});

Tips Belanja di Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang adalah pusat perdagangan tekstil terbesar di Asia Tenggara. Pasar tekstil yang terletak di Jakarta Pusat ini selalu menjadi tujuan para shopaholic dari berbagai daerah. Mulai dari pembeli untuk penggunaan pribadi, atau para pedagang daerah yang berbelanja di sana.

Postingan kali ini akan mengkhususkan tentang pasar Tanah Abang Blok A dan B. Alasannya adalah karena murah, nyaman, bersih, dingin lagi. Selain itu, pasar tanah abang juga menyediakan berbagai jenis tekstil mulai dari baju pria, wanita, dan fashion dari berbagai merk seperti jaket diadora.

Pengalaman Khusus di Blok A dan B

kerudung tanah abang
alamy.com

Tips kali ini saya share berdasarkan pengalaman menjadi karyawan toko di blok A Pasar Tanah Abang. Tapi insya Alloh akan bermanfaat jika dipakai berbelanja pakaian dimanapun. Karena pada dasarnya konsep jual beli sama. Dari mulai cara penawaran barang hingga pembayaran. Termasuk juga penipuan, hehe. Baiklah, langsung saja meluncur ke menu utama.

Praktik Kecurangan di Pusat Tekstil Terbesar

jas elegan
alamy.com

Dibalik daya tarik dari Pasar Tanah Abang, ada beberapa praktik kecurangan yang kerap kali dilakukan pedagang kepada para pembeli. Biasanya praktik ini dilakukan kepada pembeli yang bukan langganan atau pembeli dari luar daerah. Praktik ini biasanya dilakukan oleh karyawan toko yang ingin mendapat uang haram dengan cara yang mereka anggap halal. Mereka biasanya memasang harga tinggi dan memberikan nota palsu pembeli. Selanjutnya mereka memanipulasi laporan keuangan pada majikan mereka. Sebagai contoh, ada baju dengan harga jual toko yang ditetapkan adalah Rp 50.000/potong. Ketika mendapat pembeli yang tidak tahu harga toko, karyawan toko akan menjual dengan harga diatas standar, contohnya Rp 75.000 dengan nota palsu. Pada laporan keuangan barang yang terjual biasanya karyawan ini menuliskan barang terjual dengan harga Rp 50.000. Sisanya masuk dompet dan digunakan untuk keperluan pribadi. Apa saja praktik kecurangan yang bisa terjadi? dan bagaimana cara mengantisipasi agar kita tidak menjadi korbannya? berikut saya akan share tipsnya berdasarkan pengalaman saya yang pernah menjalani kehidupan sebagai karyawan di salah satu toko baju di Tanah Abang.

Permainan Harga

transaksi pasar
google.com

Hal ini adalah hal yang lumrah dalam proses jual beli. Bahkan bisa dibilang sah-sah saja. Selama penjual adalah pemilik toko. Tapi bagaimana jika penjual hanya sebatas karyawan ? Nyatanya hal ini bisa membuka peluang kecurangan lain. Yaitu manipulasi harga jual antara pembeli dengan karyawan toko dengan harga yang dilaporkan ke majikan karyawan toko berbeda.

penjahit di blok g
beritadaerah.co.id

Biasanya pedagang di Pasar Tanah Abang akan menawarkan harga tinggi bagi pembeli yang awam. Seperti anak muda, orang yang belanja sendirian, dan orang yang banyak tanya dengan dalih barang yang dijual bagus. Cara menghindari agar kita tidak menjadi korban praktik ini adalah menanyakan harga barang yang sama ke beberapa toko yang berbeda. Tujuannya agar kita tahu mana toko yang memberikan harga asli atau pedagang yang mencoba mendapat untung berlebih dengan menaikkan harga. Semua toko yang ada di Pasar Tanah Abang biasanya punya cabang di lantai yang sama.

hiasan
timetravelturtle.com

Praktik ini biasanya dilakukan oleh karyawan toko yang ingin mendapat uang haram dengan cara yang mereka anggap halal. Mereka biasanya memasang harga tinggi dan memberikan nota palsu pembeli. Selanjutnya mereka memanipulasi laporan keuangan pada majikan mereka. Sebagai contoh, ada baju dengan harga jual toko yang ditetapkan adalah Rp 50.00/pcs. Ketika mendapat pembeli yang tidak tahu harga toko, karyawan toko akan menjual dengan harga di atas standar, contohnya Rp 75.000. Pada laporan keuangan barang yang terjual biasanya karyawan ini menuliskan barang terjual dengan harga Rp 50.000, sisanya masuk dompet dan digunakan untuk keperluan pribadi. Ada beberapa cara agar kita tidak menjadi korban dari praktik ini.

