sudah jadi anggota ITTF sejak 1961.

Yang terbaru atau paling dekat, PTMSI yang mewakili Indonesia masuk ke dalam anggota South East Asia Table Tennis SEATTA. Sudah masuk resmi jadi anggota SEATTA mulai tahun 1996.

Peraturan Permainan Tenis Meja

Peraturan Permainan Tenis Meja
qiscp.edu.in

Bagi kalian yang dikategori masuk orang awam untuk tenis meja mungkin sangatlah asing pada aturan tenis meja. Banyak sekali hal yang aneh seperti mungkin aturan service, poin, dan juga ukuran peralatan tenis mejanya sendiri.

Berikut adalah beberapa poin utama dari cara permainan tenis meja yang umumnya sangat perlu kalian ketahui.

  • Praktek pada permainan tunggal, orang yang mengambil bola service haruslah melaksanakan bola service dahulu. Setelah itu, lawannya mengembalikan bola hingga bergantian terus hingga ada satu pihak yang gagal mengembalikan bola ke arah yang sebaliknya.
  • Pada kelas permainan ping pong ganda, pemain tenis meja yang service haruslah melakukan bola service lebih dulu. Kemudian lawan melakukan pengembalian bola. Setelah itu, pasangan dari tim yang service bola pertama melakukan pengembalian bola. Begitu seterusnya, sehingga pengembalian bola bersilang dan hanya dilakukan terus pada orang yang sama hingga terjadi perpindahan bola.
  • Ada hal khusus bagi kelas permainan tenis meja bagi pemain cacat. Bedanya adalah, jika pemain itu yang pertamanya melakukan service, lalu si penerima mengembalikan bola pingpong. Setelah itu, dari pihak yang melakukan service awal bebas pemain yang mana saja boleh dan berhak untuk mengembalikan bola. tapi, jika asa sedikit saja bagian kursi roda yang lewat dari garis tengah yang sejajar dengan net maka akan diberi poin untuk lawan mereka.

Ukuran Lapangan Tenis Meja

Ukuran Lapangan Tenis Meja
wikimedia.org

Sebagaimana olahraga pada umumnya, terdapat beberapa aturan utama. pada aturan tenis meja atau pingpong ini, ada peraturan dasar terkait standar utama lapangan, bet, atau pun berat dari bola ping pong yang dipakai.

  • Panjang meja tenis meja sendiri adalah 274 centi meter
  • Lebar meja ping pong nya 152,5 cm
  • Untuk jarak atau tinggi meja tepatnya adalah 76 cm. Jarak ini dihitung dari permukaan lapangan dan meja ping pong
  • Tinggi net untuk ping pong ini adalah 15,25 cm
  • Selanjutnya, jarak ujung net dengan tepi meja di samping kiri dan kanan adalah 15,25 cm. Artinya panjang net diberi lebih di setiap sisinya
  • Artinya net tenis meja ini panjangnya jika dikalkulasikan adalah lebar lapangann ditambah 2 kali panjang batas ujung net yaitu 15,25. Hitungannya adalah 152,5+(2×15,25)= 183 cm.

Berat Bola Tenis Meja

Berat Bola Tenis Meja
tribax.eu

Nah, bagaimana untuk berat dan ukuran bola ping pong sendiri? Tentu saja ada standar internasionalnya. Apalagi, olahraga tenis ini sudah masuk sebagai olahraga internasional. Berikut ini syarat utama untuk dijadikan bola ping pong.

  • Bahan bola ping pong adalah celluloid  atau yang di Indonesia umum disebut dengan selulosa. Selulosa sendiri adalah sebuah bahan plastik yang warnanya putih atau orange dan bersifat tidak mengkilap.
  • Berat bola pingpong haruslah 2,7 gram, gak beda jauh sama cincin nikah, eeea.
  • Diameter bola ping pong adalah 40 mm
  • Saat di uji coba, bola pingpong yang dijatuhkan dari ketinggian 30,5 cm harus bisa memantul sejauh 24-26 cm.

