});

Urbanisasi Adalah? Berikut ini Penjelasannya Menurut Beberapa Ahli

Urbanisasi adalah sebuah proses mobilisasi atau perpindahan warga penduduk dari dari desa ke kota. Hal ini di latar belakangi oleh kebutuhan masyarakat desa dalam memenuhi sandang, pangan, dan papan sehari-hari. Berikut ini pengertian dari urbanisasi, imigrasi, transmigrasi, emigrasi, sirkulasi, dan ruralisasi yang dikutip dari para ahli.

1. Urbanisasi Adalah? Menurut Ensiklopedi Nasional

pengertian urbanisasi
thefix.com

Mengutip dari ensiklopedi nasional Indonesia, urabanisasi adalah sebuah proses kenaikan kebutuhan masyarakat desa yang mendorong mereka berpindah ke perkotaan sehingga menyebabkan penduduk kota bertambah. Terdapat dua pengertian yang dirumuskan dari ensiklopedi nasional.

Pertama, perubahan unsur fisik sebuah daerah dari segi sosial, ekonomi, dan budaya (bukan manusia). Perubahan tersebut terjadi dengan cara menambah kegiatan yang ada di pedesaan menjadi lahan industri seperti di kota. Hal ini dilakukan untuk menciptakan pertumbuhan daerah yang merata,

Pengertian kedua dari isi ensiklopedi nasional tersebut, urbanisasi adalah proses perpindahan manusia (bukan budaya) untuk memenuhi kebutuhan ekonomi yang sulit di dapatkan ketika berada di desa. Hal ini dilakukan warga desa untuk memperbaiki kualitas hidup mereka.

2. Pengertian Urbanisasi Menurut Para Ahli

urbanisasi adalah
pixabay.com

Pengertian urbanisasi menurut Daljoeni: “urbanisasi adalah pemukiman kota yang keadaaannya terus berkembang dan bertambah dari segi luas dan jumlahnya. Hal ini membuat kuantitas penduduk kota bertambah di kota kecil maupun kota besar. Pertambahan jumlah penduduk tersebutlah yang disebut urbanisasi.”

Jika mempelajari pengertian urbanisasi dari Daljoeni di atas, maka yang beliau sebut sebagai urbanisasi hanyalah pertumbuhan penduduk di kota. Entah itu terjadi karena masyarakat desa yang berpindah ke kota, atau pun pertumbuhan masyarakat kota karena proses reproduksi.

Baca juga: peta jawa barat kualitas hd

3. Pengertian Urbanisasi Menurut Ir. Triatno Yudo Haryoko

pengertian urbanisasi
pixabay.com

Urbanisasi adalah suatu proses perubahan masyarakat dan kondisi sebuah wilayah yang sebelumnya non-urban menjadi wilayah urban. Hal ini dapat mengandung arti bahwa urbanisasi merupakan bentuk perubahan dari segi sosial dan ekonomi sebuah daerah yang mengalami peningkatan.

Peningkatan tersebut dilandasi dengan banyaknya pembangunan alat dan sarana pertumbuhan sosial. Beberapa contohnya adalah pembangunan pabrik, regenerasi bangunan, dan upaya memperbaiki fasilitas di suatu daerah agar dapat berfungsi dan mempunyai nilai ekonomi yang baik.

4. Pengertian Urbanisasi Menurut Kantsebovskaya

pengertian urbanisasi
pixabay.com

Menurut Kantsebovskaya, urbanisasi adalah sebuah gejala yang bersifat multi sektoral, baik dilihat dari segi sebab maupun akibat yang ditimbulkannya.

Pengertian urbanisasi menurut ahli berikutnya juga menjelaskan bahwa urbanisasi bukan hanya berbentuk perpindahan penduduk dari desa ke kota. Akan tetapi dapat juga merupakan sebuah perubahan kondisi di sebuah wilayah. Awalnya merupakan wilayah tertinggal menjadi wilayah industri.

5. Pengertian Urbanisasi Menurut J.H de Goede

urbanisasi adalah
pixabay.com

Urbanisasi adalah proses pertambahan penduduk di sebuah wilayah perkotaan atau merupakan perubahan suatu wilayah yang berkarakter pedesaan menjadi urban (kota).