Ingin tahu keunikan suku sunda? baca artikel tentang peribahasa sunda

Manipulasi Ukuran

transaksi jual beli
pikiran-rakyat.com

Penipuan jenis ini terjadi jika ukuran yang kita inginkan tidak ada. Biasanya penjual akan pura-pura mengambil stok di cabang toko yang lain. Padahal sebenarnya penjual mengganti label ukuran agar sesuai dengan yang kita inginkan. Contoh kasusnya jika kita hendak membeli baju di satu toko. Ukuran yang diinginkan adalah L, sedangkan ukuran yang tersedia hanya S. Penjual akan berpura-pura pergi membawa baju yang dipesan dengan dalih stoknya ada di toko lain. Padahal penjual hanya mengganti label ukuran yang asli dengan yang palsu. Sehingga kita akan mendapatkan baju berukuran S dengan label ukuran L palsu. Ngenes, kan.

Perbedaan Motif Yang Dipesan dengan Yang Dibeli

kios di tanah abang
pakejlawatankebandung.blogspot.co.id

Kasus ini biasanya terjadi pada pembeli dengan jumlah besar. Mereka biasanya memesan barang lalu meninggalkan toko untuk belanja di toko lain. Alasan ketersediaan stok adalah alasan utama. Biasanya pedagang jenis ini mengganti motif tanpa persetujuan pembeli. Kalau sudah begini apes deh jadinya.

 

Barang Belanjaan Dicuri Porter

tanah abang saat ramai pengunjung
nasional.republika.co.id

Bagi para shopaholic yang belanja dalam jumlah besar, porter atau bahasa kasarnya buruh angkut adalah profesi yang sangat membantu untuk membawa barang belanjaan yang banyak. Sekedar informasi, untuk menjadi porter di pasar Tanah Abang juga perlu pendaftaran. Sama halnya seperti melamar kerja. Tujuannya agar ada data dan meminimalisir pencurian. Namun terkadang ada porter gadungan yang tidak bertanggung jawab. Hal ini biasanya terjadi jika ada porter gadungan yang memakai kaos porter palsu. Biasanya para pembeli memberikan nota pembayaran kepada porter agar barangnya diambil di toko-toko yang telah dikunjungi. Kemudian membuat perjanjian akan bertemu di suatu tempat untuk packing seluruh barang. Tempat yang biasa dijadikan lokasi pertemuan porter dan pembeli biasanya di lobby lantai LG atau di kantor ekspedisi. Biasanya tindakan penipuan semacam ini marak terjadi menjelang hari lebaran. Jadi, buat kalian yang mau belanja banyak dan membutuhkan jasa porter harus lebih hati-hati ya guys. Gak lucu dong kalau belanja banyak tapi barangnya hilang dicuri. Apalagi kalau mau lebaran. Bisa galau berat,kan?

Untuk mencegah agar kita tidak menjadi korban penipuan tadi, berikut saya share tipsnya.

Tanya Harga di Beberapa Toko

pembeli memilih pakaian di pasar tanah abang
cahayaislam.id

Jangan berpikir tips ini akan melelahkan. Jika kalian berpikir akan memakan banyak waktu menanyakan jenis pakaian yang kalian cari dengan harga yang variatif. Pasar Tanah Abang sudah di desain untuk memudahkan pembeli. Di satu lantai terdapat banyak jenis pakaian yang dijual.