Ukuran Bet Tenis Meja

Ukuran Bet Tenis Meja
tabletennis-reviews.com

Kalau di bulu tangkis, yang jadi pemukulnya dinamakan raket. Untuk ping pong sendiri namanya bet. Bet tenis meja ini mempunyai beberapa standar yang harus dipenuhi seperti:

  • Daun bet tenis ini minimum bahannya yang dihitung dari tebalnya mengandung kayu sebanyak 85%
  • Bahan campuran yang digunakan untuk menjadi bahan perekat bet ping pong maksimal mempunyai tebal 0,35 mm dan tidak lebih dari 7,5 persen
  • Lapisan perekat boleh memakai campuran bahan kertas, serat kaca, atau pun serat karbon
  • Lapisan karet bagian luar terdiri dari sandwich rubber atau yang biasa disebut karet lapis ditumpuk dengan karet bagian luar dengan karakteristik karet tebal dan maksimal tebalnya mencapai 2 mm
  • Karet yang dijadikan penutup tidak bisa lebih dari daun karet kecuali pada bagian khusus yaitu yang dekat dengan bagian bet pingpong yang dipegang oleh tangan
  • Karet yang dijadikan lapisan luar harus alami dan tidak ditambah dengan zat kimia yang membuat sifat karet berubah jadi lebih keras atau lebih soft
  • Warna permukaan karet bet ping pong harus berwarna hitam dan merah pada masing-masing sisinya
  • Tidak ada ukuran baku untuk ukuran, berat, bentuk bet ping pong.

Rata-rata para atlet tenis meja menggunakan bet ping pong dengan ukuran panjang 17 cm dan lebar bet ping pong 15 cm. Ukuran bet ping pong tersebut banyak digunakan karena dianggap paling efektif.

Sistem Poin Tenis Meja

 Sistem Poin Tenis Meja
flickr.com

Perolehan atau penghitungan poin pada pertandingan tenis meja dilakukan apabila terjadi hal berikut ini:

  • Lawan menggetarkan meja tenis yang digunakan
  • Lawan menyentuh permukaan meja dengan seenaknya
  • Pada permainan ping pong ganda, pemain tidak mengembalikan bola sesuai urutan yang berlaku
  • Bola dipukul 2 kali atau lebih oleh pemain
  • Salah satu pemain menyentuh net (bagian badan mana saja)
  • Tidak bisa melaksanakan service sesuai dengan aturan yang berlaku
  • Pemain memukul bola ping pong menggunakan bet yang bagiannya tidak ada lapisan karetnya
  • Bola yang dikembalikan tidak menyentuh meja terlebih dahulu
  • Salah satu pemain menyentuh bola
  • Salah satu pemain gagal mengembalikan bola
  • Satu set permainan tunggal poinnya 11, untuk permainan ganda poinnya sampai 21

Itulah beberapa poin yang akan membuat terjadinya penambahan poin dalam pertandingan tenis meja. Jika hal tersebut terjadi, maka otomatis poin akan bertambah.

Cara Bermain Tenis Meja

Cara Bermain Tenis Meja
tabletennisengland.co.uk

Secara mendasar, cara bermain tenis meja ini bertumpu pada service, pengembalian bola, dan smash. Satu hal yang menjadi intinya adalah, cara inti yaitu bagaimana cara memegang bet tenis meja, smash, atau pun service sebagai awalan bermain ping pong.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kalian hendak mendalami cara bermain tenis meja yang benar dan baik. Apalagi, kamu buat kamu yang memang bercita-cita ingin menjadi seorang atlet tenis meja profesional.

Cara Memegang Bet Tenis Meja

Teknik Servis Tenis Meja
experttabletennis.com

Ada 3 jenis cara memegang bet tenis meja. Cara itu biasanya secara awam disebut penholder grip, seemiller grip, dan shakehadns grip. Setiap cara memegang bet ping pong tersebut mempunyai perbedaannya masing-masing.

Cara memegang bet ping pong ini harus disesuikan sama gaya permainan dan kemampuan pemain. Contohnya adalah manufer, tangan yang digunakan, ataupun reflek seorang pemain tenis meja.

Penholder Grip

Teknik Servis Tenis Meja
wikihow.com

Cara memegang bet tenis meja dengan memakai teknik penholder grip adalah dengan urutan berikut ini:

  • Pegang bet ping pong dengan posisi buntut bet mengarah ke atas. Pegang bet pada bidang sambungan bet sama ujungnya menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Gampangnya, pakai kayak kamu lagi pegang pensil.
  • Opsi bisa dilakukan untuk kamu terkait 3 jari yang tersissa dengan cara merapatkan jari ke bagian bawah bet atau meluruskannya pada sisi bet yang lain.

Cara Memegang Bet Seemiler Grip

Teknik Servis Tenis Meja
wikihow.com

Cara memegang bet ini juga umumnya dinamakan American grip. Ini karena hal itu adalah pengembangan yang sebenarnya bersumber dari shakehand grip. Berikut adalah cara memegangnya:

  • Cara memegangnya sama dengan shakehand grip, seperti yang sudah dibahas ini adalah pengembangan dari cara memegang bet yang akan dibahas setelah ini di bagian bawah.
  • Memutar atas bet sejauh 90 derajat pada badan, hal ini menyebabkan pukulan backhand akan semakin kuat dan sebaliknya pukulan forehandnya akan jauh semakin lemah, alasannya adalah posisi tangan.
  • Cara intinya adalah dengan melekukkan bagian jari telunjuk pada sepanjang sisi bet.