Ahli bahasa J.H Goede juga mendefinisikan bahwa urbanisasi adalah sebuah gejala perubahan karakteristik sebuah daerah. Pada awalnya merupakan daerah yang bersifat pedesaan atau tradisional menjadi daerah urban atau perkotaan yang memiliki fokus di bidang industri.

6. Pengertian Urbanisasi Menurut Shryyock dan Siegel

Menurut pakar perubahan sosial Shryyock dan Siegel, urbanisasi adalah sebuah pertambahan penduduk di daerah perkotaan. Baik itu disebabkan oleh bertambahnya angka kelahiran maupun terjadi pertumbuhan karena perpindahan penduduk.

Pakar perubahan sosial juga mengemukakan penjelasan yang sama. Yaitu bahwa urbanisasi merupakan proses perubahan yang berupa bertambahnya jumlah penduduk di daerah perkotaan.

7. Pengertian Urbanisasi Menurut Dr. PJM Nas

Dr. PJM Nas memberikan 2 pengertian terkait dengan urbanisasi. Pertama, urbanisasi adalah hal yang menyangkut dengan adanya perluasan pengaruh kota terhadap pedesaan yang dilihat dari sisi morfologi, sosial, ekonomi, serta psikologi.

Pengertian ke-2 yaitu, urbanisasi adalah proses pembentukan kota, yaitu sebuah proses yang digerakkan oleh perubahan struktural dalam sebuah masyarakat yang menyebabkan daerah yang awalanya bersifat agraris (pertanian) menjadi masyarakat yang mempunyai sifat kehidupan kota.

Jika mengambil kesimpulan dari 2 penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa urbanisasi adalah gejala yang menyebabkan perluasan pengaruh kota terhadap desa yang dilihat dari segi sosial, psikologi, ekonomi, dan morfologi.

Kesimpulan lainnya adalah, bahwa urbanisasi merupakan proses perubahan dari desa menjadi seperti atau menyerupai dengan kebudayaan dan kebiasaan di kota. Hal ini disebabkan oleh aspek fisik dan psikologi masyarakat di daerah tersebut.

8. Faktor Penarik dan Pendorong Urbanisasi

Urbanisasi memiliki 2 faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut adalah faktor penarik dan pendorong urbanisai. Apakah faktor penarik dan pendorong urbanisasi? Berikut ini rinciannya:

Faktor Penarik Urbanisasi:

  • sarana dan prasarana kota yang lebih lengkap dibanding desa
  • tersedianya lapangan kerja di perkotaan
  • kehidupan kota lebih moderen
  • pendidikan jenjang sekolah hingga perguruan tinggi jauh lebih berkualitas

Faktor Pendorong Urbanisasi:

  • memiliki keinginan untuk memperbaiki perekonomian keluarga
  • diasingkan dari desa asalnya
  • menjadi pengangguran karena tidak ada lapangan pekerjaan di desa
  • sarana dan prasarana desa yang terbatas
  • semakin berkurangnya lahan pertanian
  • ada perasaan kurang cocok dengan kebudayaan di daerah asal

9. Keuntungan dan Akibat Urbanisasi

Urbanisasi memiliki beberapa dampak bagi kehidupan, ekonomi, dan sosial di masyarakat. Berikut ini beberapa keuntungan dan akibat urbanisasi yang telah terbukti.

Keuntungan Urbanisasi:

  • terjadinya keseimbangan antara warga desa dan kota
  • membentuk kerjasama yang terjalin baik antara warga di suatu daerah
  • menumbuhkan modernisasi terhadap masyarakat desa
  • menambah pengetahuan masyarakat desa

Akibat Urbanisasi:

  • lingkungan hidup menjadi tidak sehat, rawan terjadi tindakan kriminal
  • perumahan yang sempit serta tidak layak huni
  • semakin meningkatnya para penyandang tuna karya, yaitu orang-orang yang pekerjaannya tidak tetap
  • terbentuknya pemukiman kumuh di pinggiran kota

***

Itulah beberapa penjelasan tentang pengertian urbanisasi menurut para ahli. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share dan jangan lupa baca artikel lainnya, ya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.