Jangan Terburu-Buru Membeli

pakaian dipajang untuk menarik pembeli
grosir-tanahabangjkt.blogspot.co.id

Ya, jangan buru-buru. Sabar dikit,lah. Pasar Tanah Abang itu punya 20.000 kios. Itupun baru di blok A, blok B, PGMTA 1, dan PGMTA 2. Belum lagi blok C,D,E,F,G dan Auri. Insya Alloh di postingan selanjutnya saya bahas tentang blok yang lain. Oke, lanjut. Kalau kalian melihat jenis baju dengan motif yang bagus, percayalah barang yang sama akan dijual di beberapa toko yang berbeda. Logikanya adalah, semua pakaian yang dijual di Pasar Tanah Abang berasal dari supplier bahan yang sama. Rata-rata mengambil bahan kain dari Surabaya atau Bandung. Hanya sedikit yang impor, asli. Percaya deh. Be a smart buyer dengan banyak tanya harga adalah cara agar kita mendapatkan harga ternaik dan terhindar dari praktik penipuan harga. Sekalian kita bisa mencegah kemadhorotan yang bisa dilakukan karyawan toko yang tidak bertanggung jawab. Jadi perbanyaklah menanyakan harga disetiap toko yang dilewati. Sekalian kenalan sama penjaga tokonya juga, Hehe.

Anda muslim? baca juga artikel tentang kaligrafi arab

Pilihlah Pedagang Yang Ramah

presiden Jokowi dan Mark Zuckerberg ketika mengunj8ngi Pasar Tanah Abang
beritadaerah.co.id

Hal ini bisa dicoba sambil menjalankan trik yang pertama. Biasanya pedagang atau karyawan toko yang tidak ramah akan langsung ngomel kalau ada pembeli yang cuma nanya harga. begitu kita tanya harga dan pergi, coba lihat ekspresi pedagang. Biasanya ada gestur yang kurang berkenan jika pedaganya tidak ramah. jadi, pilih pilih juga pedagang selain barang dagangannya ya. Karena biasanya pedagang jenis ini jujur dan ramah. Sehingga enak diajak transaksi dan terbuka ketika kita tawar menawar harga.

Cek Ukuran dan Jangan Tinggalkan toko Sebelum Barang Dikemas

contoh ukuran palsu
id.aliexpress.com

Ini adalah cara kita mengantisipasi agar pakaian yang kita beli ukurannya sesuai. Perhatikan pula tulisan ukuran (S,M,L,XL) apakah asli atau hanya tempelan. Praktik penipuan ukuran mudah terjadi jika pembeli meninggalkan toko dan berbelanja ke toko lain sebelum barangnya siap.  Cara ini juga untuk mencegah memastikan pakaian yang kita pesan sesuai. Memang ada istilah time is money. But waiting for certainty juga bermanfaat bukan. Sambil menunggu barang dikemas, isi waktu dengan membaca mushaf. Insya Alloh berkah.

Periksa Nota Pembelian

Karyawan toko yang kurang jujur biasanya menjiplak nota penjualan asli dari majikannya. Namun ada cara untuk mengetahuinya. Nota asli biasanya mempunyai tiga bagian yaitu top,middle, dan bottom. Hampir sama dengan kertas untuk menabung di bank. Kertas top berwarna putih untuk pembeli, middle berwarna kuning untuk data di toko penjualan, dan bottom berwarna merah untuk laporan keuangan pada majikan.

Tetapi untuk warna tidak mengikat. Selain itu biasanya ada nomer seri disetiap nota. Untuk nota palsu biasanya hanya ada satu lembar warna putih saja. Jadi kalian harus sedikit curiga jika penjual menulis harga di nota yang cuma satu lapis dan tidak ada nomer serinya Bisa jadi kalian korban manipulasi harga.

Minta Penjaga Toko Memilih Porter

seorang porter mengangkut barang di Pasar Tanah Abang
gettyimages.in

Hal ini adalah yang paling fatal kalau tidak kita lakukan. Bayangkan saja kalu kita sudah belanja banyak tapi barang yang kita pesan justru dibawa kabur porter gadungan. Jadi untuk mencegahnya lebih baik jika kita meminta penjaga toko yang memilih porter untuk membawa belanjaan. Karena biasanya pedagang sudah tahu mana porter yang asli dan replika. Karena setiap toko biasanya punya porter langganan masing-masing.

Alhamdulillah, lebih dari seribu kata, hehe. Lain kali saya posting hal-hal menarik lain seputar Pasar Tanah Abang ya guys. Kalau ada yang mau request judul silahkan.

Tinggalkan komentar