Shakehands Grip

Teknik Smash Tenis Meja
buzzfeed.com

Cara memegang bet ping pong dengan menggunakan shakehand grip adalah salah satu yang paling terkenal di dunia. Bukan salah satu, sih. Tapi memang satu-satunya yang paling banyak dilakukan atau dipakai oleh atlet tenis meja profesional sendiri.

Cara ini juga mudah digunakan atau ditiru oleh para pemula dalam berlatih tenis meja agar menjadi pemain pro. Berikut ini cara prakteknya:

  • Pertama, posisikan bet tenis meja ini sejajar sama lantai. Pegang betnya seperti kamu sedang menjabat tangan orang lain.
  • Selanjutnya luruskanlah jari telunjuk ke sebelah bawah permukaan bet. Ibu jari kamu letakkan pada bagian bet lain selain yang ada jari telukjumu.
  • Posisi ibu jari ketika memegang bet ping pong ini haruslah dilemaskan. Tujuannya itu supaya kuku pada bagian ibu jarimu tegak lurus sama permukaan bet yang kamu gunakan.
  • Bagian ibu jari jangan sampai menyentuh bagian permukaan dari bet ping pong.
  • Ibu jari diperbolehkan untuk cenderung merapat pada bagian bet, inilah kemudahan bagi yang menggunakan cara ini.
  • Bet ping pong harus disandarkan pada lekukan yang berada di antara telunjuk dan ibu jari. Jari telunjuk posisinya harus dekat sama bet ping pong dan juga posisinya dilintangkan ke bagian atas bet.

Induk Organisasi Tenis Meja

IInduk Organisasi Tenis Meja
ittf.com

Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu kalau induk dari organisasi tenis meja dunia adalah ITTF. ITTF sendiri adalah singkatan dari International Table Tennis Federation. Lalu bagaimana awal mula berdirinya organisasi kepengurusan olahraga tenis meja ini?

Semuanya bermula sejak awal tenis meja mulai berkembang. Hal tersebut terjadi pada awal abad ke-19, tepatnya pada tahun 1901. Saat itu, diadakan sebuah turnamen tenis meja terbesar pada masanya.

Setahun berselang, atau pada tahun 1902 dibuatlah buku pertama yang isinya tentang tenis meja. Pada tahun itu juga diadakan kejuaraan dunia olahraga tenis meja. Meskipun kejuaraan tersebut tidak resmi tapi mampu menarik animo masyarakat yang sangat tinggi terutama di sekitar Inggris dan Benua Eropa.

Titik awal sejarah ping pong mulai berkembang pada tahun 1921. Didirikannya TTA atau Table Tennis Association menjadi salah satu faktor yang menggenjot olahraga yang satu ini. TTA sendiri berdiri di negara yang menjadi induk tenis meja saat itu, Inggris.

Berselang 5 tahun kemudian, tepatnya tahun 1926 berdirilah ITTF. Pendirian ITTF ini juga menjadi faktor yang didasari karena diadakannya olimpiade di Inggris pada tahun yang sama. Hal ini secara tidak langsung mendesak Inggris untuk mengambil peluang supaya tenis meja lebih dikenal masyarakat dunia.

Organisasi Tenis Meja Indonesia

Organisasi Tenis Meja Indonesia
youtube.com

 

Kejuaraan Tenis Meja

1. Tenis Meja Dunia

Kejuaraan Tenis Meja Dunia
funnystack.com

2. Tenis Meja Indonesia

Tenis Meja Indonesia
pikiran-rakyat.com

 

 

3. Tenis Meja

 Tenis Meja
gilasport.com

Harga Peralatan Tenis Meja

Harga Bet Tenis Meja

Harga Bet Tenis Meja
hardbat.com

 

Harga Lapangan Tenis Meja

Harga Lapangan Tenis Meja
play.google.com

 

 

Harga Bola Pingpong

Harga Bola Pingpong
pinterest.com

 

 

Kaos Tenis Meja

Kaos Tenis Meja
youtube.com

 

 

Peraturan Khusus Tenis Meja

Juara Tenis Meja
fthmb.tqn.com

 

Tenis Meja 3D

Tenis Meja 3D
play.google.com

Tinggalkan komentar